Wednesday, 12 November 2014

RPP Struktur Jaringan Batang



 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R P P  )

Sekolah                  :    SMP 
Mata Pelajaran        :    IPA
Kelas/Semester       :    VIII/1
Topik                     :    Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan serta Pemanfaatannya  dalam Teknologi
Sub Topik               :    Struktur Jaringan Batang
Alokasi Waktu         :    1 kali pertemuan (3 x 40 menit)
 ==============================================================                                                                                                                        
  1. Kompetensi Inti.
1.  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, gotong royong, santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan  keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

  1. Kompetensi Dasar dan Indikator.
3.2. Menjelaskan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan  fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh struktur tersebut

Indikator :
3.2.2.   Mendeskripsikan struktur jaringan yang menyusun batang.
3.2.3.   Menjelaskan hubungan anatara struktur dan fungsi jaringan di batang

4.2.Melakukan pengamatan terhadap struktur jaringan tumbuh an, serta menghasilkan ide teknologi sederhana yang terilhami oleh struktur tersebut (misalnya desain bangunan)
Indikator :
4.2.1.   Mengumpulkan data berdasarkan hasil pengamatan struktur jaringan tumbuhan (batang) dan membuat laporannya.

C   Tujuan Pembelajaran
     Setelah mempelajari materi ada Bab III, peserta didik diharapkan dapat melakukan hal-hal berikut:
1.    Mendeskripsikan struktur jaringan yang menyusun batang.
2.    Menjelaskan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan batang
3.    Mengumpulkan data hasil percobaan dan melaporkannya.
4.    Membentuk sikap hati-hati, teliti dan cermat
5.    Memiliki sikap selalu bersyukur kepada Tuhan atas ciptaannya

D.  Materi Pembelajaran

     Struktur jaringan yang menyusun batang dari luar ke dalam:
a.    epidermis
b.    kortek
c.    dan silinder pusat
Jika jaringan epidermis rusak maka akan digantikan oleh jaringan felogen, Di bawah jaringan epidermis terdapat jaringan kortek yang fungsinya hampir sama dengan kortek pada akar.
Jaringan di bawah kortek adalah jaringan pengangkutan yaitu floem (pembuluh tapis) yang berfungsi mengangkut hasil fotosintesa dan xylem (pembuluh kayu) berfungsi mengangkut air dan zat hara dari akar ke daun, sekaligus sebagai jaringan penguat.
Pada tumbuhan dikotil anatara floem dan xylem di batasi adanya cambium, yang memiliki sifat selalu membelah sehingga batang bertambah membesar.
Batang berfungsi untuk menopang tegaknya tubuh tumbuhan dan berfungsi untuk transportasi air dan hara.

E.  Pendekatan/Metode /model Pembelajaran:
     1. Pendekatan                   : Saintifik
     2. Metode                         : Diskusi dan Eksperimen
     3. Model                           : Discovery Learning


  1. Media, Alat, Bahan dan sumber Pembelajaran.
1.    Media       : Charta, computer, LCD
2.    Alat dan Bahan    :
a.    Mikroskop
b.    Silet
c.    Batang tanaman kacang
d.    Batang tanaman jagung
e.    Metilin blue
f.     Kaca benda/kaca penutup
g.    Air
h.    Kertas tisu
i.      Pewarna makanan merah
j.     Botl gelas minuman
k.    Tanaman pacar air
3.  Sumber Pembelajaran.
a.    Buku IPA SMP Kelas VIII
b.    LKS Pengamatan struktur jaringan daun “ayo Kita Coba” hal 79
c.    LKS penyelidikan transportasi pada tumbuhan “ Ayo Kita coba” Hal 80.
d.    LKS pengamatan umbi-umbian “ayo kita lakukan” hal 81.

  1. Kegiatan Pembelajran (3JP).

Kegiatan
Langkah-langkah Discovery learning
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
Menciptakan Stimulasi (Motivasi)
Mengucapkan salam
Mengajak berdoa
Menyiapkan peserta didik untuk belajar
Melakukan pemusatan perhatian
- Menampilkan gb tumbuhan secara utuh
- memperlihatkan gambar penampang
  Batang
- Memancing pertanyaan dari siswa
Menjelaskan tentang batang tumbuhan
Menyampaikan tujuan pembelajran





15 menit
Kegiatan inti
Pembahasan Tugas dan identifikasi masalah





Observasi



Mengumpulkan data




Pengolahan data dan analisis



Verifikasi Data




Generalisasi
Menyampaikan informasi tentang tugas yang akan dikerjakan yaitu eksperimen dan pengamatan.

Membagi kelompok
Mengkaji LKS yang akan dikerjakan dalam percobaan

Melakukan percobaan pengamatan batang kacang dan jagung serta pengangkutan air oleh tanaman.

Melakukan pengamatan dan mencatat data hasil percobaan tentang struktur jaringan batang tanaman kacang dan jagung

Mengolah data hasil pengamatan dalam percobaan dan menjawab pertanyaan LKS
Pengamatan struktur jaringan batang kacang dan jagung

Presentasi hasil percobaan struktur jaringan batang pada tanaman kacang dan jagung


Membuat kesimpulan tentang struktur jaringan batang kacang dan jagung

Mempresentasikan hasil  kerja kelompok percobaan struktur batang jagung dan kacang











80 menit
Penutup

Mereview hasil kegiatan pembelajaran struktur jaringan batang tanaman jagung dan kacang

Memberikan penghargaan kepada kelompok yang bekerja dengan baik
Melakukan quis tentang struktur jaringan  batang
Pemberian tugas mempelajari materi struktur daun
Penutup


25 menit


  1. Penilaian
                                                                              
1.     INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP
       Indikator :           1.  Siswa mampu melakukan percobaaan dengan teliti dan jujur.
                                    2.  Siswa mampu menggunakan alat dengan hati-hati.
                                                3.  Siswa mampu bekerja dengan cermat dalam kelompok
                                                4.  Siswa mampu bekerja sama dalam kelompok.
                                                5.  Siswa mampu berdiskusi dengan teman .

Lembar  Observasi :
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Nama Peserta Didik                   : ………………….
Kelas                                          : ………………….
Tanggal Pengamatan                  : …………………..
Materi Pokok                             : …………………..


No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampai kan pendapat/presentasi




4
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan




5
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan




Jumlah Skor




Petunjuk Penskoran :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan



Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :




Lembar Pengamatan Sikap

Kelas                           : ……………………….
Hari, tanggal               : ……………………….
Materi Pokok/Tema     : ……………………….

No
Nama Peserta Didik
Sikap
Keterangan
Teliti
Hati-hati
Kerja sama
Cermat
Jujur

1
































Keterangan Penskoran :
4 = apabila selalu konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
3 = apabila sering konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan
      kadang-kadang tidak sesuai aspek sikap
2 = apabila kadang-kadang konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan sering tidak sesuai aspek sikap
1 = apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap

Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :








Penilaian Diri:

LEMBAR PENILAIAN DIRI
SIKAP JUJUR

Nama Peserta Didik    :           ………………….
Kelas                           :           ………………….
Materi Pokok              :           ………………….
Tanggal                       :           ………………….


PETUNJUK
1.       Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
2.       Berilah tanda cek (√) sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari

No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1
Saya menyontek pada saat mengerjakan Ulangan




2
Saya menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas




3
Saya melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan barang




4
Saya berani mengakui kesalahan yang saya dilakukan




5
Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain





Keterangan :
·         TP  = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan  = Nilai 1
·         KD = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering
          tidak melakukan = Nilai 2
·         SR  = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-
          kadang tidak melakukan = Nilai 3
·         SL  = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan = Nilai 4

Petunjuk Penskoran :
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
















DAFTAR CEK PENILAIAN ANTAR PESERTA DIDIK

Nama penilai                                       : Tidak diisi
Nama peserta didik yang dinilai         : ...............
Kelas                                                   : ...............
Mata pelajaran                                     : ...............

Berilah tanda cek pada kolom pilihan berikut dengan
4     = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3     = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
          kadang-kadang tidak melakukan
2     = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
            sering tidak melakukan
1     = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

No
Aspek Pengamatan
Skor
4
3
2
1
1
Tidak nyontek dalam mengerjakan percobaan




2
Tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas




3
Mengemukakan perasaan terhadap sesuatu apa adanya




4
Melaporkan data atau informasi apa adanya





JUMLAH





Petunjuk penskoran :
Lihat petunjuk penskoran pedoman observasi sikap disiplin
     Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :



2.       Instrumen Penilaian Pengetahuan
       Indikator :  1. Mendeskripsikan struktur jaringan yang menyusun batang.
                                       2. Mejelaskan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan batang

       Tes Tertulis :
                   1.      Wortel, lobak, dan bit gula merupakan modifikasi dari akar ....
                 a.  tunggang
                 b.  serabut
                 c.  tunjang
                 d.  lateral

                   2.      Mana di antara bagian tumbuhan berikut yang merupakan modifikasi dari  batang?
                 a.  Umbi singkong
                 b.  Umbi kentang
                 c.  Umbi wortel
                 d.  Umbi lobak

                   3.         Umbi lapis pada bawang merupakan modifikasi dari ....
                 a.  akar
                 b.  batang
                 c.  daun
                 d.  bunga      
              
                   4.         Keluar masuknya udara pernafasan tumbuhan berlangsung melalui ....
                 a.  stomata dan epidermis
                 b.  stomata dan lentisel
                 c.  lentisel dan korteks
                 d.  korteks dan epidermis






                   5.         Scan10001Perhatikan gambar potongan melintang batang di bawah ini !








       Bagian yang berfungsi untuk mengangkut air dan garam mineral ditunjukkan oleh nomor .......

      a.  2                                                           c.  4
      b. 3                                                            d.  5

Tes Uraian :
 Berdasarkan hasil pengamatan pada saat mengamati struktur anatomi batang pada kacang tanah dan jagung jawablah pertanyaan berikut ini:
a.   Jelaskan perbedaan jaringan kedua batang tersebu!
b.   Berdasarkan ciri-ciri tersebut tanaman kacang dan jagung termasuk kelompok tumbuhan  apa?


Kunci jawaban :
Pilgan :
1.  A
2.  B
3.  C
4.  B
5.  D
 Uraian
1.    Batang dikotil ( Kacang ) morfologinya berkayu, dan bercabang, berkambium,  jaringan xilem dan floem tersusun teratur.
       Batang jagung : mmorfologinya tidak berkayu, tidak bercabang, tidak berkambium, xilem dan floem tidak teratur.
2.    Kacang termasuk tumbuhan dikotil dan jagung termasuk monokotil.




 NORMA PENILAIAN :
Pilgan:

Uraian :
 Score maksimal 5



3.       Instrumen Penilaian Keterampilan
Indikator  :  Mengumpulkan data berdasarkan hasil pengamatan struktur jaringan tumbuhan batang dan membuat laporan

InstrumenTes Praktik :

No.
Indikator
Hasil Penilaian
3
(baik)
2
(cukup)
1
(kurang)
1
Menyiapkan alat dan bahan



2
Deskripsi pengamatan



3
Menafsirkan peristiwa yang akan terjadi



4
Melakukan praktik



5
Mempresentasikan hasil praktik



Jumlah Skor yang Diperoleh


Rubrik Penilaian.

No
Indikator
Rubrik
1
Menyiapkan alat dan bahan
3.          Menyiapakan seluruh alat dan bahan yang diperlukan.
2.          Menyiapakan sebagian alat dan bahan yang diperlukan.
1.          Tidak menyiapakan seluruh alat dan bahan yang diperlukan.
  1.  
Deskripsi pengamatan
3.          Memperoleh deskripsi hasil pengamatan secara lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
2.          Memperoleh deskripsi hasil pengamatan kurang lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
1.          Tidak memperoleh deskripsi hasil pengamatan kurang lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
  1.  
Menafsirkan peristiwa yang akan terjadi
3.          Mampu memberikan penafsiran benar secara substantif.
2.          Mampu memberikan penafsiran kurang benar secara substantif.
1.          Tidak mampu memberikan penafsiran benar secara substantif.
  1.  
Melakukan praktik
3.          Mampu melakukan praktik dengan menggunakan seluruh prosedur yang ada.
2.          Mampu melakukan praktik dengan menggunakan sebagian prosedur yang ada.
1.          Tidak mampu melakukan praktik dengan menggunakan prosedur yang ada.
  1.  
Mempresentasikan hasil praktik
3.          Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan secara percaya diri.
2.          Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan kurang percaya diri.
1.          Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa sulit dimengerti, dan disampaikan tidak percaya diri.





Kriteria Penilaian:

Nilai =
Jumlah Skor yang Diperoleh
X 100
Skor Maksimum

Instrumen Tugas Projek :

No
Tahapan
Skor 1 – 3
1
Persiapan


Mengidentifikasi apa yang diketetahui
a. bahwa tumbuhan memiliki struktur batang yang berbeda
b. setiap struktur mendukung fungsi dari setiap organ tumbuhan
Menentukan masalah
Menciptakan ide teknologi yang mungkin dikembangkan dalam rancang desain bangunan yang meniru struktur tumbuhan

2
Pelaksanaan


Bagaimana strateginya?
Pesdik berdiskusi menganalisis bangunan yang meniru struktur jaringan tumbuhan  untuk menemukan ide-ide baru
Peserta didik diminta mempresentasikan ide-ide yang muncul  pada saat diskusi.
Bagaimana penerapannya?
Merancang bangunan dengan meniru struktur  batang




3
Hasil



Hasil

Rancangan bangunan yang diciptakan berdasarkan struktur jaringan tumbuhan



   




LEMBAR KERJA SISWA
(03.a)

Pengamatan Struktur Morfologi dan Anatomi Batang Tumbuhan

Judul Kegiatan : Pengamatan Struktur Jaringan pada Tumbuhan.

 Alat dan Bahan :
    1.    Mikroskop
    2.    Silet
    3.    Nampan
    4.    Kecambah kacang tanah
    5.    Kecambah jagung
    6.    Pewarna biru
    7.    Kaca benda
    8.    Kaca penutup
    9.    Pipet tetes
 10.    Air
 11.    Kertas tisu

Langkah kerja :

      1.        Amati bentuk batang pada kacang dan jagung
      2.        Identifikasi batang yang diamati, apakah berkayu ?
      3.      Buatlah sayatan melintang pada batang dan tumbuhan kacang dan jagung dengan silet. Usahakan irisan setipis mungkin dan berhati-hati ketika menggunakan silet
      4.      Letakan sayatan batang kacang dan jagung pada kaca benda yang telah ditetesi air
      5.        Tutuplah dengan kaca penutup
      6.      Teteskan zat warna di salah satu sisi kaca penutup dan letakan kertas isap atau tisu disisi yang berlawanan untuk menyedot air.
      7.        Amati kedua preparat dengan mikroskop perbesaran kecil dulu.
      8.        Gambarkan bagian-bagian yang teramati dan berilah keterangan.
      9.        Catatlah data hasil pengamatanmu.

Data Hasil Pengamatan :

Organ tumbuhan yang diamati
Jenis batang  (berkayu/tidak)
Gambar


Batang kacang tanah







Batang jagung






Pertanyaan Diskusi :

1. Jaringan apa sajakah yang menyusun batang?
2. Sebutkan Perbedaan morfologi batang pada tumbuhan kacang tanah dan kacang?
3. Sebutkan perbedaan jaringan yang menyusun batng pada tumbuhan kacang tanah
   dan jagung ?

Kesimpulan :
Buatlah kesimpulan dari hasil analisis data percobaan .
LEMBAR KERJA SISWA
(03.b)

Penyelidikan Tranportasi pada Tumbuhan


Judul Kegiatan : Pengamatan transportasi pada tumbuhan.

 Alat dan Bahan :
  1.      Pewarna makanan merah
  2.      Air
  3.      3 Stoples bekas
  4.      3 batang tanaman pacar air.

Langkah Kerja :

      1.    Tuangkan air ke dalam 3 stoples masing-masing ½ botol kemudian campur dengan pewarna makanan pada botol 1 dan 2, botol ketiga biarkan jangan di beri pewarna sebagai control.
      2.   Potong batang tanaman pacar air, pemotongan di lakukan di dalam air di ember tekan bagian yang dipotong dengan ujung jarimu agar tidak kemasukan udara pada xilemnya
      3.   Masukan tanaman yang sudah dipotong tersebut ke dalam masing-masing botol.
      4.  Biarkan selama 2 jam.

Pertanyaan Diskusi :

1.  Apakah yang terjadi pada tumbuhan pacar air ?
2.  Jaringan apa yang berperan pada peristiwa tersebut?
3.  Mengapa peristiwa tersebut dapat terjadi ?

Kesimpulan :

Setelah menganalisis data buatlah kesimpulan dan laporkan hasil diskusimu.


 
























LEMBAR KERJA SISWA
(03.c)

Tugas Proyek :


Lakukan observasi di lingkungan sekitarmu, carilah batang-batang yang memiliki fungsi tambahan
Carilah berbagai informasi dari buku, internet, Koran,majalah melengkapi data mengenai batang tumbuhan yang telah termodifikasi

Data Hasil Pengamatan :

No
Tumbuhan
Fungsi Tambahan
Umbi Akar
Umbi Batang
Informasi yang diperoleh dari
1







2







3







4










5







6









Soal dan Jawaban Listrik Dinamis

  LISTRIK DINAMIS   1.        Tuliskan faktor-faktor yang mempengaruhi hambatan suatu penghantar! Jawab : Faktor yang mempengaruhi h...