RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Sekolah :
SMP
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas/Semester : VIII/1
Topik :
Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan serta
Pemanfaatannya dalam Teknologi
Sub Topik : Struktur
Jaringan Batang
Alokasi Waktu :
1 kali pertemuan (3 x 40 menit)
==============================================================
- Kompetensi Inti.
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli, gotong royong, santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
- Kompetensi Dasar dan Indikator.
3.2. Menjelaskan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya,
serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh struktur
tersebut
Indikator :
3.2.2.
Mendeskripsikan struktur jaringan
yang menyusun batang.
3.2.3.
Menjelaskan hubungan anatara struktur
dan fungsi jaringan di batang
4.2.Melakukan
pengamatan terhadap struktur jaringan tumbuh an, serta menghasilkan ide
teknologi sederhana yang terilhami oleh struktur tersebut (misalnya desain
bangunan)
Indikator :
4.2.1.
Mengumpulkan data berdasarkan hasil
pengamatan struktur jaringan tumbuhan (batang) dan membuat laporannya.
C Tujuan
Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ada Bab III,
peserta didik diharapkan dapat melakukan hal-hal berikut:
1.
Mendeskripsikan struktur jaringan
yang menyusun batang.
2.
Menjelaskan hubungan antara struktur
dan fungsi jaringan batang
3.
Mengumpulkan data hasil percobaan dan
melaporkannya.
4.
Membentuk sikap hati-hati, teliti dan
cermat
5.
Memiliki sikap selalu bersyukur
kepada Tuhan atas ciptaannya
D. Materi
Pembelajaran
Struktur jaringan yang menyusun batang dari
luar ke dalam:
a.
epidermis
b.
kortek
c.
dan silinder pusat
Jika jaringan
epidermis rusak maka akan digantikan oleh jaringan felogen, Di bawah jaringan
epidermis terdapat jaringan kortek yang fungsinya hampir sama dengan kortek
pada akar.
Jaringan di bawah
kortek adalah jaringan pengangkutan yaitu floem (pembuluh tapis) yang berfungsi
mengangkut hasil fotosintesa dan xylem (pembuluh kayu) berfungsi mengangkut air
dan zat hara dari akar ke daun, sekaligus sebagai jaringan penguat.
Pada tumbuhan
dikotil anatara floem dan xylem di batasi adanya cambium, yang memiliki sifat
selalu membelah sehingga batang bertambah membesar.
Batang berfungsi
untuk menopang tegaknya tubuh tumbuhan dan berfungsi untuk transportasi air dan
hara.
E.
Pendekatan/Metode /model Pembelajaran:
1. Pendekatan : Saintifik
2. Metode :
Diskusi dan Eksperimen
3. Model :
Discovery Learning
- Media, Alat, Bahan dan sumber Pembelajaran.
1.
Media
: Charta, computer, LCD
2.
Alat dan Bahan :
a.
Mikroskop
b.
Silet
c.
Batang tanaman kacang
d.
Batang tanaman jagung
e.
Metilin blue
f.
Kaca benda/kaca penutup
g.
Air
h.
Kertas tisu
i.
Pewarna makanan merah
j.
Botl gelas minuman
k.
Tanaman pacar air
3. Sumber Pembelajaran.
a.
Buku IPA SMP Kelas VIII
b.
LKS Pengamatan struktur jaringan daun
“ayo Kita Coba” hal 79
c.
LKS penyelidikan transportasi pada
tumbuhan “ Ayo Kita coba” Hal 80.
d.
LKS pengamatan umbi-umbian “ayo kita
lakukan” hal 81.
- Kegiatan Pembelajran (3JP).
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Discovery learning
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan Stimulasi (Motivasi)
|
Mengucapkan salam
Mengajak berdoa
Menyiapkan peserta didik untuk belajar
Melakukan pemusatan perhatian
- Menampilkan gb tumbuhan secara utuh
- memperlihatkan gambar penampang
Batang
- Memancing pertanyaan dari siswa
Menjelaskan tentang batang tumbuhan
Menyampaikan tujuan pembelajran
|
15 menit
|
Kegiatan inti
|
Pembahasan
Tugas dan identifikasi masalah
Observasi
Mengumpulkan
data
Pengolahan
data dan analisis
Verifikasi
Data
Generalisasi
|
Menyampaikan informasi tentang tugas yang
akan dikerjakan yaitu eksperimen dan pengamatan.
Membagi kelompok
Mengkaji LKS yang akan dikerjakan dalam
percobaan
Melakukan percobaan pengamatan batang
kacang dan jagung serta pengangkutan air oleh tanaman.
Melakukan pengamatan dan mencatat data
hasil percobaan tentang struktur jaringan batang tanaman kacang dan jagung
Mengolah data hasil pengamatan dalam
percobaan dan menjawab pertanyaan LKS
Pengamatan struktur jaringan batang kacang
dan jagung
Presentasi hasil percobaan struktur
jaringan batang pada tanaman kacang dan jagung
Membuat kesimpulan tentang struktur
jaringan batang kacang dan jagung
Mempresentasikan hasil kerja kelompok percobaan struktur batang
jagung dan kacang
|
80 menit
|
Penutup
|
|
Mereview hasil kegiatan pembelajaran
struktur jaringan batang tanaman jagung dan kacang
Memberikan penghargaan kepada kelompok
yang bekerja dengan baik
Melakukan quis tentang struktur
jaringan batang
Pemberian tugas mempelajari materi
struktur daun
Penutup
|
25 menit
|
- Penilaian
1. INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Indikator : 1. Siswa mampu
melakukan percobaaan dengan teliti dan jujur.
2.
Siswa mampu menggunakan alat dengan hati-hati.
3. Siswa mampu bekerja dengan
cermat dalam kelompok
4. Siswa mampu bekerja sama dalam kelompok.
5. Siswa mampu berdiskusi dengan teman .
Lembar Observasi :
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
|
|
|
|
|
3
|
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampai kan
pendapat/presentasi
|
|
|
|
|
4
|
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan
terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
|
|
|
|
|
5
|
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari
ilmu pengetahuan
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran
:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang
tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak
melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak
pernah melakukan
Skor akhir menggunakan skala 1
sampai 4
Perhitungan skor akhir
menggunakan rumus :
Lembar Pengamatan Sikap
Kelas : ……………………….
Hari, tanggal : ……………………….
Materi Pokok/Tema : ……………………….
No
|
Nama Peserta Didik
|
Sikap
|
Keterangan
|
||||
Teliti
|
Hati-hati
|
Kerja sama
|
Cermat
|
Jujur
|
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Penskoran :
4 = apabila selalu
konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
3 = apabila sering
konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan
kadang-kadang tidak sesuai aspek sikap
2 = apabila
kadang-kadang konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan sering tidak
sesuai aspek sikap
1 = apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek
sikap
Perhitungan skor
akhir menggunakan rumus :
Penilaian
Diri:
LEMBAR PENILAIAN DIRI
SIKAP JUJUR
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Materi Pokok : ………………….
Tanggal : ………………….
PETUNJUK
1. Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan
teliti
2. Berilah
tanda cek (√) sesuai dengan kondisi dan keadaan
kalian sehari-hari
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya menyontek pada saat
mengerjakan Ulangan
|
|
|
|
|
2
|
Saya menyalin karya orang lain
tanpa menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas
|
|
|
|
|
3
|
Saya melaporkan kepada yang
berwenang jika menemukan barang
|
|
|
|
|
4
|
Saya berani mengakui kesalahan
yang saya dilakukan
|
|
|
|
|
5
|
Saya mengerjakan soal ujian
tanpa melihat jawaban teman yang lain
|
|
|
|
|
Keterangan :
·
TP = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan = Nilai 1
·
KD = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan
sering
tidak melakukan = Nilai 2
·
SR = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang-
kadang tidak melakukan = Nilai 3
·
SL = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan = Nilai 4
Petunjuk Penskoran :
Perhitungan skor
akhir menggunakan rumus :
DAFTAR
CEK PENILAIAN ANTAR PESERTA DIDIK
Nama
penilai :
Tidak diisi
Nama
peserta didik yang dinilai :
...............
Kelas :
...............
Mata
pelajaran :
...............
Berilah
tanda cek pada kolom pilihan berikut dengan
4 = selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering,
apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang
tidak melakukan
2 =
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering
tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Tidak nyontek dalam mengerjakan percobaan
|
|
|
|
|
2
|
Tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang
lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas
|
|
|
|
|
3
|
Mengemukakan
perasaan terhadap sesuatu apa adanya
|
|
|
|
|
4
|
Melaporkan data atau informasi apa adanya
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
Petunjuk penskoran :
Lihat petunjuk penskoran pedoman observasi sikap disiplin
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
2.
Instrumen Penilaian Pengetahuan
Indikator : 1. Mendeskripsikan struktur
jaringan yang menyusun batang.
2. Mejelaskan hubungan antara struktur dan
fungsi jaringan batang
Tes Tertulis :
1.
Wortel, lobak, dan bit gula merupakan modifikasi
dari akar ....
a. tunggang
b. serabut
c. tunjang
d. lateral
2.
Mana di antara bagian tumbuhan berikut yang
merupakan modifikasi dari batang?
a. Umbi singkong
b. Umbi kentang
c.
Umbi wortel
d. Umbi lobak
3.
Umbi lapis pada bawang merupakan modifikasi dari
....
a. akar
b.
batang
c. daun
d. bunga
4.
Keluar masuknya udara pernafasan tumbuhan
berlangsung melalui ....
a. stomata dan epidermis
b. stomata dan lentisel
c. lentisel dan korteks
d. korteks dan epidermis
5.
Perhatikan gambar potongan melintang
batang di bawah ini !
Bagian
yang berfungsi untuk mengangkut air dan garam mineral ditunjukkan oleh nomor
.......
a. 2 c. 4
b. 3 d. 5
Tes Uraian :
Berdasarkan hasil pengamatan
pada saat mengamati struktur anatomi batang pada kacang tanah dan jagung
jawablah pertanyaan berikut ini:
a. Jelaskan perbedaan jaringan kedua batang
tersebu!
b. Berdasarkan ciri-ciri tersebut tanaman kacang
dan jagung termasuk kelompok tumbuhan apa?
Kunci jawaban :
Pilgan :
1. A
2. B
3. C
4. B
5. D
Uraian
1. Batang
dikotil ( Kacang ) morfologinya berkayu, dan bercabang, berkambium, jaringan xilem dan floem tersusun teratur.
Batang
jagung : mmorfologinya tidak berkayu, tidak bercabang, tidak berkambium, xilem
dan floem tidak teratur.
2. Kacang
termasuk tumbuhan dikotil dan jagung termasuk monokotil.
NORMA PENILAIAN :
Pilgan:
Uraian :
Score maksimal
5
3.
Instrumen Penilaian Keterampilan
Indikator : Mengumpulkan data berdasarkan hasil
pengamatan struktur jaringan tumbuhan batang dan membuat laporan
InstrumenTes
Praktik :
No.
|
Indikator
|
Hasil Penilaian
|
||
3
(baik)
|
2
(cukup)
|
1
(kurang)
|
||
1
|
Menyiapkan
alat dan bahan
|
|
|
|
2
|
Deskripsi
pengamatan
|
|
|
|
3
|
Menafsirkan
peristiwa yang akan terjadi
|
|
|
|
4
|
Melakukan
praktik
|
|
|
|
5
|
Mempresentasikan
hasil praktik
|
|
|
|
Jumlah Skor yang Diperoleh
|
|
Rubrik
Penilaian.
No
|
Indikator
|
Rubrik
|
1
|
Menyiapkan
alat dan bahan
|
3.
Menyiapakan
seluruh alat dan bahan yang
diperlukan.
2.
Menyiapakan
sebagian alat dan bahan yang
diperlukan.
1.
Tidak
menyiapakan seluruh alat dan bahan
yang diperlukan.
|
|
Deskripsi pengamatan
|
3.
Memperoleh
deskripsi hasil pengamatan secara
lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
2.
Memperoleh
deskripsi hasil pengamatan kurang
lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
1.
Tidak
memperoleh deskripsi hasil pengamatan kurang
lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
|
|
Menafsirkan peristiwa yang akan terjadi
|
3.
Mampu
memberikan penafsiran benar secara
substantif.
2.
Mampu
memberikan penafsiran kurang benar
secara substantif.
1.
Tidak mampu
memberikan penafsiran benar secara
substantif.
|
|
Melakukan praktik
|
3.
Mampu
melakukan praktik dengan menggunakan seluruh
prosedur yang ada.
2.
Mampu
melakukan praktik dengan menggunakan sebagian
prosedur yang ada.
1.
Tidak mampu
melakukan praktik dengan menggunakan prosedur yang ada.
|
|
Mempresentasikan hasil praktik
|
3.
Mampu
mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa mudah
dimengerti, dan disampaikan secara percaya diri.
2.
Mampu
mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa mudah
dimengerti, dan disampaikan kurang percaya diri.
1.
Mampu
mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa sulit
dimengerti, dan disampaikan tidak percaya diri.
|
Kriteria
Penilaian:
Nilai =
|
Jumlah
Skor yang Diperoleh
|
X 100
|
Skor
Maksimum
|
Instrumen Tugas Projek :
No
|
Tahapan
|
Skor 1 – 3
|
|||
1
|
Persiapan
|
|
|||
|
Mengidentifikasi
apa yang diketetahui
a. bahwa tumbuhan memiliki struktur batang yang berbeda
b. setiap
struktur mendukung fungsi dari setiap organ tumbuhan
Menentukan
masalah
Menciptakan ide
teknologi yang mungkin dikembangkan dalam rancang desain bangunan yang meniru
struktur tumbuhan
|
|
|||
2
|
Pelaksanaan
|
|
|||
|
Bagaimana strateginya?
Pesdik
berdiskusi menganalisis bangunan yang meniru struktur jaringan tumbuhan untuk menemukan ide-ide baru
Peserta
didik diminta mempresentasikan ide-ide yang muncul pada saat diskusi.
Bagaimana penerapannya?
|
|
|||
3
|
Hasil
|
|
|||
|
Hasil
Rancangan bangunan yang diciptakan berdasarkan struktur jaringan
tumbuhan
|
|
LEMBAR KERJA SISWA
(03.a)
Pengamatan Struktur Morfologi dan Anatomi Batang Tumbuhan
Judul Kegiatan :
Pengamatan Struktur Jaringan pada Tumbuhan.
Alat dan Bahan :
1. Mikroskop
2. Silet
3. Nampan
4. Kecambah
kacang tanah
5. Kecambah
jagung
6. Pewarna
biru
7. Kaca
benda
8. Kaca
penutup
9. Pipet
tetes
10.
Air
11.
Kertas tisu
Langkah kerja :
1.
Amati bentuk batang pada kacang dan
jagung
2.
Identifikasi batang yang diamati,
apakah berkayu ?
3.
Buatlah sayatan melintang pada batang
dan tumbuhan kacang dan jagung dengan silet. Usahakan irisan setipis mungkin
dan berhati-hati ketika menggunakan silet
4.
Letakan sayatan batang kacang dan
jagung pada kaca benda yang telah ditetesi air
5.
Tutuplah dengan kaca penutup
6.
Teteskan zat warna di salah satu sisi
kaca penutup dan letakan kertas isap atau tisu disisi yang berlawanan untuk
menyedot air.
7.
Amati kedua preparat dengan mikroskop
perbesaran kecil dulu.
8.
Gambarkan bagian-bagian yang teramati
dan berilah keterangan.
9.
Catatlah data hasil pengamatanmu.
Data Hasil Pengamatan :
Organ tumbuhan
yang diamati
|
Jenis batang (berkayu/tidak)
|
Gambar
|
Batang
kacang tanah
|
|
|
Batang
jagung
|
|
|
Pertanyaan Diskusi :
1.
Jaringan apa sajakah yang menyusun batang?
2.
Sebutkan Perbedaan morfologi batang pada tumbuhan kacang tanah dan kacang?
3.
Sebutkan perbedaan jaringan yang menyusun batng pada tumbuhan kacang tanah
dan jagung ?
Kesimpulan :
Buatlah
kesimpulan dari hasil analisis data percobaan .
LEMBAR KERJA SISWA
(03.b)
Penyelidikan Tranportasi pada
Tumbuhan
Judul Kegiatan : Pengamatan transportasi pada tumbuhan.
Alat dan Bahan :
1. Pewarna
makanan merah
2. Air
3. 3
Stoples bekas
4. 3
batang tanaman pacar air.
Langkah Kerja :
1. Tuangkan
air ke dalam 3 stoples masing-masing ½ botol kemudian campur dengan pewarna
makanan pada botol 1 dan 2, botol ketiga biarkan jangan di beri pewarna sebagai
control.
2.
Potong batang tanaman pacar air, pemotongan di lakukan di dalam air di
ember tekan bagian yang dipotong dengan ujung jarimu agar tidak kemasukan udara
pada xilemnya
3.
Masukan tanaman yang sudah dipotong tersebut ke dalam masing-masing
botol.
4.
Biarkan selama 2 jam.
Pertanyaan
Diskusi :
1.
Apakah yang terjadi pada tumbuhan pacar air ?
2.
Jaringan apa yang berperan pada peristiwa tersebut?
3.
Mengapa peristiwa tersebut dapat terjadi ?
Kesimpulan :
Setelah
menganalisis data buatlah kesimpulan dan laporkan hasil diskusimu.
LEMBAR KERJA SISWA
(03.c)
Tugas
Proyek :
Lakukan
observasi di lingkungan sekitarmu, carilah batang-batang yang memiliki fungsi
tambahan
Carilah
berbagai informasi dari buku, internet, Koran,majalah melengkapi data mengenai
batang tumbuhan yang telah termodifikasi
Data
Hasil Pengamatan :
No
|
Tumbuhan
|
Fungsi Tambahan
|
Umbi Akar
|
Umbi Batang
|
Informasi yang diperoleh dari
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|