Wednesday 19 November 2014

RPP : Sistem Pencernaan





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                            :     SMP
Matapelajaran              :     IPA
Kelas/Semester            :     VIII / 1
Materi Pokok                 :     Sistem Pencernaan
Alokasi Waktu               :     1 x TM ( 3 JP)


A.        Kompetensi Inti (KI)
KI.1.  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2.  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung-jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI.3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait dengan fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4.  Mencoba, mengolah, danmenyajidalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lainyang sama dalam sudut pandang/teori

B.         Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1  Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti;cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2    Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagaiwujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.3    Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari. 
3.6    Mendeskripsikan sistem pencernaan serta keterkaitannya dengan sistem pernapasan, sistem peredaran darah, dan penggunaan energi makanan

                Indikator pencapaian kompetensi :
3.6.1 Menyebutkan jenis-jenis bahan makanan
3.6.2 Menyebutkan kandungan bahan makanan dalam kehidupan sehari-hari melalui uji bahan makanan

4.6    Melakukan penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan enzimatis pada makanan

          Indikator pencapaian kompetensi :
          4.6.1 Trampil  Melakukan uji nutrisi makanan


C.         Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
1.       Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat mengidentifikasi kandungan nutrisizat makanan tertentu yang terdapat pada produk kemasan dengan benar
2.       Melalui  kegiatan praktikum uji makanan peserta didik dapat mengembangkan keterampilan menguji bahan makanan yang mengandung karbohidrat, gula, protein dan lemak dengan tepat
3.       Melalui diskusi hasil percobaan peserta didik mampu menjelaskan jenis bahan makanan yang mengandung karbohidrat, gula, protein dan lemak

D.        Materi  Pembelajaran
A. MACAM-MACAM ZAT MAKANAN DAN FUNGSINYA
1. KARBOHIDRAT
Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi. Setiap satu gram karbohidrat dapat menghasilkan energi sekitar 4 kalori. Karbohidrat meliputi glukosa, selulosa (serat) dan amilum (zat tepung). Sumber karbohidrat antara lain: beras, jagung, gandum, kentang, ubi jalar, sagu, madu, dan ketela pohon. Kelebihan karbohidrat akan disimpan pada organ hati dan otot. Kekurangan karbohidrat menyebabkan daya tahan terhadap penyakit berkurang.
2.PROTEIN
Fungsi utama protein adalah sebagai pembangun tubuh (pembentuk hormon, enzim, antibodi, kromosom), pengganti sel-sel yang rusak, dan sebagai komponen enzim yang mengkatalisis proses-proses biokimia sel. Setiap satu gram protein manghasilkan energi sekitar 4 kilo kalori. Sumber protein yang terdapat pada hewan (protein hewani) antara lain : lemak, daging, susu, ikan, telur, sedangkan protein yang terdapat pada tumbuhan (protein nabati) antara lain : kacang-kacangan. Kekurangan protein dapat mengakibatkan penyakit busung lapar (pada orang dewasa) dan kwashiorkor (pada anak-anak). Pada proses pencernaan, protein diubah menjadi pepton dan pepton diubah menjadi asam amino.
3.   LEMAK
Lemak berfungsi sebagai sumber energi; pelarut vitamin A, D, E, dan K; pelindung organ tubuh yang penting, misalnya jantung, ginjal, dan mata; pelindung tubuh terhadap suhu yang rendah, yaitu sebagai isolator di bawah kulit untuk menghindari hilangnya panas tubuh. Lemak merupakan sumber energi yang tinggi. Satu gram lemak menghasilkan energi sekitar 9 kalori. Sumber lemak hewani terdapat pada daging, susu, ikan basah, telur, minyak ikan. Sedang lemak nabati terdapat pada kelapa, kemiri, kacang-kacangan, alpukat dll. Pada proses pencernaan lemak diubah menjadi asam lemak dan gliserol
4.   VITAMIN
Vitamin dapat dikelompokkan menjadi vitamin yang larut dalam lemak antara lain A, D, E, dan K, dan vitamin yang larut dalam air adalah B dan C. Kekurangan vitamin dapat menyebabkan sakit. Penyakit kekurangan vitamin disebut avitaminosis.
a.    Vitamin A
Vitamin A banyak terdapat pada minyak ikan, wortel, tomat, dan buah- buahan yang mengandung pigmen karoten ( berwarna merah). Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Kekurangan vitamin A menyebabkan gangguan penglihatan rabun senja, xeroftalmia (kornea mata kering), keratinasi (kulit kaki bersisik), kulit pecah-pecah dan pertumbuhan lambat.
b.   Vitamin B
Vitamin B banyak ragamnya, misalnya B1, B2, B6, dan B12. Vitamin B banyak terdapat pada kulit beras, kacang hijau, kedelai, dan sayuran. Vitamin B berfungsi untuk melancarkan reaksi metabolisme tubuh, terutama reaksi pembakaran atau oksidasi. Kekurangan vitamin B dapat mengakibatkan penyakit beri-beri, kaki tangan kesemutan, neuritis, anemia , dan persendian terasa pegal dan ngilu.
c.    Vitamin C
Vitamin C banyak terdapat pada buah-buahan dan sayuran. Vitamin C larut dalam air sehingga kelebihanya dikeluarkan melalui urin. Kekurangan vitamin C menyebabkan penyakit gusi berdarah (skorbut).
d.   Vitamin D
Vitamin D banyak terdapat pada susu, daging, dan sayuran dalam bentuk pro vitamin D berfungsi dalam proses pembentukan tulang. Kekurangan vitamin D akan menyebabkan penyakit rakitis pada bayi dan osteomalasia pada orang dewasa. Penderita rakitis memiliki kaki berbentuk O atau X.
e.   Vitamin E
Vitamin E berguna untuk pelindung sel-sel darah merah, mencegah kebanyakan asam lemak dan menjaga keremajaan sel.  Sumber vitamin E antara lain : kecambah, minyak tumbuhan, dan tumbuhan hijau. Kekurangan vitamin  E dapat menyebabkan kemandulan, keguguran, dan embrio mati dalam kandungan.
f.    Vitamin K
Vitamin K berguna untuk membentuk protrombin dalam proses pembekuan darah. Vitamin K dapat diperoleh dari bakteri Escherichia coli yang hidup dalam usus besar kita, sayuran, kecambah, biji-bijian dan hati.

E.         Pendekatan/ Strategi/ Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan         : Saintifik
2.       Metode                : Diskusi dan eksperimen
3.       Model                   : Discovery learning

F.         Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.  Media                      : Komputer, LCD
2.  Alat/Bahan
Alat
1.       Tabung reaksi
2.       Penjepit tabung reaksi
3.       Rak tabung reaksi
4.       Termometer
5.       Mortar dan pistil
6.       Pipet tetes
7.       Gelas kimia
8.       Kertas label
9.       Kaki tiga
10.    Pembakar spiritus
Bahan
1.       Bahan makanan dalam kehidupan sehari-hari

3.  Sumber Belajar
a.     Buku siswa IPA kelas VIII Semester 1
b.    LK  Uji Kandungan Nutrisi Pada Makanan

G.        Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 
1.       Pertemuan Kesatu
Kegiatan
Langkah-langkah Model Discovery
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan

-      Mengucapkan salam
-      Menanyakan keadaan peserta didik
-      Apersepsi dengan memberikan pertanyaan tentang bahan makanan yang sering dikonsumsi peserta didik
ü  Guru memberikan motivasi kepada peserta didik dengan Guru memperlihatkan gambar anak yang gisi buruk serta gambar orang kerdil dan manusia raksasa
ü  Guru memancing peserta didik agar mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan gambar.
-      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi


Kegiatan inti
Stimulation (simullasi/Pemberian rangsangan)

-    Peserta didik diminta memperhatikan beberapa bahan makanan dalam kemasan yang akan diteliti
-    Peserta diberi kesempatan untuk bertanya tentang bahan makanan yang diperlihatkan
-    Guru merespon pertanyaan siswa dan mengarahkan siswa untuk memikirkan mengapa kita harus makan? Apakah kita dapat mengkonsumsi seluruh jenis makanan? Apa akibatnya jika bahan makanan tidak sehat?
10 menit

Pembahasan tugas dan identifikasi masalah
-      Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu diskusi mengidentifikasi jenis bahan makanan pada produk kemasan dilanjutkan dengan kegiatan eksperimen uji nutrisi pada makanan
-      Membagi peserta didik dalam kelompok kecil (terdiri atas 2-3 peserta didik)
-      Diskusi kelompok untuk mengidentifikasi jenis bahan makanan pada produk kemasan dan kegunaannya bagi tubuh (“ayo kita coba” pada buku siswa hal 120)
-      Peserta didik mempelajari konsep tentang kandungan nutrisi bahan makanan yang berguna untuk tubuh pada buku siswa hal 121-123
-      Peserta didik mengidentifikasi konsep yang harus diperoleh melalui percobaan yang akan dilakukan
100 menit
Observasi
-    Peserta didik melakukan percobaan uji kandungan nutrisi pada makanan tertentu yang telah disediakan (LK UJI NUTRISI)
Data collection (pengumpulan data)

-    Peserta didik mengamati hasil percobaan dan mencatat data pengamatan pada kolom yang tersedia pada LK
Data processing (pengolahan Data)

-    Peserta didik mengolah dan menganalisis data percobaan uji kandungan nutrisi pada makanan untuk mendapatkan konsep tentang kandungan nutrisi pada makanan
Verification (pembuktian)

-    Presentasi hasil percobaan
-    Diskusi prinsip-prinsip uji nutrisi pada makanan berdasarkan hasil data percobaan dan mencocokan dengan konsep pada buku sumber.
Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)

-    Membuat kesimpulan tentang jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia dan kandungan nutrisi pada bahan makanan
Penutup

-    Peserta didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
-    Guru memberikan reward pada kelompok yang berkinerja baik
-    Pemberian tugas untuk mempelajari kandungan gizi pada camilan
20 menit

H.      Penilaian
1.       Jenis/teknik penilaian

Jenis/teknik
Bentuk instrumen
*       Sikap
*       Lembar pengamatan sikap dan rubrik
*       Pengetahuan 
*       Tes pilihan ganda dan uraian
*       Keterampilan
*       Tes praktik


2.       Instrumen
a.        Lembar pengamatan sikap
-          Lembar penilaian sikap pada kegiatan praktikum
No
Nama peserta didik
Disiplin
Teliti
Hati-hati
Jumlah skor
1





2





3





               
-          Lembar penilaian sikap pada kegiatan diskusi

NO
Peserta didik
Kerjasama
Toleran
Proaktif
Jumlah skor
1





2





3






Keterangan : Cara pengisian lembar penilaian sikap adalah dengan memberikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama kegiatan yaitu:.
Skor 1, jika tidak pernah berperilaku dalam kegiatan
Skor 2, jika kadang-kadang berperilaku dalam kegiatan
Skor 3,jika sering berperilaku dalam kegiatan
Skor 4, jika selalu berperilaku dalam kegiatan
       Penilaian sikap untuk setiap peserta didik dapat menggunakan rumus dan predikat berikut :
                      Jumlah Skor                                                    
       Nilai = -------------------------  x 100
                     Jumlah siswa
Predikat
Nilai
Sangat Baik
80 ≤ A ≤ 100
Baik
70 ≤ B ≤ 79
Cukup
60 ≤ C ≤ 69
Kurang ( K )
< 60



b.       Lembar pengamatan keterampilan praktikum
Penilaian keterampilan praktikum uji makanan
No
Nama Peserta Didik
Persiapan percobaan
Pelaksanaan Percobaan
Kegiatan Akhir percobaan
Jumlah skor
1





2












                     Rubrik
no
Keterampilan yang dinilai
Skor
Rubrik
1.
Persiapan percobaan (menyiapkan alat dan bahan)
30
-Alat-alat tertata rapi sesuai dengan urutan percobaan
-Bahan-bahan tersedia di gelas kimia dengan urutan yang sama
-Alat praktikum dalam keadaan siap pakai
-Tersedia air untuk membilas alat dan tisu
20
-Ada tiga aspek yang tersedia
10
-Ada dua aspek yang tersedia
2
Pelaksanaan percobaan
30
-Mencuci alat-alat sebelum praktikum
-Merakit alat dengan benar
-Melakukan proses uji makanan sesuai dengan prosedur yang benar
-Mencatat data sesuai dengan fakta yang diamati
20
-Ada tiga aspek yang tersedia
10
-Ada dua aspek yang tersedia
3
Kegiatan akhir percobaan
30
-Membuang larutan atau sampah ke tempatnya
-Membersihkan alat dengan baik
-Membersihkan meja praktikum
-Mengembalikan alat ke tempat semula
20
-Ada tiga aspek yang tersedia
10
-Ada dua aspek yang tersedia

c.        Instrumen test tertulis

Indikator soal Pilihan Ganda
1.       Peserta didik dapat menyebutkan jenis nutrisi makanan dalam kehidupan sehari-hari
2.       Peserta didik dapat menjelaskan hasil dari percobaan protein menggunakan biuret
3.       Disajikan sebuah peristiwa dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan alasan terjadinya fenomena perubahan warna pada bahan makanan yang dimaksud

         Pilihan Ganda
1.       Bahan makanan yang dikonsumsi setiap hari harus mengandung sejumlah besar bahan ....
A.       Karbohidrat dan protein
B.       Lemak dan Air
C.       Air dan mineral
D.       Protein dan mineral
2.       Ketika melakukan uji makanan dengan biuret, tampak muncul warna ungu pada bahan makanan. Hal ini menunjukkan bahwa ....
A.       Makanan mengandung lemak
B.       Makanan tidak mengandung karbohidrat
C.       Makanan mengandung cukup air
D.       Makanan mengandung protein
3.       Ketika risa membeli makanan di warung, penjualnya membungkus dengan menggunakan kertas, ternyata pada kertas tampak noda yang membuat kertas menjadi tampak transparan. Hal ini bisa terjadi karena ....
A.       Makanan tersebut sudah kadaluarsa karena mengubah sifat kertas
B.       Lemak dalam makanan tersebut mengubah sifat kertas
C.       Karbohidrat dari makanan bereaksi dengan kertas
D.       Kertas tidak cocok untuk pembungkus makanan berprotein tinggi

Pedoman penilaiaan :
Kunci Jawaban
1.       A
2.       D
3.       B
4.       D
                                Penentuan nilai :  setiap jawaban benar bernilai satu
                                Nilai = benar x 25




Lembar Diskusi Siswa

Mengidentifikasi bahan makanan pada produk kemasan


Apa yang kamu sediakan?
1.       Kemasan produk makanan ringan yang ada di pasaran

Apa yang kamu lakukan ?
Bekerjalah dengan teman satu kelompokmu!
1.       Amati bagian komposisi bahan makanan yang ada pada produk yang kamu bawa!
2.       Tuliskan apa saja bahan-bahan yang menyusun produk tersebut!
3.       Tentukan kandungan zat makanan apa yang ada pada tiap bahan penyusun produk tersebut!
4.       Masukkan data kamu pada tabel berikut ini!
Nama produk
Nama bahan utama penyusun produk yang tertera pada kemasan
Kandungan gizi makanan





















Jawablah pertanyaan berikut!
a.        Cukupkan makanan instan tersebut untuk memenuhi gizi harian kamu? Mengapa?
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
b.       Bagaimana cara kamu agar dapat memenuhi kebutuhan gizi harianmu?
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................




Lembar Kerja Siswa
Uji Nutrisi pada Makanan


Apa yang kamu teliti?
Menguji kandungan nutrisi dalam bahan makanan

Apa yang kamu duga?

Apa yang kamu sediakan?
1.       Tabung reaksi
2.       Penjepit tabung reaksi
3.       Rak tabung reaksi
4.       Termometer
5.       Mortar dan pistil
6.       Pipet tetes
7.       Gelas kimia
8.       Kertas label
9.       Kaki tiga
10.    Pembakar spiritus
11.    Larutan bahan makanan yang akan diuji (beberapa bahan makanan yang diduga mengandung karbohidrat, gula, dan protein)

Apa tujuan kamu meneliti?

Uji bahan yang mengandung karbohidrat
Reagen lugol dapat digunakan untuk mnguji bahan sampel yang mengandung karbohidrat. Reagen ini berwarna orange. Setelah sampel yang diuji ditetesi dengan lugol, akan terjadi perubahan warna. Apabila sampel berubah warna menjadi biru tua, berarti bahan makanan tersebut mengandung karbohidrat.

Apa yang kamu lakukan?
1.       Sediakan 10 gram bahan makanan yang akan diuji(nasi, ubi, telor, putih telor, susu atau bahan makanan lain yang yang mudah ditemukan)
2.       Hancurkan bahan makanan yanga kana diuji dengan mortar dan pistil
3.       Tambahkan air untuk memudahkan penghancuran
4.       Masukkan masing-masing 2 ml ekstrak makanan ke dalam tabung reaksi
5.       Beri label masing-masing tabung reaksi sesuai dengan nama sampel larutan uji
6.       Tetesilah masing-masing bahan makanan tersebut dengan reagen lugol
7.       Catat warna dasar atas bahan makanan dan warna dasar reagen
8.       Perhatikan perubahan warna yang terjadi!

II. Uji Bahan makanan yang mengandung gula
Reagen benedict digunakan untuk menguji bahan makanan yang mengandung gula. Reagen ini berwarna biru jernih. Setelah sampel yang di uji ditetesi reagen benedict, akan terjadi perubahan warna. Apabila sampel berubah warna menjadi  biru kehijauan atau kuning atau merah bata berarti bahan makanan tersebut mengandung gula. Bergantung pada kadar gula darah dalam sampel.

Apa yang kamu lakukan ?
1.        lakukan langkah yang sama pada kegiatan uji kandungan karbohidrat!
2.       Tambahkan satu atau dua tetes benedict ke dalam masing-masing tabung reaksi!
3.       Catat warna dasar bahan makanan dan warna reagen benedict!
4.       Panaskan tabung reaksi ke dalam gelas kimia yang berisi air bersuhu 40-50 0C selama lima menit. Perhatikan jangan arahkan mulut tabung reaksi kepada temanmu, dan gunakan penjepit tabung reaksi saat memindahkan tabung reaksi. Pastikan pula kamu meminta gurumu melihat rangkaian percobaanmu sebelum kamu menyalakan apinya
5.       Perhatikan perubahan warna yang terjadi!

III. Uji bahan makanan yang mengandung protein
Reagen biuret digunakan untuk mengetahui adanya kandungan protein pada bahan makanan. Reagen biuret berwarna biru. Ketika bereaksi dengan protein akan berubah warna menjadi merah muda sampai ungu.

Apa yang kamu lakukan ?
1.       Lakukan langkah-langkah sama seperti uji karbohidrat
2.       Tambahkan 1 atau 2 tetes ke dalam masing-masing tabung reaksi
3.       Catat warna dasar bahan makanan dan warna reagen biuret
4.       Dengan menggunakan pipet, secara hati-hati tambahkan 3 tetes reagen biuret untuk masing-masing tabung. Kocok perlahan-lahan untuk mencampur
5.       Jangan terlalu kuat dalam mengocok untuk mencegah campuran tumpah ke luar tabung, usahakan campuran bahan uji dan biuret jangan sampai terkena tangan secara langsung







Pengembangan Kompetensi Fitur Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di Platform Merdeka Mengajar

  Pada tanggal 19 Desember 2023 GTK Kemdikbudristek telah merilis Fitur Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di Platform Merdeka Meng...