RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 09)
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : VIII/1
Materi Pokok : Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan serta pemanfaatanya dalam teknologi.
Alokasi waktu : 3
JP
|
|
A.
Kompetensi Inti (KI)
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
1.1 Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.1
Menjaga kelestarian tumbuhan sebagai wujud sikap peduli kepada alam semesta
dan rasa syukur kepada Tuhan.
|
2.
|
2.2 Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli(toleransi, gotongroyong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.2.1 Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggungjawab,
percaya diri dan interaksi aktif dalam kelompok.
|
3.
|
3.2. Menjelaskan
keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta
berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh struktur
tersebut.
|
3.2.3 Mengidentifikasi
struktur jaringan yang menyusun daun
3.2.6 Menjelaskan
hubungan antara struktur dan fungsi jaringan di daun.
3.2.8 Mengidentifikasi
bahan yang dibutuhkan dan dihasilkan dalam proses fotosintesis.
|
4.
|
4.2. Melakukan pengamatan terhadap struktur jaringan tumbuh an, serta
menghasilkan ide teknologi sederhana yang terilhami oleh struktur tersebut
(misalnya desain bangunan)
|
4.2.1 Setelah melakukan kegiatan praktikum , peserta didik
dapat mengumpulkan data-data hasil
praktikum , dan menyusun laporan hasil
pengamatannya.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Kompetensi Sikap Spiritual dan Sosial
Pertemuan
Keempat
1.1.1 Selama proses pembelajaran, peserta didik mampu mengagumi
keteraturan dan kompleksitas tumbuhan sebagai ciptaan Tuhan.
2.2.1 Selama
proses praktikum , peserta didik mampu menunjukkan sikap jujur, disiplin,
tanggungjawab, percaya diri danberinteraksi aktif dalam kelompok.
Kompetensi Pengetahuan dan Keterampilan
Pertemuan Keempat.
3.2.3 Dengan
diberikan fasilitas alat berupa mikroskup dan membaca buku siswa, peserta didik
dapat mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan yang
menyusun daun tumbuhan.
3.2.6 Dengan
membaca buku siswa, peserta didik dapat menghubungankan antara struktur dan
fungsi jaringan di daun.
3.2.8 Dengan
percobaan Sach peserta didik dapat mengidentifikasi bahan yang dibutuhkan dan dihasilkan dalam proses
fotosintesis
4.2.1 Setelah melakukan kegiatan praktikum , peserta didik
dapat mengumpulkan data-data hasil
praktikum , dan menyusun laporan hasil
pengamatannya.
D. Materi Pelajaran
Pengamatan
struktur anatomi daun.
|
Percobaan Sach
Melakukan praktikum Sach untuk
membuktikan hasil proses fotosintesis.
E. Metode
pembelajaran
1. Pendekatan : Pendekatan Saintifik
, Pendekatan Proses Saintifik
2. Metode : Diskusi
dan Eksperimen
3. Model : Discovery Leraning
F. Media, alat dan sumber
pembelajaran
1. Media : charta struktur jaringan pada daun (
CD ) , macam-macam potongan daun.
2. Alat dan Bahan
No
|
Jenis
|
Jumlah
|
1
|
Alat
dan bahan pengamatan struktur jaringan daun
-
Mikroskop
-
Pensil
-
Gelas
benda
-
Gelas
penutup
-
Air
dan pipet tetes
-
Daun
Rhoeo discolor
-
Preparat
awetan jaringan daun
|
8
set
|
2
|
Alat dan bahan praktikum percobaan Sach
-
Gelas
kimia
-
Tabung
reaksi
-
Bunsen
dan kaki tiga
-
Air
dan alkohol
-
Cawan
petri
-
Pipet
tetes
-
Larutan
lugol / iodium
|
8
set
|
3. Sumber Belajar
a.
Buku Siswa IPA klas VIII Pusbukur 2013
b. LKS praktikum pengamatan jaringan
daun
c. LKS praktikum percobaan Sach
G. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan keempat
Kegiatan
|
Langkah-
langkah
model
Discovery
|
Diskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti
|
Stimulation
(stimulasi / pemberian
rangsangan
Problem
statemen (pertanyaan/identifikasi masalah
Data
collection (pengumpulan data)
Data
processing (pengolahan data)
Verification
(pembuktian)Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi
|
Dalam
pendahuluan guru :
a. menyiapkan
peserta didik secara fisik dan psikis dengan motivasi, sapaan salam hangat, serta
peduli terhadap kehadiran peserta didik.
b. mengajukan
pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan
materi yang akan dipelajari;
c.
mengantarkan suatu permasalahan ‘Apakah kalau banyak yang memakai udara di
bumi akan habis ? “ bagaimana oksigen ini selalu tetap ada ?”, menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai.
d. menyampaikan garis
besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan
untuk menyelesaikan permasalahan.
- Guru memberi motivasi memusatkan
perhatian siswa
pada daun-daun yang di bawa, dan memancing
kreatifitas bertanya.
- peserta
didik menanya banyak hal tentang daun dan fotosintesis.
-membagi 8
kelompok kerja dr 32 jumlah siswa.
- Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah
diidentifikasi
di atas.
-Peserta
didik melakukan percobaan untuk mengidentifikasi struktur jaringan pada
daun (LK
Ayo Kita Coba “Struktur Jaringan Pada Daun Tumbuhan”
halaman 84)
- Dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi hasil fotosintesis
Ayo
Kita Coba “Menyelidiki adanya fotosintesis” halaman 85-86
-
-Menggambar hasil preparat
pengamatan pada tabel yang disediakan -Peserta didik mengolah data hasil pengamatan dengan cara mendiskusikan
hasil pengamatan dengan pertanyaan pada lembar kegiatan.
-Peserta didik mendiskusikan hasil pengolahan data dan memverifikasi
hasil pengolahan data dengan data-data pada buku sumber
Peserta didik mempresentasikan hasil percobaan dan diskusi dengan cara menuliskan di
kertas yang di sediakan dan maju ke depan kelas.
|
10 menit
100 menit
|
|
|
|
|
Penutup
|
|
Dalam
kegiatan penutup, guru:
-menyimpulkan
hasil kegiatan.
- memberikan
umpan balik (tes tertulis)
-
merencanakan kegiatan tindak lanjut berupa diskusi “ayo kita lakukan” pada
meteri berikutnya.
|
10
Menit
|
|
|
|
|
H. Penilaian
1. Lembar Observasi Sikap
Spiritual
Petunjuk
:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk
menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (Ö)
pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik,
dengan kriteria sebagai berikut :
4 =
selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 =
sering,
apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan
2 =
kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1
=
tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama
Peserta Didik : ………………….
Kelas
: ………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi
Pokok : …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan
rasa syukur atas karunia Tuhan
|
|
|
|
|
3
|
Memberi salam
sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
|
|
|
|
4
|
Mengungkapakan
kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran
Tuhan
|
|
|
|
|
5
|
Merasakan
keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan
skala 1 sampai 4
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
2. Lembar Observasi Sikap Sosial
Kelas : ……………………….
Hari,
tanggal : ……………………….
Materi
Pokok/Tema : ……………………….
No
|
Nama Peserta Didik
|
Sikap
|
Keterangan
|
||||
Jujur
|
Disiplin
|
Bertanggungjawab
|
Percaya diri
|
Interaksi
aktif
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria penskoran
:
4 = apabila
selalu konsisten menunjukkan sikap
sesuai aspek sikap
3 = apabila
sering konsisten menunjukkan sikap
sesuai aspek sikap dan kadang-kadang tidak
sesuai aspek sikap
2 = apabila
kadang-kadang konsisten menunjukkan
sikap sesuai aspek sikap dan
sering tidak sesuai aspek sikap
1
= apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap
sesuai aspek sikap
Petunjuk
penskoran :
Skor
akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
3. INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
Indikator :
1)
Mengidentifikasi struktur jaringan yang menyusun daun
2)
Menjelaskan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan di daun
3)
Mendeskripsikan proses fotosintesis yang terjadi pada
daun
a. Tes Tertulis
Pilihan
Ganda
Indikator: mengidentifikasi struktur jaringan yang
menyusun daun
Nomor
Soal: 1
Soal:
Perhatikan
gambar berikut!
Jaringan
pengangkut ditunjukkan oleh nomor ….
a.
1
b.
2
c.
3
d.
4
Kunci:
c. 3
Indikator:
menjelaskan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan di daun
Nomor Soal: 2
Soal:
Struktur daun yang berfungsi sebagai tempat pembuatan
makanan dan tempat pertukaran udara dalam tumbuhan secara berturut-turut adalah
….
a.
jaringan palisade dan stomata
b.
jaringan sponsa dan epidermis
c.
Jaringan palisade dan xilem
d.
Jaringan sponsa dan floem
Kunci: a. jaringan palisade dan stomata
Indikator:
: Mendeskripsikan
proses fotosintesis yang terjadi pada daun
Nomor Soal: 3
Soal:
Sehelai daun ditutupi sebagian dengan kertas timah,
lalu diletakkan di tempat yang terkena cahaya matahari selama 24 jam. Daun
tersebut kemudian dipetik dan dilakukan uji iodium pada permukaan atas daun.
Proses tersebut merupakan cara untuk mengetahui bahwa ….
a.
hasil fotosintesis adalah amilum
b.
amilum terdapat pada seluruh bagian daun
c.
klorofil diperlukan dalam fotosintesis
d.
pada fotosintesis terbentuk gas oksigen
Kunci: a. hasil fotosintesis adalah amilum
Uraian
Indikator: Mendeskripsikan
proses fotosintesis yang terjadi pada daun
Soal:
1.
Fotosintesis adalah proses penyusunan atau pembentukan senyawa kompleks
dari senyawa sederhana yang dilakukan oleh tumbuhan. Sebutkan 3 faktor yang
mempengaruhi proses fotosintesis!
2.
Pada suatu pengamatan percobaan tentang fotosintesis, setelah ditetesi
iodium ditemukan data pada gambar berikut ini.
a. Jelaskan pada bagian daun yang mana terjadi
fotosintesis dan buktikan berdasarkan hasil pengamatan tersebut!
b. Apa fungsi dari memasukkan daun yang akan
diuji pada air yang mendidih?
c. Apa fungsi
dari penggunaan alkohol dalam proses pengujian daun yang mengalami
fotosintesis?
Kunci:
1.
Intensitas cahaya matahari, air, karbon dioksida
2.
a. Fotosintesis terjadi pada bagian daun yang tidak ditutup . Pada
percobaan, bagian daun yang tidak ditutup setelah ditetesi iodium warna daun
berubah menjadi biru kehitaman yang menandakan adanya karbohidrat pada daun dan
menandakan jika terjadi fotosintesis pada daun.
b.
Fungsi dari memasukkan daun yang akan diuji pada air yang mendidih
adalah untuk mematikan sel-sel pada
daun.
c.
Fungsi dari penggunaan alkohol dalam proses pengujian daun yang
mengalami fotosintesis adalah untuk melarutkan klorofil yang ada pada daun.
Pedoman penskoran
Bentuk soal
|
Nomor
|
Skor maksimal
|
Pilihan Ganda
|
1
|
1
|
Pilihan Ganda
|
2
|
1
|
Pilihan Ganda
|
3
|
1
|
Uraian
|
1
|
2
|
Uraian
|
2
|
3
|
Jumlah skor maksimal
|
8
|
Perhitungan
nilai akhir menggunakan
rumus :
4. INSTRUMEN
PENILAIAN KETERAMPILAN
Indikator:
1. Mengumpulkan
data berdasarkan hasil pengamatan struktur jaringan tumbuhan (akar, batang, daun)
dan membuat laporannya.
2.
Mengidentifikasi berbagai fakta mengenai berbagai ide teknologi
sederhana yang terilhami oleh struktur jaringan tumbuhan.
a. Tes Praktik
Instrumen Penilaian Tes Praktik
Nama peserta didik yang dinilai : ...............
Kelas / No :
...............
No.
|
Indikator
|
Hasil Penilaian
|
||
3
(baik)
|
2 (cukup)
|
1
(kurang)
|
||
1
|
Menyiapkan
alat dan bahan
|
|
|
|
2
|
Deskripsi
pengamatan
|
|
|
|
3
|
Menafsirkan
peristiwa yang akan terjadi
|
|
|
|
4
|
Melakukan
praktik
|
|
|
|
5
|
Mempresentasikan
hasil praktik
|
|
|
|
Jumlah
Skor yang Diperoleh
|
|
Rubrik Penilaian
No
|
Indikator
|
Rubrik
|
1
|
Menyiapkan
alat dan bahan
|
3.
Menyiapkan seluruh alat dan bahan yang
diperlukan.
2.
Menyiapakan sebagian alat dan bahan yang
diperlukan.
1.
Tidak
menyiapakan seluruh alat dan bahan
yang diperlukan.
|
|
Deskripsi pengamatan
|
3.
Memperoleh
deskripsi hasil pengamatan secara
lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
2.
Memperoleh
deskripsi hasil pengamatan kurang
lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
1.
Tidak
memperoleh deskripsi hasil pengamatan kurang
lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
|
|
Menafsirkan peristiwa yang akan
terjadi
|
3.
Mampu
memberikan penafsiran benar secara
substantif.
2.
Mampu
memberikan penafsiran kurang benar
secara substantif.
1.
Tidak mampu
memberikan penafsiran benar secara
substantif.
|
|
Melakukan praktik
|
3.
Mampu
melakukan praktik dengan menggunakan seluruh
prosedur yang ada.
2.
Mampu
melakukan praktik dengan menggunakan sebagian
prosedur yang ada.
1.
Tidak mampu
melakukan praktik dengan menggunakan prosedur yang ada.
|
|
Mempresentasikan hasil praktik
|
3.
Mampu
mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa mudah
dimengerti, dan disampaikan secara percaya diri.
2.
Mampu
mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa mudah
dimengerti, dan disampaikan kurang percaya diri.
1.
Mampu
mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa sulit
dimengerti, dan disampaikan tidak percaya diri.
|
Kriteria penilaian
LK S 1
Struktur Jaringan Pada Daun Tumbuhan
Tujuan : Mengidentifikasi
struktur jaringan yang menyusun daun
Alat yang perlu disiapkan :
1. Mikroskop 5. Kaca
......................
2. ....................... 6. ......................
3. Kaca ...................
7. Daun
Rhoeo diskalar
4. .......................
Yang harus kamu lakukan :
1. Buatlah sayatan melintang pada daun (7) menggunakan (2)
2. Sayatan di letakkan di atas (3), ditetes (4) dan ditutup dengan
(5) amati menggunakan (1) dengan
perbesaran 40 kali.
3. Gambarlah jaringan daun yang nampak dengan alat tulis berupa(6)
pada lingkaran di bawah ini dan beri
keterangan gambar.
Sumber : buku siwa hal 85
(sebagai pembanding)
LKS
2 : Percobaan Sach
Tujuan
: Membuktikan bahwa fotosintesis dibantu
sinar matahari.
Apakah artinya keterangan A
(LKS 2 ), setelah praktikum berakhir dan daun ditetesi larutan Lugol ?
pernyataan A
= Daun mengandung
....................... ..setelah melakukan
.........................................
Apakah artinya keterangan B
(LKS 2 ), setelah praktikum
berakhir dan daun ditetesi larutan Lugol
pernyataan B
= Daun mengandung
......................... setelah melakukan
..........................................
Buktikan melalui reaksi
kimianya :
H 2 O + ..................... ______
C.....H.... O...... + O 2
(
) ( ) ( ) (