Thursday 1 May 2014

RPP Kelas 7 : Pengertian Suhu dan Termometer



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP KE 1  )

Satuan Pendidikan       :       Sekolah Menegah Pertama
Mata Pelajaran            :       IPA
Kelas/Semester           :       Kelas VII / Semester 2
Topik                          :        Suhu dan Perubahan
Sub Topik                   :        Pengertian suhu dan Temometer
Alokasi  Waktu           :       2 X 40 menit ( 1 kali tatap muka)
 

A.        KOMPETENSI INTI
K.1.  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
K.2.  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
K.3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
K.4.  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodofikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis ,membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.        KOMPETENSI DASAR
1.1   Mengagumi keteraturan dan kompleksitas  ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam  pengamalan ajaran agama yang dianutnya
         INDIKATOR
  1.  Mengagumi keteraturan dan kompleksitas Suhu dan Perubahannya sebagai ciptaan Tuhan
KOMPETENSI DASAR
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan, dan berdiskusi
INDIKATOR
2.       Menunjukkan sikap teliti, cermat, tekun, kritis dan bertanggung jawab ketika melakukan pengamatan   makhluk hidup dan benda tak hidup sebagai wujud  implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan, dan berdiskusi
3.       Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
KOMPETENSI DASAR
1.1     Memahami konsep suhu dan penerapanya dalam mekanisme menjaga kestabilan suhu      tubuh pada manusia dan hewan serta dalam kehidupan sehari-hari.
INDIKATOR
1.       Menjelaskan pengertian suhu
2.       Mengidentifikasi jenis-jenis termometer.
3.       Menjelaskan hasil pengamatan dan mengkomunikasikan penyelidikan tentang  peraba sebagai pengukuran.
4.       Trampil dalam melakukan percobaan tentang fungsi  perasa sebagai pengukuran suhu.

C.        TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat:
  1.  Melalui pengamatan lingkungan sekitar, peserta didik dapat mengembangkan  keterampilan   perilaku  rasa  ingin  tahu,  teliti,  jujur,  tekun,  tanggungjawab,  mengagumi keteraturan dan kompleksitas Suhu sebagai ciptaan Tuhan dan  saling menghargai pendapat melalui kegiatan pengamatan, diskusi kelompok.
  2. Melalui pengamatan dapat menyebutkan jenis- jenis termometer.
  3. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian Suhu
  4. Peserta didik terampil dalam menjelaskan hasil pengamatan dan mempresentasikan hasil penyelidikan tentang fungsi perasa sebagai pengukur suhu.
  5. Peserta didik terampil dalam melakukan percobaan tentang fungsi perasa sebagai pengukur suhu.
D.        MATERI
         1)  Suhu menyatakan derajat panas benda.
2) Secara mikroskopik, suhu berkaitan dengan gerak partikel-partikel penyusun benda. Untuk benda padat, berupa getaran atom-atom/ molekul-molekul penyusun benda. Semakin cepat getaran partikel- partikel benda, berarti suhu benda semakin tinggi, dan sebaliknya
3) Pengukuran suhu dengan termometer memanfaatkan prinsip kesetimbangan termal: energi panas akan pindah dari benda bersuhu tinggi ke benda bersuhu rendah, hingga tingkat panas keduanya sama


   Perubahan volume gas pada tekanan tetap. Ingat hukum Boyle-Gay Lussac:   Jadi, jika suhu naik, maka volume gas akan naik asalkan tekanan tetap. Digunakan untuk termometer gas.

   Perubahan resistivitas: secara umum, semakin tinggi suhu benda maka hambatan listriknya semakin besar. Digunakan untuk termometer hambatan listrik
   Perubahan warna kristal cair tertentu: jika suhu berubah, warna kristal berubah. Digunakan untuk termometer suhu badan yang lebih praktis.
   Perubahan warna benda pijar: semakin panas, warna akan bergeser ke arah ungu. Digunakan untuk pirometer optis.
Jenis-jenis  termometer dalam kehidupan sehari-hari:
1.       Termometer klinis
2.       Termometer dinding
3.       Termometer maksimum minimum.

E.         PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1.  Pendekatan                        :  Scientific
2.  Metode                                :  Diskusi dan eksperiment
3.  Model                                    :  Discovery Learning
F.         MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.  Media
     Lingkungan , Film , Laptop, LCD 
2.       Alat dan Bahan
Baskom 3,air panas,air biasa,air es.
3.   Sumber Belajar
Buku  IPA SMP kelas VII, Puskurbuk 2013,Internet. 
G.       KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Pertemuan Kedua ( 2 JP)
Kegiatan
Langkah-Langkah Model Discovery
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Pendahu
Luan
a.Orientasi

b.Memotivasi




c.Apersepsi
d.Menyampaikan tujuan
a.Guru membuka salam kemudian mengabsen   siswa

b.Guru memotivasi siswa dengan memegang dahi telinga temannya dengan punggung tangan kemudian guru mengajukan pertanyaan :
Apa yang kalian rasakan?
Dapatkah indera peraba untuk mengukur suhu.



 c. Guru menunjukkan contoh-contoh       termometer
 d.     Guru Menyampaikan tujuan pembelajaran
10 menit
Kegiatan Inti
a.Mengamati

b.Menanya


c.Menalar


d.Mencoba

e.Membentuk
jaringan

a.Kelompok diskusi untuk mengaji LKS dan menperhatikan air panas,air sumur dan air dingin.

  b. Siswa menanyakan apakah indera peraba dapat membedakan suhu air panas,air sumur,air dingin.


 c. Siswa membandingkan suhu air sumur dengan kedua tangan setelah kedua tangan dicelupkan pada air panas dan air dingin.
      d.    Siswa dapat mengamati dan mencatat data untuk mengisi jawaban pada lks.
      e.   Guru mempersilahkan salah satu kelompok mempresentasikan hasil percobaan.
      f.    Siswa berdiskusi untuk membuat kesimpulan.

60 menit
Penutup
a. Kesimpulan
b. Refleksi
c. Evaluasi
d. Usaha tindak lanjut
a. Siswa dan guru bersama-sama membuat kesimpulan.
b.   Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang baik.
c.   Guru memberikan tes akhir
d.   Guru memberikan tugas agar siswa mencari informasi tentang penggunaan termometer.
10 menit

H. PENILAIAN
1.                          Metode dan bentuk instrumen
METODE
BENTUK EKSPERIMEN

  1. Sikap,Ketrampilan.
  2. Tes tertulis untuk mengukur kemampuan kognitif


Ø  Lembar pengamatan sikap,Ketrampilan dan rubrik
Ø  Tes uraian  dan pilihan ganda







a.       Penilaian sikap individu
b.      Lembar Pengamatan Sikap
Lembar PENILAIAN DIRI SIKAP DISIPLIN
Nama Peserta Didik          :....................................................
Kelas                                       :....................................................
Materi Pokok                       :....................................................
Tanggal                                   :....................................................

Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh peserta didik untuk menilai sikap disiplin diri peserta didik.Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang kamu miliki sebagai berikut:
Ya             = apabila kamu menunjukkan perbuatan sesuai pernyataan
Tidak       = apabila kamu tidak menunjukkan perbuatan sesuai.

Nama Peserta Didik          :.........................................................
Kelas                                       :.........................................................
Tanggal Pengamatan        :.........................................................
Materi Pokok                       :.........................................................
NO
Sikap yang di amati
Melakukan
Ya
Tidak
1.
Saya masuk kelas tepat waktu


2.
Saya mengumpulkan tugas tepat waktu


3.
Saya memakai seragam sesuai tata tertib


4.
Saya memberikan tugas yang diberikan


5.
Saya tertib dalam mengikuti pembelajaran


6.
Saya mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang di tetapkan


7.
Saya membawa buku tulis sesuai mata pelajaran


8.
Saya membawa buku teks mata pelajaran


Jumlah skor




Petunjuk Penskoran :
Jawaban YA diberi skor 1,dan jawaban TIDAK diberi skor 0
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:

  X 4 = skor akhir


b.Lembar penilaian ketrampilan
      
NO
ASPEK YANG DINILAI
RUBRIK
SKOR
1.
Berkomunikasi
Aktif mengemukakan gagasan menghargai pendapat siswa lain.
Aktif mengemukakan gagasan tetapi kurang menghargai siswa lain.
3

2
2.
Menguasai peran
Menguasai perannya dan mampu membawakan dimuka kelas.
Menguasai perannya tetapi kurang mampu membawakan perannya dimuka kelas.
3

Penilaian
      
NO
Nama
Ketrampilan yang dinilai
Skor
Berkomunikasi
Menguasai peran
3
2
3
2




























      
Penilaian
                       Nilai : Jumlah skor maksimal X 10


                      Tes Tertulis 
                      1. Apakah yang dimaksut dengan suhu?
                      2. Alat apakah yang digunakan untuk mengukur suhu?
                      3. Apakah satuan suhu dalam SI?
                      4. Sebutkan 3 jenis termometer?
                      5. Mengapa indera peraba tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu?
                      Jawaban
1.       Suhu adalah besaran yang menyatakan ukuran derajat panas atau dinginnya benda.
2.       Termometer.
3.       Kelvin.
4.       Termometer klinis, Termometer dinding,Termometer maximum dan minimum.
5.       Karena indera peraba tidak dapat mengukur suhu secara tepat dan handal(hasilnya berbeda-beda).
Rubrik Penilaian.
Setiap soal yang benar mempunyai skor 10
Nilai Akhir = Skor X 2
                     = 100

LEMBAR KEGIATAN SISWA
I.TUJUAN
Siswa dapat membandingkan suhu air panas,air sumur,dan air dingin dengan menggunakan tangan.
                       II. Alat dan Bahan
                                Baskom 3 buah , air panas,air sumur,air dingin.
                       III.Langkah-langkah
1.       Isi baskom 3 dengan air panas,air sumur,air dingin.
2.       Masukan tangan ke dalam baskom 1 apa yang kamu rasakan catat dalam tabel pengamatan.
3.       Masukan tangan ke dalam baskom 2 apa yang kamu rasakan catat dalam tabel pengamatan.
4.       Masukan tangan ke dalam baskom 3 apa yang kamu rasakan catat dalam tabel pengamatan.
5.       Masukan tangan kanan ke dalam baskom (air panas) tangan kiri (air dingin) ke baskom 3 kemudian masukkan secara bersama-sama tangan kanan dan ke baskom 2 (air sumur/biasa),apa yang dirasakan tangan kanan dan kiri catat dalam tabel pengamatan.





 IV. Tabel Pengamatan.
                      Data Pengamatan 1
NO
Baskom
Hasil pengamatan
1.


2.


3.


                     
                      Data Pengamatan 2
                     
No
Yang dirasakan tangan kanan(baskom1)
Yang dirasakan tangan kiri (baskom 3)
Yang dirasakan tangan kanan dan tangan kiri

















V. Pertanyaan
                      1. Dari data 1, bagaimanakah suhu air panas pada baskom 1 dibandingkan dengan suhu cair pada baskom ke 2.
                      2. Dari data 1, bagaimanakah suhu air pada baskom 2 dibandingkan dengan suhu air pada baskom ke 3.
                      3. Dari data 2, Apakah tangan kanan dan tangan kiri setelah dimasukan ke baskom 2 merasakan suhu yang sama?mengapa demikian?
                  

Pengembangan Kompetensi Fitur Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di Platform Merdeka Mengajar

  Pada tanggal 19 Desember 2023 GTK Kemdikbudristek telah merilis Fitur Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di Platform Merdeka Meng...