RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PERT 3
Satuan pendidikan : Sekolah Menengah
Pertama
Mata Pelajaran : ΙPA
Topik :
Kalor dan Perubahannya
Sub Topik : Kalor
dan Perubahan Wujud
Alokasi Waktu : 2 x
40 menit
Kelas/Semester : VII/2
A. Kompetensi Inti
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang
B. KOMPETENSI DASAR
DAN INDIKATOR
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1
|
1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas
ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan
kimiawi , kehidupan dalam ekosistem , dan peranan manusia dalam
lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
|
2
|
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu, objektf, jujur, teliti, cermat,
tekun,hati-hati,bertanggung jawab, terbuka, kreatif, inovatif dan peduli
lngkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam
melakukan percobaan dan berdiskusi.
|
|
3
|
3.7.Memahami konsep suhu, pemuaian,
kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam mekanisme menjaga kestabilan
suhu tubuh pada manusia dan hewan dalam kehidupan sehari-hari
|
.
1.
Peserta didik dapat menentukan kalor
untuk perubahan wujud.
|
4
|
4.7.Melakukan percobaan untuk
menyelidik suhu dan perubahannya serta pengaruh kalor
terhadap perubahan suhu dan perubahan wujud benda.
|
1.
Peserta didik dapat menyelidiki
karakteristik suhu benda pada saat benda mengalami perubahan wujud.
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Peserta didik dapat menyelidiki karakteristik suhu benda pada saat
benda mengalami perubahan wujud.
2. Peserta didik dapat menentukan kalor untuk perubahan wujud.
D. MATERI
.A. Perpindahan
Kalor
penyelidikan kalor pada perubahan wujud dan pemahaman
tentang kalor untuk perubahan wujud. Beberapa hal yang perlu diperhatikan guru:
1) Perubahan wujud beserta kalor yang diperlukan atau
diserap benda yang berubah wujud dapat dilihat dalam buku pegangan peserta
didik.
2) Beda menguap dan mendidih:
a) Menguap dapat terjadi pada sembarang suhu, perubahan
dari fase cair ke gas terjadi pada permukaan zat cair. b) Mendidih terjadi pada
suhu tertentu, yakni pada titik didihnya (dipengaruhi tekanan udara pada zat
cair itu), perubahan dari fase cair ke gas terjadi pada seluruh bagian zat
cair. Di permukaan laut, air mendidih pada suhu 100oC, titik didih semakin
mengecil seiring ketinggian (tekanan udara semakin kecil).
c) Sebenarnya, suhu bukan faktor penentu peristiwa
mendidih, namun tekananlah faktor penentunya. Bisa jadi, saat suhu turun,
terjadi peristiwa mendidih. Perhatikan percobaan berikut ini:
• Masukkan air ke labu elenmeyer, didihkan!
• Matikan api, sumbat rapat-rapat mulut labu, siram labu
dengan air es. Amati air di dalam labu!
• Miskonsepsi: banyak peserta didik menganggap bahwa
proses perubahan wujud dan kenaikan suhu berlangsung simultan, artinya benda
yang berubah wujudnya bisa saja suhunya berubah
Perubahan wujud zat dapat digambarkan secara skematik
|
Mencair Membeku Mengkristal Menyublim
|
|
Berdasarkan diagram
tersebut, zat dari wujud yang satu ke
wujud yang lainnya
dapat dijelaskan sebagai berikut.
1. Membeku yaitu
perubahan wujud zat dari cair ke padat
2. Mencair atau
melebur yaitu perubahan wujud zat dari padat ke cair
3. Mengkristal yaitu
perubahan wujud zat dari gas ke padat
4. Menyublim yaitu
perubahan wujud zat dari padat ke gas
5. Menguap yaitu
perubahan wujud zat dari cair ke gas
6. Mengembun yaitu
perubahan wujud zat dari gas ke cair.
E. PENDEKATAN
STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan :
Scientific
2.
Metode :
kooperatif dan Diskusi
3.
Model :
Discovery-Inquiri – Learning
F. MEDIA, ALAT, DAN
SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media
Lingkungan,Charta,
Laptop, LCD
2.
Alat Dan Bahan
Alat dan bahan: Alat dan bahan
untuk kegiatan penyelidikan:
“Apakah jenis bahan berpengaruh
terhadap konduktivitas bahan?”dan “Mengamati arus konveksi”.
G. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Langkahlangkah model discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
|
Pendahuluan
|
Mencip takan situasi
|
·
Pemusatan perhatian
Untuk memperoleh perhatian dan memotivasi peserta didik
tunjukkanlah demontrasi antara peristiwa konduksi dan
konveksi kemudian mintalah untuk menanggapi peristiwa tersebut.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Pembahasan tugas dan identifikasi
masalah
Pengumpulan
data
Pengolahan
data dan analisis
Verifikasi
Generalisasi
|
Diskusikan pengertian
-
Menyampaikan informasi yang
akan dilakukan yaitu percobaan tentang energi potensial
-
Membagi siswa menjadi 6
kelompok
-
Diskusi kelompok untuk mengkaji
LKS tentang besarnya energi potensial dan hubungan antara energi kimia dengan
energi listrik.
-
Melakukan percobaan energi
potensial dan hubungan antara energi kimia dan energi listrik
-
Siswa mengamati percobaan dan
mencatat data pengamatan
Siswa mengolah
dan menganalisis data dari setiap percobaan dan menjawab setiap pertanyaan yang ada pada LKS
-
Presentasi hasil percobaan
-
Diskusi data hasil percobaan
-
Membuat kesimpulan tentang
Energi potensial dan hubungan antara energi kimia dan energi listrik
Pemberian
reward atau penhgargaan pada peserta didik
|
50 menit
|
Penutup
|
-
Siswa dan guru mereview hasil
kegiatan pembelajaran
-
Guru memberikan reward atau
penghargaan (misalnya pujian atau penghargaan lain yang relevan) kepada
kelompok yang bekerja baik
-
Siswa menjawab kuis tentang
energi
-
Pemberian tugas untuk
mempelajari energi dalam kehidupan sehari-hari.
|
20 menit
|
H. PENILAIAN
1.
Metode dan Bentuk Instrumen
Metode
|
Bentuk
Instrumen
|
Sikap
|
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
Tes Unjuk Kerja
|
Tes Penilaian Unjuk Kerja
|
Tes Tertulis
|
Tes Uraian
|
1.
Instrument
a.
Lembar Pengamatan Sikap
-
Pengamatan Perilaku Ilmiah
No
|
Aspek
yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Rasa ingin tahu
|
||||
2
|
Ketelitian dan keseriusan dalam konveksi
dan konduksi
|
||||
3
|
Ketekunan dan tanggung jawab dalam
belajar dan bekerja baik secara individu atau kelompok
|
||||
4
|
Ketrampilan saat presentasi
|
-
Rubrik Penilaian Perilaku
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Menunjukkan rasa ingin tahu
|
3: Menunjukkan rasa ingin tahu yang besar,
antusias, aktif
dalam melakukan kegiatan kelompok
2: Menunjukkan rasa ingin tahu tetapi tidak
terlalu
antusias, baru terlibat aktif setelah
disuruh
1: Tidak menunjukkan antusias dalam konveksi
dan konduksi, sulit terlibat aktif
meskipun telah didorong untuk aktif
|
2
|
Ketelitian dan hati hati
|
3: Melakukan konveksi dan konduksi sesuai
prosedurdan serius
2: Melakukan konveksi dan konduksi sesuai
prosedur setelah diberi petunjuk
1: Tidak melakukan konveksi dan konduksi,
sulit terlibat aktif meskipun telah didorong untuk aktif.
|
3
|
Ketekunan dan tanggung jawab dalam
belajar dan bekerja baik secara individumaupun kelompok
|
3: Tekun menyelesaikan tugas sampai akhir
konveksi dan konduksi, dan tepat waktu
2: Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan
tugas kelompok
1: Tidak berupaya sungguh sungguh untuk
menyelesaikan tugas
|
4
|
Berkomunikasi
|
3: Dapat mempresentasikan dasil konveksi dan
konduksi besaran dengan baik dan benar
2:Berupaya
sungguh sungguh untuk
presentasi, meskipun belum sempurna
1:Tidak
melakukan presentasi ,meskipun disuruh maju oleh Guru
|
SOAL URAIAN
1. Berapa kalor yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu 500
g air, dari suhu mulamula
20oC
menjadi 100oC ?
KUNCI JAWABAN
.1 Massa air 500
gram
Kalor jenis air (lihat Tabel 8.1) 20 0C
Kenaikan suhu air . 100 0C
Tanya Q
Q = m.C.
= 0,5 X 80X4184
=167360 j
RUBRIK
PENILAIAN URAIAN
No
|
Uraian
|
Skor
|
1
|
Jika jawaban dijawab
dengan benar
|
5
|
2
|
Jika jawaban dijawab dengan
benar
|
5
|
Total
|
10
|
NILAI = TOTAL SKOR
X 10