RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PERT 4
Satuan pendidikan : Sekolah Menengah
Pertama
Mata Pelajaran : ΙPA
Topik : Suhu dan
Perubahannya
Sub Topik :
Pemuaian panjang luas dan volume
Alokasi Waktu : 3 x
40 menit
Kelas/Semester : VII/2
A. Kompetensi Inti
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang
B. KOMPETENSI DASAR
DAN INDIKATOR
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1
|
1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas
ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan
kimiawi , kehidupan dalam ekosistem , dan peranan manusia dalam
lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
|
2
|
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu, objektf, jujur, teliti, cermat,
tekun,hati-hati,bertanggung jawab, terbuka, kreatif, inovatif dan peduli
lngkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam
melakukan percobaan dan berdiskusi.
|
|
3
|
3.7.Memahami konsep suhu, pemuaian,
kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam mekanisme menjaga kestabilan
suhu tubuh pada manusia dan hewan dalam kehidupan sehari-hari
|
1.
Peserta didik membedakan konduksi dan konveksi.
2.
Peserta didik menjelaskan contoh peristiwa konduksi
dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Peserta didik menjelaskan contoh cara pemanfaatan
konduksi, konveksi, dan radiasi dalam kehidupan sehari-hari.
|
4
|
4.7.Melakukan percobaan untuk
menyelidik suhu dan perubahannya serta pengaruh kalor
terhadap perubahan suhu dan perubahan wujud benda.
|
1.
Peserta didik
dapat menyelidiki pengaruh jenis bahan terhadap kemampuan menghantarkan kalor
pada peristiwa konduksi.
|
|
|
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Peserta didik
dapat menyelidiki pengaruh jenis bahan terhadap
kemampuan menghantarkan kalor pada
peristiwa konduksi.
2. Peserta didik membedakan konduksi dan
konveksi.
3. Peserta didik menjelaskan contoh konduksi
dalam kehidupan sehari-hari.
4. Peserta didik menjelaskan contoh konveksi
dalam kehidupan sehari-hari.
D. MATERI
.A. Perpindahan
Kalor
Kalor berpindah dari benda bersuhu tinggi ke benda bersuhu rendah. Bagaimanakah caranya?
1. Konduksi
Saat kamu menyetrika, setrika yang panas bersentuhan dengan kain yang
kamu setrika. Kalor berpindah dari setrika ke kain. Perpindahan kalor
seperti ini
disebut konduksi. Perhatikan mekanisme perpindahan kalor secara konduksi
pada
Mengapa panas setrika sampai pada baju yang disetrika? Jaringan fibrinogen Sel darah merah
Saat suhu naik, partikel benda bergetar lebih cepat Kalor perpindah, partikel tidak ikut berpindah
partikel itu membentur tetangganya, sehingga tetangganya bergetar makin
cepat; suhu makin tinggi
Bagaimanakah perpindahan kalor secara konduksi dapat berlangsung?
Konduksi merupakan perpindahan panas melalui bahan tanpa disertai
perpindahan partikel-partikel bahan itu.
Apakah jenis bahan berpengaruh terhadap konduktivitas bahan?
1. Siapkan sendok kayu, sendok
logam, dan sendok plastik yang berukuran hampir
sama.Tempelkan paku payung pada pegangan sendok-sendok tersebut dengan
menggunakan mentega!
2. Berdirikan sendok-sendok
tersebut pada gelas beker atau panci. Jika mentega
meleleh, paku payung akan jatuh. Ramalkan urutan jatuhnya paku payung
tersebut jika air panas dimasukkan ke dalam gelas beker!
3. Masukkan air panas ke dalam
gelas beker tersebut! Amatilah urutan jatuhnya
paku payung! Apakah tiap-tiap kelompok dalam kelasmu memperoleh hasil
yang
sama?
Analisis:
Berdasarkan data pengamatanmu, jawab permasalahan dalam penyeli1.
Pemuaian Zat Padat Benda yang jenisnya berbeda memiliki kemampuan menghantarkan panas
secara
konduksi (konduktivitas) yang
berbeda pula. Bahan yang mampu menghantarkan
panas dengan baik disebut
konduktor. Konduktor buruk disebut isolator. Seperti hasil
percobaanmu, logam termasuk
konduktor. Kayu dan plastik termasuk isolator.
Berbagai peralatan rumah tangga
memanfaatkan sifat konduktivitas bahan.
Timbal air bata kayu stirofom
udara hampa baja aluminium emas tembaga perak
Contoh Konduktor
Contoh Isolator
Kemampuan menghantarkan kalor
semakin baik Kemampuan menghantarkan kalor semakin buruk Gambar 8.11
Bahan-bahan Konduktor dari isolator panas
Peralatan memasak yang
bersentuhan dengan api menggunakan konduktor
yang baik, sedangkan
pegangannya menggunakan isolator yang baik.
Gambar 8.12
Peralatan rumah tangga yang
memanfaatkan sifat
konduktivitas bahan. Kayu alumunium Panas kopi dapat bertahan cukup lama di
gelas kaca karena gelas merupakan isolator
yang baik. Dapatkah kamu memberikan ide bagaimana agar panas kopi tersebut bertahan lebih lama lagi? Dokumen
penulis
2. Konveksi
Air merupakan konduktor yang buruk. Namun,
ketika air bagian bawah dipanaskan, ternyata air bagian atas juga ikut panas.
Berarti, ada cara perpindahan panas yang lain pada air tersebut, yaitu
konveksi.
Arus Konveksi
Saat air bagian bawah mendapatkan kalor dari pemanas, air
memuai sehingga menjadi lebih ringan dan
bergerak naik dan digantikan dengan air dingin dari bagian atas. Dengan cara ini, panas dari air bagian bawah
berpindah bersama aliran air
menuju bagian atas. Proses ini disebut konveksi. Pola
aliran air membentuk arus konveksi.
Arus konveksi dapat kamu temui di pantai,
berupa angin laut dan angin darat. Konveksi dimanfaatkan pada berbagai
peralatan. Berikut contohnya: Elemen pemanas oven, pemanggang roti, magic
jar, dan lain-lain biasanya terletak di bagian bawah. Saat difungsikan,
udara bagian bawah akan menjadi lebih panas dan bergerak naik, sedangkan udara
bagian atas yang lebih dingin akan bergerak turun. Pada peralatan tertentu
seperti pengering rambut (hair dryer), aliran konveksi dibantu (atau
dipaksa) dengan menggunakan kipas.
Oven Pengering
rambut
E. PENDEKATAN
STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan :
Scientific
2.
Metode :
kooperatif dan Diskusi
3.
Model :
Discovery-Inquiri – Learning
F. MEDIA, ALAT, DAN
SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media
Lingkungan,Charta,
Laptop, LCD
2.
Alat Dan Bahan
Alat dan bahan: Alat dan bahan
untuk kegiatan penyelidikan:
“Apakah jenis bahan berpengaruh
terhadap konduktivitas bahan?”dan “Mengamati arus konveksi”.
G. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Langkahlangkah model discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
|
Pendahuluan
|
Mencip takan situasi
|
·
Pemusatan perhatian
Untuk memperoleh perhatian dan memotivasi peserta didik
tunjukkanlah demontrasi antara peristiwa konduksi dan
konveksi kemudian mintalah untuk menanggapi peristiwa tersebut.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Pembahasan tugas dan identifikasi
masalah
Pengumpulan
data
Pengolahan
data dan analisis
Verifikasi
Generalisasi
|
Diskusikan pengertian
-
Menyampaikan informasi yang
akan dilakukan yaitu percobaan tentang energi potensial
-
Membagi siswa menjadi 6
kelompok
-
Diskusi kelompok untuk mengkaji
LKS tentang besarnya energi potensial dan hubungan antara energi kimia dengan
energi listrik.
-
Melakukan percobaan energi
potensial dan hubungan antara energi kimia dan energi listrik
-
Siswa mengamati percobaan dan
mencatat data pengamatan
Siswa mengolah
dan menganalisis data dari setiap percobaan dan menjawab setiap pertanyaan yang ada pada LKS
-
Presentasi hasil percobaan
-
Diskusi data hasil percobaan
-
Membuat kesimpulan tentang
Energi potensial dan hubungan antara energi kimia dan energi listrik
Pemberian
reward atau penhgargaan pada peserta didik
|
50 menit
|
Penutup
|
|
-
Siswa dan guru mereview hasil
kegiatan pembelajaran
-
Guru memberikan reward atau
penghargaan (misalnya pujian atau penghargaan lain yang relevan) kepada
kelompok yang bekerja baik
-
Siswa menjawab kuis tentang
energi
-
Pemberian tugas untuk
mempelajari energi dalam kehidupan sehari-hari.
|
20 menit
|
H. PENILAIAN
1.
Metode dan Bentuk Instrumen
Metode
|
Bentuk
Instrumen
|
Sikap
|
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
Tes Unjuk Kerja
|
Tes Penilaian Unjuk Kerja
|
Tes Tertulis
|
Tes Uraian
|
1.
Instrument
a.
Lembar Pengamatan Sikap
-
Pengamatan Perilaku Ilmiah
No
|
Aspek
yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Rasa ingin tahu
|
|
|
|
|
2
|
Ketelitian dan keseriusan dalam konveksi
dan konduksi
|
|
|
|
|
3
|
Ketekunan dan tanggung jawab dalam
belajar dan bekerja baik secara individu atau kelompok
|
|
|
|
|
4
|
Ketrampilan saat presentasi
|
|
|
|
|
-
Rubrik Penilaian Perilaku
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Menunjukkan rasa ingin tahu
|
3: Menunjukkan rasa ingin tahu yang besar,
antusias, aktif
dalam melakukan kegiatan kelompok
2: Menunjukkan rasa ingin tahu tetapi tidak
terlalu
antusias, baru terlibat aktif setelah
disuruh
1: Tidak menunjukkan antusias dalam konveksi
dan konduksi, sulit terlibat aktif
meskipun telah didorong untuk aktif
|
2
|
Ketelitian dan hati hati
|
3: Melakukan konveksi dan konduksi sesuai
prosedurdan serius
2: Melakukan konveksi dan konduksi sesuai
prosedur setelah diberi petunjuk
1: Tidak melakukan konveksi dan konduksi,
sulit terlibat aktif meskipun telah didorong untuk aktif.
|
3
|
Ketekunan dan tanggung jawab dalam
belajar dan bekerja baik secara individumaupun kelompok
|
3: Tekun menyelesaikan tugas sampai akhir konveksi
dan konduksi, dan tepat waktu
2: Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan
tugas kelompok
1: Tidak berupaya sungguh sungguh untuk
menyelesaikan tugas
|
4
|
Berkomunikasi
|
3: Dapat mempresentasikan dasil konveksi dan
konduksi besaran dengan baik dan benar
2:Berupaya
sungguh sungguh untuk
presentasi, meskipun belum sempurna
1:Tidak
melakukan presentasi ,meskipun disuruh maju oleh Guru
|
SOAL URAIAN
1.
Apakah konduktor itu? Beri 5 contoh konduktor?
2. Apakah isolator itu? Beri 5 contoh
isolator?
KUNCI JAWABAN
.1.
Bahan yang mampu menghantarkan panas dengan baik disebut konduktor.
Baja, aluminium ,emas
,tembaga, perak
2.
Konduktor
buruk disebut isolator. Seperti hasil
percobaanmu, logam termasuk konduktor.
Kayu dan plastik termasuk isolator. bata ,kayu ,stirofom ,udara, hampa
RUBRIK
PENILAIAN URAIAN
No
|
Uraian
|
Skor
|
1
|
Jika jawaban dijawab
dengan benar
|
5
|
2
|
Jika jawaban dijawab dengan
benar
|
5
|
Total
|
10
|
NILAI = TOTAL SKOR
X 10