Monday 23 November 2020

Klasifikasi Hewan (Animalia)

 

Klasifikasi Hewan

(Animalia)

 

Karunia yang sangat besar dari Allah, Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan begitu banyak makhluk hidup, dari yang berukuran besar sampai yang berukuran kecil atau sangat kecil. Salah satu makhluk hidup tersebut adalah hewan. Ada banyak sekali jenis hewan yang ada di alam ini. Kalau kamu disuruh menghitung, mungkin tidak akan sanggup, karena banyaknya.

Secara umum hewan dapat dikelompokkan berdasarkan ada tidaknya ruas tulang belakang menjadi dua kelompok, yaitu hewan yang memiliki tulang belakang (Vertebrata) dan hewan yang tidak memiliki tulang belakang (Avertebrata/Invertebrata).

Ada perbedaan struktur tubuh hewan bertulang belakang (Vertebrata) dan hewan tak bertulang belakang (Avertebrata/Invertebrata). Pada rangka tubuh Vertebrata terletak di dalam (endoskeleton), sedangkan Avertebrata terletak di luar (eksoskeleton). Vertebrata memiliki ruas-ruas tulang belakang, sedangkan Avertebrata tidak memiliki ruas-ruas tulang belakang. Letak susunan saraf pada Vertebrata membentang di atas saluran pencernaan, sedangankan Avertebrata terletak di bawah saluran pencernaan.

Vertebrata dikelompokkan menjadi lima kelompok, yaitu kelompok ikan (Pisces), kelompok hewan dua alam (Amphibia), kelompok hewan melata (Reptilia), kelompok burung (Aves), dan kelompok hewan menyusui (Mammalia).  

Avertebrata dikelompokkan menjadi enam kelompok, yaitu hewan berpori (Porifera), hewan berongga (Coelenterata), hewan cacing (Vermes), hewan lunak (Mollusca), hewan berbuku-buku (Arthropoda), dan hewan berkulit duri (Echinodermata).

Sumber:

Kadaryanto, Wijaya Jati, Sri Sarmini, dan Teguh Sasmito. 2012. Sains Biologi 1. Bogor: Yudhistira.

Wahono Widodo, Fida Rachmadiarti, dan Siti Nurul Hidayati. 2016. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kemdikbud.


SOAL DAN JAWABAN STRUKTUR BUMI DAN PERKEMBANGANNYA IPA KELAS 8 KURMER

  Struktur Bumi dan Perkembangannya   1.      Ilmu Geologi merupakan cabang-cabang ilmu Sains yang mempelajari tentang bumi dan perubaha...