Jawaban Pre Test –
Bimtek PPSPPI
Soal pre-test terdiri atas
25 soal pilihan ganda dengan 4 opsi jawaban. Anda diminta untuk menjawab
seluruh soal dalam waktu 50 menit. Jika waktu yang disediakan sudah habis
jawaban akan terkirim otomatis.
Pertanyaan-pertanyaan ini
akan membantu proses belajar Anda untuk mengukur kondisi diri sebelum mengikuti
aktivitas-aktivitas dalam pelatihan ini, pada akhirnya perolehan hasil pre-test
dapat Anda bandingkan dengan perolehan hasil post test.
Silakan perhatikan tiap butir soal dengan baik.
Petunjuk
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan memilih salah satu opsi jawaban
yang dianggap paling benar!
Selamat belajar, dan
silakan menuju ke pre test
Klik tautan Soal Pre-test di bawah ini!
Soal Pre-test
Ibu Oni guru kelas 3 SD melakukan identifikasi hambatan belajar peserta didiknya. Ia memperoleh data dan informasi bahwa salah satu peserta didiknya (Yuda) sering terlihat sedih, cemas, dan nampak seperti kehilangan minat. Informasi dari orang tuanya, Yuda juga tidak suka bergaul dengan saudara-saudaranya, lebih sering mengurung dirinya di kamar, dan mudah tersinggung (marah).
Dari data dan informasi
tersebut, Ibu Oni berkesimpulan Yuda mengalami hambatan ….
kesulitan belajar
lamban belajar
perilaku sosial
mengendalikan
emosi
Sebuah desain universal
secara umum harus memenuhi kriteria berikut.
Usable, Adaptable, dan
Accessible
Inclusion,
Usable, dan Accessible
Adaptable, Usable, dan
Accessible
Accessible, Adaptable,
dan Inclusion
Fajri duduk di kelas 4 SD.
Ketika disuruh membaca, ia mengalami banyak kesulitan, sering mengulang,
terlihat berusaha keras untuk mengeja, kesulitan dalam membedakan huruf b, p,
dan q, dan tidak memahami apa yang dibaca. Fajri juga lamban dalam belajar
bahasa dan memiliki kosa kata yang terbatas.
Berdasarkan data dan
informasi tersebut, Fajri mengalami kesulitan belajar spesifif, yaitu:
Diskalkulia
Disgrafia
Disleksia
Disfraksia
Universal Design for
Learning (UDL)
dikembangkan berdasarkan ilmu berikut yaitu:
Ilmu neurologi,
psikologi sosial dan keberagaman peserta didik.
Ilmu
neurologi, psikologi perkembangan dan keberagaman cara belajar
Ilmu neurologi,
psikologi perkembangan dan psikologi sosial.
Ilmu neurologi,
psikologi perkembangan dan keberagaman peserta didik.
Berikut strategi
pembelajaran yang tepat saat berhadapan dengan peserta didik yang mengalami
hambatan bicara.
- Posisikan wajah anda menyamping
dengan peserta didik ketika berkomunikasi dengannya.
- Memberikan contoh membuat kalimat
yang benar.
- Ajarkan model-model alternatif
untuk bisa berbicara.
- Ajukan pertanyaan secara tertulis
dengan pertanyaan yang bisa dijawab oleh peserta didik yang bersangkutan.
[2] dan [4]
[1] dan [3]
[1] dan [2]
[2] dan [3]
Berikut adalah tiga
prinsip dari UDL, kecuali:
Menyediakan berbagai
cara keterlibatan untuk mendukung pembelajaran afektif
Menyediakan berbagai
cara tindakan dan ekspresi untuk mendukung cara belajar yang membelajarkan
peserta didik
Menyediakan berbagai
sarana yang representatif untuk mendukung cara kita memberikan makna pada
pembelajaran
Menyediakan
berbagai cara untuk mengevaluasi serta menilai peserta didik sesuai kemampuan
mereka
Jaringan recognition dalam
otak berfungsi untuk ….
mengetahui tentang
“mengapa” dalam pembelajaran
mengetahui
tentang “apa” dalam pembelajaran
mengetahui tentang
“bagaimana” dalam pembelajaran
mengetahui tentang
“dimana” dalam pembelajaran
Berikut adalah pernyataan
yang tepat tentang identifikasi hambatan belajar peserta didik, yaitu:
Menentukan jenis
disabilitas seperti peserta didik yang autis, lamban belajar, dan jenis
disabilitas lainnya.
Memudahkan guru dalam
melakukan pengelompokan peserta didik ketika melaksanakan pembelajaran di
kelasnya.
Melihat
hambatan yang dialami oleh peserta didik dalam aktivitas dan berpartisipasi di
kelas atau di lingkungan sekolahnya.
Sebagai pedoman dalam
menentukan kebijakan sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan inklusif.
Dimensi model evaluasi
CIPPO yang berfungsi untuk menggambarkan dan merinci keterkaitan dengan
lingkungan, kebutuhan yang belum terpenuhi, siapa yang dilayani, dan tujuan
program adalah ….
context
outcome
product
input
Berikut ini adalah cara
untuk menilai kemajuan peserta didik di kelas inklusif.
1. Penyesuaian skala
penilaian
2. Observasi informal
3. Peserta didik menilai
diri sendiri
4. Menggunakan format tes
baku
Manakah yang sesuai?
[4]
saja
[2]
dan [4]
[1]
dan [2]
[1] [2] dan [3]
Perhatikan gejala-gejala
fungsional peserta didik berikut ini!
1.Sering menampilkan
perilaku repetitif (berulang-ulang) seperti bergoyang, melambai atau mengepak;
2.sangat fokus pada
hal-hal yang tidak pantas;
3.terobsesi pada topik
pembicaraan tertentu;
4.tidak dapat memperbaiki
pertemanan;
5.terpaku pada pengalaman
sensorik tertentu, misalnya lampu atau tekstur.
Apabila anak mengalami
gejala seperti di atas, maka patut diduga mengalami kesulitan ….
lamban belajar
kesulitan
belajar
mengendalikan
emosi
interaksi perilaku
Asesmen untuk mengetahui
kondisi awal peserta didik baik secara kognitif maupun nonkognitif. Manakah
yang sesuai dengan pernyataan tersebut?
Asesmen diagnostik
Asesmen
sumatif
Asesmen
berkelanjutan
Asemen
formatif
Metode atau strategi
pembelajaran umum yang diberlakukan untuk peserta didik reguler tidak
diterapkan untuk peserta didik penyandang disabilitas. Peserta didik tersebut
memperoleh strategi pembelajaran khusus yang sesuai dengan kondisi, hambatan,
dan kebutuhannya. Definisi tersebut merupakan penjelasan dari modifikasi ….
tujuan
pembelajaran
materi
pembelajaran
proses pembelajaran
penilaian
pembelajaran
Terdapat perubahan dalam
sistem penilaian hasil belajar yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan
peserta didik penyandang disabilitas. Dengan kata lain peserta didik tersebut
menjalani sistem penilaian yang berbeda dengan peserta didik reguler. Perubahan
tersebut bisa berbentuk penyesuaian soal, perubahan alokasi waktu, teknik/cara
penilaian, atau tempat penilaian. Definisi tersebut merupakan penjelasan dari
modifikasi ….
tujuan
pembelajaran
materi
pembelajaran
proses
pembelajaran
penilaian pembelajaran
Model evaluasi CIPPO
dimensi yang digunakan untuk mengukur, menginterpretasikan dan menilai
pencapaian program disebut ….
input
context
product
outcome
Universal Design for
Learning (UDL) salah satunya dikembangkan berdasarkan penelitian mengenai tiga
jaringan yang terlibat ketika seseorang belajar yaitu:
affective, recognition dan strategic
cognitive,
psychomotor dan didactic
affective,
psychomotor dan strategic
cognitive,
recognition dan didactic
Manakah strategi yang
tepat saat berhadapan dengan peserta didik yang mengalami hambatan pendengaran.
1.Berhadapan dengan
peserta didik saat berbicara kemudian berbicara seperti biasa.
2.Pertimbangkan
menggunakan bahasa isyarat baku.
3.Pastikan Anda mendapat
perhatian peserta didik sebelum berbicara.
4. Halangi bayangan wajah
Anda saat berkomunikasi dengan peserta didik.
[2]
dan [3]
[1] dan [3]
[1]
dan [2]
[2]
dan [4]
Assesment of Learning
merupakan sebutan lain untuk jenis asesmen ….
diagnostik
sumatif
berkelanjutan
formatif
Tujuan pembelajaran pada
kurikulum sekolah reguler diubah dan disesuaikan dengan kondisi peserta didik
penyandang disabilitas. Konsekuensinya, rumusan kompetensi untuk peserta didik
tersebut berbeda dengan peserta didik lainnya, penyesuaian yang berkaitan
dengan KI dan KD merupakan bentuk adaptasi ….
tujuan pembelajaran
materi
pembelajaran
proses
pembelajaran
penilaian
pembelajaran
Jaringan recognition dalam
otak berfungsi untuk ….
mengetahui
tentang “dimana” dalam pembelajaran
mengetahui
tentang “bagaimana” dalam pembelajaran
mengetahui
tentang “mengapa” dalam pembelajaran
mengetahui tentang “apa” dalam pembelajaran
Berikut adalah tiga
prinsip dari UDL, kecuali:
Menyediakan
berbagai cara tindakan dan ekspresi untuk mendukung cara belajar yang
membelajarkan peserta didik
Menyediakan
berbagai sarana yang representatif untuk mendukung cara kita memberikan makna
pada pembelajaran
Menyediakan
berbagai cara keterlibatan untuk mendukung pembelajaran afektif
Menyediakan berbagai cara untuk mengevaluasi serta menilai peserta
didik sesuai kemampuan mereka
Mengganti sesuatu yang ada
dalam kurikulum umum dengan sesuatu yang lain. Penggantian dilakukan karena hal
tersebut tidak mungkin dilakukan oleh peserta didik penyandang disabilitas
tetapi masih bisa diganti dengan hal lain yang sama bobotnya dengan yang
digantikan. Penjelasan tersebut merupakan definisi dari model adaptasi
kurikulum, yaitu ….
model substitusi
model
modifikasi
model
eskalasi
model
omisi
Berhadapan dengan peserta
didik yang mengalami hambatan fisik, strategi manakah yang paling tepat untuk
anda lakukan?
Menghindari melakukan sesuatu yang berlebihan atau terlalu
melindungi peserta didik dengan hambatan fisik.
Dalam
pemberian tugas, peserta didik dengan hambatan fisik diberikan waktu yang sama
dengan peserta didik yang tidak memiliki hambatan.
Untuk
membantunya, fokus pada apa yang peserta didik butuhkan, bukan pada apa yang
mampu dilakukan anak.
Selalu
memberikan bantuan kepada peserta didik dengan gangguan fisik.
Strategi pembelajaran
dalam setting pendidikan inklusif berkaitan dengan prinsip-prinsip Universal
Design Learning yakni multiple means of action and expression yang berarti ….
menyediakan
berbagai cara tindakan dan ekspresi untuk mendukung cara belajar yang strategis
menyediakan
berbagai sarana yang representatif untuk mendukung cara kita memberikan makna
pada pembelajaran
menyediakan
Berbagai cara keterlibatan untuk mendukung pembelajaran afektif
mengupayakan ketersediaan berbagai fasilitas agar peserta didik
dapat menunjukkan ekspresinya
Komponen Profil Belajar
Siswa yang menyediakan informasi tentang keterbatasan, kebutuhan, serta
dukungan yang diperlukan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran adalah ….
Komponen
B dan Komponen C
Komponen
C dan Komponen D
Komponen A dan Komponen E
Komponen
A dan Komponen B
Sekolah Penyelenggara Pendidikan
Inklusif menerapkan kurikulum yang berlaku secara nasional yang diadaptasi
sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik penyandang disabilitas. Adaptasi
kurikulum meliputi ….
tujuan,
proses, refleksi, dan tindak lanjut
indikator,
tujuan, proses, dan teknik penilaian
indikator,
tujuan, proses, dan penilaian
tujuan, materi, proses, dan penilaian
Fajri duduk di kelas 4 SD.
Ketika disuruh membaca, ia mengalami banyak kesulitan, sering mengulang,
terlihat berusaha keras untuk mengeja, kesulitan dalam membedakan huruf b, p,
dan q, dan tidak memahami apa yang dibaca. Fajri juga lamban dalam belajar
bahasa dan memiliki kosa kata yang terbatas.
Berdasarkan data dan
informasi tersebut, Fajri mengalami kesulitan belajar spesifif, yaitu:
Diskalkulia
Disgrafia
Disleksia
Disfraksia
Hal yang paling penting
dalam penentuan strategi pembelajaran dalam setting pendidikan inklusif adalah
….
kebutuhan belajar peserta didik
ketersediaan
alat pendukung pembelajaran
kebutuhan
orangtua peserta didik
jenis
hambatan yang dihadapi peserta didik