Sunday, 19 September 2021

Jawaban Pre Test – Bimtek PPSPPI

 


Jawaban Pre Test – Bimtek PPSPPI

Soal pre-test terdiri atas 25 soal pilihan ganda dengan 4 opsi jawaban. Anda diminta untuk menjawab seluruh soal dalam waktu 50 menit. Jika waktu yang disediakan sudah habis jawaban akan terkirim otomatis.

Pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu proses belajar Anda untuk mengukur kondisi diri sebelum mengikuti aktivitas-aktivitas dalam pelatihan ini, pada akhirnya perolehan hasil pre-test dapat Anda bandingkan dengan perolehan hasil post test.
Silakan perhatikan tiap butir soal dengan baik.

Petunjuk
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan memilih salah satu opsi jawaban yang dianggap paling benar!

Selamat belajar, dan silakan menuju ke pre test
Klik tautan Soal Pre-test di bawah ini!

Soal Pre-test

Ibu Oni guru kelas 3 SD melakukan identifikasi hambatan belajar peserta didiknya. Ia memperoleh data dan informasi bahwa salah satu peserta didiknya (Yuda) sering terlihat sedih, cemas, dan nampak seperti kehilangan minat. Informasi dari orang tuanya, Yuda juga tidak suka bergaul dengan saudara-saudaranya, lebih sering mengurung dirinya di kamar, dan mudah tersinggung (marah). 

Dari data dan informasi tersebut, Ibu Oni berkesimpulan Yuda mengalami hambatan ….

kesulitan belajar

lamban belajar

perilaku sosial

mengendalikan emosi

 

Sebuah desain universal secara umum harus memenuhi kriteria berikut.

Usable, Adaptable, dan Accessible

Inclusion, Usable, dan Accessible

Adaptable, Usable, dan Accessible

Accessible, Adaptable, dan Inclusion

 

Fajri duduk di kelas 4 SD. Ketika disuruh membaca, ia mengalami banyak kesulitan, sering mengulang, terlihat berusaha keras untuk mengeja, kesulitan dalam membedakan huruf b, p, dan q, dan tidak memahami apa yang dibaca. Fajri juga lamban dalam belajar bahasa dan memiliki kosa kata yang terbatas.

Berdasarkan data dan informasi tersebut, Fajri mengalami kesulitan belajar spesifif, yaitu:

Diskalkulia

Disgrafia

Disleksia

Disfraksia

 

Universal Design for Learning (UDL) dikembangkan berdasarkan ilmu berikut yaitu:

Ilmu neurologi, psikologi sosial dan keberagaman peserta didik.

Ilmu neurologi, psikologi perkembangan dan keberagaman cara belajar

Ilmu neurologi, psikologi perkembangan dan psikologi sosial.

Ilmu neurologi, psikologi perkembangan dan keberagaman peserta didik.

 

Berikut strategi pembelajaran yang tepat saat berhadapan dengan peserta didik yang mengalami hambatan bicara.

  1. Posisikan wajah anda menyamping dengan peserta didik ketika berkomunikasi dengannya.
  2. Memberikan contoh membuat kalimat yang benar.
  3. Ajarkan model-model alternatif untuk bisa berbicara. 
  4. Ajukan pertanyaan secara tertulis dengan pertanyaan yang bisa dijawab oleh peserta didik yang bersangkutan.

[2] dan [4]

[1] dan [3]

[1] dan [2]

[2] dan [3]

 

Berikut adalah tiga prinsip dari UDL, kecuali:

Menyediakan berbagai cara keterlibatan untuk mendukung pembelajaran afektif

Menyediakan berbagai cara tindakan dan ekspresi untuk mendukung cara belajar yang membelajarkan peserta didik

Menyediakan berbagai sarana yang representatif untuk mendukung cara kita memberikan makna pada pembelajaran

Menyediakan berbagai cara untuk mengevaluasi serta menilai peserta didik sesuai kemampuan mereka

 

Jaringan recognition dalam otak berfungsi untuk ….

mengetahui tentang “mengapa” dalam pembelajaran

mengetahui tentang “apa” dalam pembelajaran

mengetahui tentang “bagaimana” dalam pembelajaran

mengetahui tentang “dimana” dalam pembelajaran

 

Berikut adalah pernyataan yang tepat tentang identifikasi hambatan belajar peserta didik, yaitu:

Menentukan jenis disabilitas seperti peserta didik yang autis, lamban belajar, dan jenis disabilitas lainnya.

Memudahkan guru dalam melakukan pengelompokan peserta didik ketika melaksanakan pembelajaran di kelasnya.

Melihat hambatan yang dialami oleh peserta didik dalam aktivitas dan berpartisipasi di kelas atau di lingkungan sekolahnya.

Sebagai pedoman dalam menentukan kebijakan sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan inklusif.

 

Dimensi model evaluasi CIPPO yang berfungsi untuk menggambarkan dan merinci keterkaitan dengan lingkungan, kebutuhan yang belum terpenuhi, siapa yang dilayani, dan tujuan program adalah ….

context

outcome

product

input

 

Berikut ini adalah cara untuk menilai kemajuan peserta didik di kelas inklusif.

1. Penyesuaian skala penilaian

2. Observasi informal

3. Peserta didik menilai diri sendiri

4. Menggunakan format tes baku

Manakah yang sesuai?

[4] saja

[2] dan [4]

[1] dan [2]

[1] [2] dan [3]

 

Perhatikan gejala-gejala fungsional peserta didik berikut ini!

1.Sering menampilkan perilaku repetitif (berulang-ulang) seperti bergoyang, melambai atau mengepak;

2.sangat fokus pada hal-hal yang tidak pantas;

3.terobsesi pada topik pembicaraan tertentu;

4.tidak dapat memperbaiki pertemanan;

5.terpaku pada pengalaman sensorik tertentu, misalnya lampu atau tekstur.

Apabila anak mengalami gejala seperti di atas, maka patut diduga mengalami kesulitan ….

 

 lamban belajar

 kesulitan belajar

 mengendalikan emosi

 interaksi perilaku

 

Asesmen untuk mengetahui kondisi awal peserta didik baik secara kognitif maupun nonkognitif. Manakah yang sesuai dengan pernyataan tersebut?

Asesmen diagnostik

Asesmen sumatif

Asesmen berkelanjutan

Asemen formatif

 

Metode atau strategi pembelajaran umum yang diberlakukan untuk peserta didik reguler tidak diterapkan untuk peserta didik penyandang disabilitas. Peserta didik tersebut memperoleh strategi pembelajaran khusus yang sesuai dengan kondisi, hambatan, dan kebutuhannya. Definisi tersebut merupakan penjelasan dari modifikasi ….

tujuan pembelajaran

materi pembelajaran

proses pembelajaran

penilaian pembelajaran

 

Terdapat perubahan dalam sistem penilaian hasil belajar yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik penyandang disabilitas. Dengan kata lain peserta didik tersebut menjalani sistem penilaian yang berbeda dengan peserta didik reguler. Perubahan tersebut bisa berbentuk penyesuaian soal, perubahan alokasi waktu, teknik/cara penilaian, atau tempat penilaian. Definisi tersebut merupakan penjelasan dari modifikasi ….

tujuan pembelajaran

materi pembelajaran

proses pembelajaran

penilaian pembelajaran

 

Model evaluasi CIPPO dimensi yang digunakan untuk mengukur, menginterpretasikan dan menilai pencapaian program disebut ….

input

context

product

outcome

 

Universal Design for Learning (UDL) salah satunya dikembangkan berdasarkan penelitian mengenai tiga jaringan yang terlibat ketika seseorang belajar yaitu:

affective, recognition dan strategic

cognitive, psychomotor dan didactic

affective, psychomotor dan strategic

cognitive, recognition dan didactic

 

Manakah strategi yang tepat saat berhadapan dengan peserta didik yang mengalami hambatan pendengaran.

1.Berhadapan dengan peserta didik saat berbicara kemudian berbicara seperti biasa.

2.Pertimbangkan menggunakan bahasa isyarat baku.

3.Pastikan Anda mendapat perhatian peserta didik sebelum berbicara.

4. Halangi bayangan wajah Anda saat berkomunikasi dengan peserta didik.

[2] dan [3]

[1] dan [3]

[1] dan [2]

[2] dan [4]

 

Assesment of Learning merupakan sebutan lain untuk jenis asesmen ….

diagnostik

sumatif

berkelanjutan

formatif

 

Tujuan pembelajaran pada kurikulum sekolah reguler diubah dan disesuaikan dengan kondisi peserta didik penyandang disabilitas. Konsekuensinya, rumusan kompetensi untuk peserta didik tersebut berbeda dengan peserta didik lainnya, penyesuaian yang berkaitan dengan KI dan KD merupakan bentuk adaptasi ….

tujuan pembelajaran

materi pembelajaran

proses pembelajaran

penilaian pembelajaran

 

Jaringan recognition dalam otak berfungsi untuk ….

mengetahui tentang “dimana” dalam pembelajaran

mengetahui tentang “bagaimana” dalam pembelajaran

mengetahui tentang “mengapa” dalam pembelajaran

mengetahui tentang “apa” dalam pembelajaran

 

Berikut adalah tiga prinsip dari UDL, kecuali:

Menyediakan berbagai cara tindakan dan ekspresi untuk mendukung cara belajar yang membelajarkan peserta didik

Menyediakan berbagai sarana yang representatif untuk mendukung cara kita memberikan makna pada pembelajaran

Menyediakan berbagai cara keterlibatan untuk mendukung pembelajaran afektif

Menyediakan berbagai cara untuk mengevaluasi serta menilai peserta didik sesuai kemampuan mereka

 

Mengganti sesuatu yang ada dalam kurikulum umum dengan sesuatu yang lain. Penggantian dilakukan karena hal tersebut tidak mungkin dilakukan oleh peserta didik penyandang disabilitas tetapi masih bisa diganti dengan hal lain yang sama bobotnya dengan yang digantikan. Penjelasan tersebut merupakan definisi dari model adaptasi kurikulum, yaitu ….

model substitusi

model modifikasi

model eskalasi

model omisi

 

Berhadapan dengan peserta didik yang mengalami hambatan fisik, strategi manakah yang paling tepat untuk anda lakukan?

Menghindari melakukan sesuatu yang berlebihan atau terlalu melindungi peserta didik dengan hambatan fisik.

Dalam pemberian tugas, peserta didik dengan hambatan fisik diberikan waktu yang sama dengan peserta didik yang tidak memiliki hambatan.

Untuk membantunya, fokus pada apa yang peserta didik butuhkan, bukan pada apa yang mampu dilakukan anak.

Selalu memberikan bantuan kepada peserta didik dengan gangguan fisik.

 

Strategi pembelajaran dalam setting pendidikan inklusif berkaitan dengan prinsip-prinsip Universal Design Learning yakni multiple means of action and expression yang berarti ….

menyediakan berbagai cara tindakan dan ekspresi untuk mendukung cara belajar yang strategis

menyediakan berbagai sarana yang representatif untuk mendukung cara kita memberikan makna pada pembelajaran

menyediakan Berbagai cara keterlibatan untuk mendukung pembelajaran afektif

mengupayakan ketersediaan berbagai fasilitas agar peserta didik dapat menunjukkan ekspresinya

 

Komponen Profil Belajar Siswa yang menyediakan informasi tentang keterbatasan, kebutuhan, serta dukungan yang diperlukan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran adalah ….

Komponen B dan Komponen C

Komponen C dan Komponen D

Komponen A dan Komponen E

Komponen A dan Komponen B

 

Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif menerapkan kurikulum yang berlaku secara nasional yang diadaptasi sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik penyandang disabilitas. Adaptasi kurikulum meliputi ….

tujuan, proses, refleksi, dan tindak lanjut

indikator, tujuan, proses, dan teknik penilaian

indikator, tujuan, proses, dan penilaian

tujuan, materi, proses, dan penilaian

 

Fajri duduk di kelas 4 SD. Ketika disuruh membaca, ia mengalami banyak kesulitan, sering mengulang, terlihat berusaha keras untuk mengeja, kesulitan dalam membedakan huruf b, p, dan q, dan tidak memahami apa yang dibaca. Fajri juga lamban dalam belajar bahasa dan memiliki kosa kata yang terbatas.

Berdasarkan data dan informasi tersebut, Fajri mengalami kesulitan belajar spesifif, yaitu:

Diskalkulia

Disgrafia

Disleksia

Disfraksia

 

Hal yang paling penting dalam penentuan strategi pembelajaran dalam setting pendidikan inklusif adalah ….

kebutuhan belajar peserta didik

ketersediaan alat pendukung pembelajaran

kebutuhan orangtua peserta didik

jenis hambatan yang dihadapi peserta didik

 

Soal dan Jawaban Listrik Dinamis

  LISTRIK DINAMIS   1.        Tuliskan faktor-faktor yang mempengaruhi hambatan suatu penghantar! Jawab : Faktor yang mempengaruhi h...