Jawaban Kuis Asesmen
Formatif – Profil Belajar Siswa – Bimtek PPSPPI
Pelatihan –
Angkatan 1 Profil
Belajar Siswa Eksplorasi
Konsep – Profil Belajar Siswa Asesmen
Formatif – Profil Belajar Siswa
Kuis ini akan membantu
proses belajar Anda untuk semakin memahami Profil Belajar siswa,
silakan perhatikan soal dengan baik.
Klik tombol Start Quiz untuk memulai kuis
Klik tombol Next di kanan bawah untuk menuju soal berikutnya
Klik tombol Finish di kanan bawah untuk mengirim jawaban Anda
Berikut adalah pernyataan
yang tepat tentang Identifikasi hambatan belajar peserta didik, yaitu:
Melihat
hambatan yang dialami oleh peserta didik dalam aktivitas dan berpartisipasi di
kelas atau di lingkungan sekolahnya.
Menentukan jenis
disabilitas seperti peserta didik yang autis, lamban belajar, dan jenis
disabilitas lainnya
Sebagai pedoman dalam
menentukan kebijakan sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan inklusif
Memudahkan guru dalam
melakukan pengelompokan peserta didik ketika melaksanakan pembelajaran di
kelasnya.
Komponen Profil Belajar
Siswa yang menyediakan informasi tentang keterbatasan, kebutuhan, serta
dukungan yang diperlukan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran adalah ….
Komponen A dan Komponen
B
Komponen B dan komponen
C
Komponen C dan Komponen
D
Komponen A
dan Komponen E
Ibu Oni guru kelas 3 SD
melakukan identifikasi fungsional terhadap peserta didiknya. Ia memperoleh data
dan informasi bahwa salah satu peserta didiknya (Yuda) sering terlihat sedih,
cemas, dan nampak seperti kehilangan minat. Informasi dari orang tuanya, Yuda
juga tidak suka bergaul dengan saudara-saudaranya, lebih sering mengurung
dirinya di kamar, dan mudah tersinggung (marah).
Dari data dan informasi
tersebut, Ibu Oni berkesimpulan Yuda mengalami hambatan ….
perilaku sosial
mengendalikan
emosi
kesulitan belajar
lamban belajar
Fajri sudah berkelas 4 SD.
Ketika disuruh membaca, ia mengalami banyak kesulitan, sering mengulang,
terlihat berusaha keras untuk mengeja, kesulitan dalam membedakan huruf b, p,
dan q, dan tidak memahami apa yang dibaca. Fajri juga lamban dalam belajar bahasa
dan memiliki kosa kata yang terbatas.
Berdasarkan data dan imformasi tersebut, Fajri mengalami kesulitan belajar
spesifif, yaitu:
Diskalkulia
Disgrafia
Disleksia
Disfraksia
Perhatikan
gejala-fungsional fungsional peserta didik berikut ini!
- Sering menampilkan perilaku
repetitif (berulang-ulang) seperti bergoyang, melambai atau mengepak.
- Sangat fokus pada hal-hal yang
tidak pantas.
- Terobsesi pada topik pembicaraan
tertentu.
- Tidak dapat memperbaiki pertemanan.
- Terpaku pada pengalaman sensorik
tertentu.
Apabila anak mengalami
gejala seperti di atas, maka patut diduga mengalami hambatan ….
interaksi
sosial
mengendalikan emosi
kesulitan belajar
lamban belajar
Sumber : https://gurubelajar-ppsppi.simpkb.id/courses/pelatihan-1/lessons/profil-belajar-siswa/topic/eksplorasi-konsep-profil-belajar-siswa/quizzes/asesmen-formatif-profil-belajar-siswa/