Jawaban Post-test –
Bimtek PPSPPI
Pelatihan –
Angkatan 1 Post-test
Soal post-test terdiri
atas 25 soal pilihan ganda dengan 4 opsi jawaban.
Silakan perhatikan petunjuk berikut
1. Selesaikan 25 soal dalam waktu 50 menit, jika waktu habis jawaban akan
terkirim otomatis.
2. Anda perlu menjawab minimal 18 soal dengan benar sebagai syarat kelulusan
program pelatihan ini
3. Anda memiliki kesempatan mengerjakan kuis ini hingga 3 kali mengerjakan
Klik tombol Start
Quiz untuk memulai kuis
Klik tombol Next untuk menuju soal berikutnya
Klik tombol Finish untuk mengirim jawaban Anda
Mengganti sesuatu yang ada
dalam kurikulum umum dengan sesuatu yang lain. Penggantian dilakukan karena hal
tersebut tidak mungkin dilakukan oleh PDBK tetapi masih bisa diganti dengan hal
lain yang sama bobotnya dengan yang digantikan. Penjelasan tersebut merupakan
definisi dari model adaptasi kurikulum, yaitu ….
model eskalasi
model
substitusi
model modifikasi
model omisi
Komponen Profil Belajar
Siswa yang menyediakan informasi tentang keterbatasan, kebutuhan, serta
dukungan yang diperlukan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran adalah ….
Komponen A
dan Komponen E
Komponen C dan Komponen
D
Komponen B dan Komponen
C
Komponen A dan Komponen
B
Sekolah Penyelenggara
Pendidikan Inklusif menerapkan kurikulum yang berlaku secara nasional yang
diadaptasi sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik penyandang
disabilitas. Adaptasi kurikulum meliputi ….
tujuan,
materi, proses, dan penilaian
indikator, tujuan,
proses, dan teknik penilaian
indikator, tujuan,
proses, dan penilaian
tujuan, proses,
refleksi, dan tindak lanjut
Jaringan recognition dalam
otak berfungsi untuk ….
mengetahui tentang
“mengapa” dalam pembelajaran
mengetahui
tentang “apa” dalam pembelajaran
mengetahui tentang
“dimana” dalam pembelajaran
mengetahui tentang
“bagaimana” dalam pembelajaran
Ibu Oni guru kelas 3 SD
melakukan identifikasi fungsional terhadap peserta didiknya. Ia memperoleh data
dan informasi bahwa salah satu peserta didiknya (Yuda) sering terlihat sedih,
cemas, dan nampak seperti kehilangan minat. Informasi dari orang tuanya, Yuda
juga tidak suka bergaul dengan saudara-saudaranya, lebih sering mengurung
dirinya di kamar, dan mudah tersinggung (marah).
Dari data dan informasi
tersebut, Ibu Oni berkesimpulan Yuda mengalami hambatan ….
lamban belajar
mengendalikan
emosi
kesulitan belajar
perilaku sosial
Metode atau strategi
pembelajaran umum yang diberlakukan untuk peserta didik reguler tidak
diterapkan untuk peserta didik penyandang disabilitas. Peserta didik tersebut
memperoleh strategi pembelajaran khusus yang sesuai dengan kondisi, hambatan,
dan kebutuhannya. Definisi tersebut merupakan penjelasan dari modifikasi ….
tujuan pembelajaran
materi pembelajaran
proses
pembelajaran
penilaian pembelajaran
Perhatikan
gejala-fungsional fungsional peserta didik berikut ini!
- Sering menampilkan perilaku
repetitif (berulang-ulang) seperti bergoyang, melambai atau
- Sangat fokus pada hal-hal yang
tidak pantas.
- Terobsesi pada topik pembicaraan
tertentu.
- Tidak dapat memperbaiki pertemanan.
- Terpaku pada pengalaman sensorik
tertentu.
Apabila anak mengalami
gejala seperti di atas, maka patut diduga mengalami hambatan ….
lamban belajar
kesulitan belajar
mengendalikan emosi
interaksi
sosial
Strategi pembelajaran
dalam setting pendidikan inklusif berkaitan dengan prinsip-prinsip Universal
Design Learning yakni multiple means of action and expression.
Arti dari pernyataan tersebut adalah ….
mengupayakan ketersediaan
berbagai fasilitas agar peserta didik dapat menunjukkan ekspresinya
menyediakan berbagai
sarana yang representatif untuk mendukung cara kita memberikan makna pada
pembelajaran
menyediakan
berbagai cara tindakan dan ekspresi untuk mendukung cara belajar yang strategis
mengupayakan
ketersediaan berbagai fasilitas agar peserta didik dapat menunjukkan
ekspresinya
menyediakan Berbagai
cara keterlibatan untuk mendukung pembelajaran afektif
Universal Design for
Learning (UDL)
dikembangkan berdasarkan ilmu berikut, yaitu:
Ilmu
neurologi, psikologi perkembangan, dan keberagaman cara belajar
Ilmu neurologi,
psikologi perkembangan, dan psikologi sosial.
Ilmu neurologi,
psikologi perkembangan, dan keberagaman peserta didik.
Ilmu neurologi,
psikologi sosial dan keberagaman peserta didik.
Asesmen untuk mengetahui
kondisi awal peserta didik baik secara kongnitif maupun nonkognitif. Manakah
yang sesuai dengan pernyataan tersebut?
Asesmen berkelanjutan
Asesmen sumatif
Asesemen formatif
Asesmen
diagnostik
Universal Design for
Learning (UDL)
salah satunya dikembangkan berdasarkan penelitian mengenai tiga jaringan yang
terlibat ketika seseorang belajar, yaitu:
cognitive, recognition,
dan didactic
affective, psychomotor,
dan strategic
cognitive, psychomotor,
dan didactic
affective,
recognition, dan strategic
Fajri sudah berkelas 4 SD.
Ketika disuruh membaca, ia mengalami banyak kesulitan, sering mengulang,
terlihat berusaha keras untuk mengeja, kesulitan dalam membedakan huruf b, p,
dan q, dan tidak memahami apa yang dibaca. Fajri juga lamban dalam belajar
bahasa dan memiliki kosa kata yang terbatas.
Berdasarkan data dan
imformasi tersebut, Fajri mengalami kesulitan belajar spesifif, yaitu:
Diskalkulia
Disgrafia
Disleksia
Disfraksia
Berhadapan dengan peserta
didik yang mengalami hambatan fisik, strategi manakah yang paling tepat untuk
Anda lakukan?
Untuk membantunya,
fokus pada apa yang peserta didik butuhkan, bukan pada apa yang mampu dilakukan
anak.
Selalu memberikan
bantuan kepada peserta didik dengan gangguan fisik.
Dalam pemberian tugas,
peserta didik dengan hambatan fisik diberikan waktu yang sama dengan peserta
didik yang tidak memiliki hambatan.
Menghindari
melakukan sesuatu yang berlebihan atau terlalu melindungi peserta didik dengan
hambatan fisik.
Berikut adalah pernyataan
yang tepat tentang Identifikasi hambatan belajar peserta didik, yaitu:
Melihat
hambatan yang dialami oleh peserta didik dalam aktivitas dan berpartisipasi di
kelas atau di lingkungan sekolahnya.
Menentukan jenis
disabilitas seperti peserta didik yang autis, lamban belajar, dan jenis
disabilitas lainnya
Sebagai pedoman dalam
menentukan kebijakan sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan inklusif
Memudahkan guru dalam
melakukan pengelompokan peserta didik ketika melaksanakan pembelajaran di
kelasnya.
Terdapat perubahan dalam
sistem penilaian hasil belajar yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan
peserta didik penyandang disabilitas. Dengan kata lain peserta didik tersebut
menjalani sistem penilaian yang berbeda dengan peserta didik reguler. Perubahan
tersebut bisa berbentuk penyesuaian soal, perubahan alokasi waktu, teknik/cara
penilaian, atau tempat penilaian. Defini tersebut merupakan penjelasan dari
modifikasi ….
tujuan pembelajaran
materi pembelajaran
proses pembelajaran
penilaian
pembelajaran
Tujuan pembelajaran pada
kurikulum sekolah reguler diubah dan disesuaikan dengan kondisi peserta didik
penyandang disabilitas. Konsekuensinya, rumusan kompetensi untuk peserta didik
tersebut berbeda dengan peserta didik reguler, penyesuaian yang berkaitan
dengan KI dan KD merupakan bentuk adaptasi ….
proses pembelajaran
tujuan
pembelajaran
materi pembelajaran
penilaian pembelajaran
Manakah strategi yang
tepat saat berhadapan dengan peserta didik yang mengalami gangguan pendengaran.
- Berhadapan dengan peserta didik
saat berbicara dan berbicara seperti biasa.
- Pertimbangkan menggunakan bahasa
isyarat baku.
- Pastikan Anda mendapat perhatian
peserta didik sebelum berbicara.
- Halangi bayangan wajah Anda saat
berkomunikasi dengan peserta didik.
[1] dan [2]
{1] dan [3]
[2] dan [3]
[2] dan [4]
Berikut strategi
pembelajaran yang tepat saat berhadapan dengan peserta didik yang mengalami
hambatan
- Posisikan wajah anda menyamping
dengan peserta didik ketika berkomunikasi dengannya.
- Memberikan contoh membuat kalimat
yang benar.
- Ajarkan model-model alternatif
untuk bisa berbicara berbicara.
- Ajukan pertanyaan secara tertulis
dengan pertanyaan yang bisa dijawab oleh peserta didik yang bersangkutan.
Manakah
pernyataan-pernyataan yang sesuai?
[2] dan [3]
[1] dan [3]
[1] dan [2]
[2] dan [4]
Hal yang paling penting
dalam penentuan strategi pembelajaran dalam setting pendidikan inklusif adalah
….
kebutuhan
belajar peserta didik
ketersediaan alat
pendukung pembelajaran
kebutuhan orangtua
peserta didik
jenis hambatan yang
dihadapi peserta didik
Assesment of
Learning merupakan
sebutan lain untuk jenis asesmen ….
sumatif
berkelanjutan
formatif
diagnostik
Model evaluasi CIPPO
dimensi yang digunakan untuk mengukur, menginterpretasikan, dan menilai
pencapaian program disebut ….
input
product
outcome
context
Berikut ini adalah cara
untuk menilai kemajuan peserta didik di kelas inklusif.
- Penyesuaian skala penilaian
- Observasi informal
- Peserta didik menilai diri sendiri
- Menggunakan satu format tes baku
Manakah yang sesuai dengan
pernyataan di atas?
[4] saja
[2] dan [4]
[1] dan [2]
[1] [2] dan
[3]
Perhatikan
pernyataan-pernyataan berikut:
- Menyediakan berbagai cara
keterlibatan untuk mendukung pembelajaran afektif.
- Menyediakan berbagai sarana yang
representatif untuk mendukung cara kita memberikan makna pada
- Menyediakan berbagai cara tindakan
dan ekspresi untuk mendukung cara belajar yang membelajarkan peserta
didik.
- Menyediakan berbagai cara untuk
mengevaluasi serta menilai peserta didik sesuai kemampuan mereka.
Manakah pernyataan yang
sesuai dengan prinsip-prisip UDL?
[1] [2] dan
[3]
[1] dan [3]
[2] dan [4]
[4] saja
Dimensi model evaluasi
CIPPO yang berfungsi untuk menggambarkan dan merinci keterkaitan dengan
lingkungan, kebutuhan yang belum terpenuhi, siapa yang dilayani, dan tujuan
program adalah ….
product
outcome
context
input
Desain pembelajaran yang
universal secara umum harus memenuhi kriteria berikut:
Inclusion,
Usable, dan Accessible
Adaptable, Usable, dan
Accessible
Usable, Adaptable, dan
Accessible
Accessible, Adaptable,
dan Inclusion
Sumber : https://gurubelajar-ppsppi.simpkb.id/