Jawaban Kuis Asesmen
Formatif – Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif – Bimtek PPSPPI
Pelatihan –
Angkatan 1 Perencanaan
Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif Eksplorasi
konsep – Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif Asesmen
Formatif – Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
Asesmen formatif ini akan
membantu proses belajar Anda untuk semakin memahami Perencanaan Pembelajaran
dalam Setting Pendidikan Inklusif, silakan perhatikan soal dengan baik.
Klik tombol Start
Quiz untuk memulai kuis
Klik tombol Next di
kanan bawah untuk menuju soal berikutnya
Klik tombol Finish di
kanan bawah untuk mengirim jawaban Anda
Metode atau strategi
pembelajaran umum yang diberlakukan untuk peserta didik reguler tidak
diterapkan untuk peserta didik penyandang disabilitas. Peserta didik tersebut
memperoleh strategi pembelajaran khusus yang sesuai dengan kondisi, hambatan,
dan kebutuhannya. Definisi tersebut merupakan penjelasan dari modifikasi ….
proses
pembelajaran
penilaian pembelajaran
materi pembelajaran
tujuan pembelajaran
Mengganti sesuatu yang ada
dalam kurikulum umum dengan sesuatu yang lain. Penggantian dilakukan karena hal
tersebut tidak mungkin dilakukan oleh PDBK tetapi masih bisa diganti dengan hal
lain yang sama bobotnya dengan yang digantikan. Penjelasan tersebut merupakan
definisi dari model adaptasi kurikulum, yaitu ….
model omisi
model
substitusi
model modifikasi
model eskalasi
Terdapat perubahan dalam
sistem penilaian hasil belajar yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan
peserta didik penyandang disabilitas. Dengan kata lain peserta didik tersebut
menjalani sistem penilaian yang berbeda dengan peserta didik reguler. Perubahan
tersebut bisa berbentuk penyesuaian soal, perubahan alokasi waktu, teknik/cara
penilaian, atau tempat penilaian. Definisi tersebut merupakan penjelasan dari
modifikasi ….
tujuan pembelajaran
materi pembelajaran
proses pembelajaran
penilaian
pembelajaran
Tujuan pembelajaran pada
kurikulum sekolah reguler diubah dan disesuaikan dengan kondisi peserta didik
penyandang disabilitas. Konsekuensinya, rumusan kompetensi untuk peserta didik
tersebut berbeda dengan peserta didik reguler, penyesuaian yang berkaitan dengan
KI dan KD merupakan bentuk adaptasi ….
proses pembelajaran
tujuan
pembelajaran
materi pembelajaran
penilaian pembelajaran
Sekolah Penyelenggara
Pendidikan Inklusif menerapkan kurikulum yang berlaku secara nasional yang
diadaptasi sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik penyandang
disabilitas. Adaptasi kurikulum meliputi ….
tujuan, materi,
proses, dan penilaian
indikator, tujuan,
proses, dan penilaian
tujuan, tujuan, proses,
dan tindak lanjut
indikator, tujuan,
proses, dan teknik penilaian
Sumber : https://gurubelajar-ppsppi.simpkb.id/courses/pelatihan-1/lessons/perencanaan-pembelajaran-dalam-setting-pendidikan-inklusif/topic/eksplorasi-konsep-perencanaan-pembelajaran-dalam-setting-pendidikan-inklusif/quizzes/asesmen-formatif-perencanaan-pembelajaran-dalam-setting-pendidikan-inklusif/