RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
PERTEMUAN 3
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas/Semester : VII /I
Topik : Objek
IPA dan Pengamatannya
Sub Topik : Besaran Pokok Panjang, Massa, dan Waktu serta
Pengukurannya
Alokasi Waktu : 3
X 40 menit ( 1 kali pertemuan )
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Mengembangkan
perilaku tanggung jawab,ketekunan, saling menghargai dalam kegiatan belajar dan
bekerja baik secara individu maupun berkelompok.
2.
Mengembangkan
rasa ingin tahu, teliti, dan peduli lingkungan melalui diskusi, kerja kelompok
dan melakukan praktikum pengukuran besaran pokok panjang,massa dan waktu.
3.
Setelah
diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan pengertian besaran pokok
panjang,massa,dan waktu.
4.
Setelah
diskusi kelompok,siswa dapat menyebutkan besaran pokok panjang ,massa, dan
waktu beserta satuannya dalam satuan baku dan tidak baku.
5.
Setelah
diskusi kelompok siswa dapat mendefinisikan 1 meter standart, 1kilogram
standart,dan 1 secon standart.
6.
Siswa
dapat melakukan pengukuran besaran pokok panjang, massa, waktu dengan alat ukur
yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dengan benar pada diri,makhluk
hidup,dan lingkungan fisik.
B.
KOMPETENSI DASAR
1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan
kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin
tahu; objektif; jujur;
teliti; cermat;
tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka;
kritis; kreatif; inovatif
dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.2
Menghargai kerja individu
dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai
wujud
implementasi melaksanakan
percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.4 Menunjukkan penghargaan
kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
perilaku menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan
3.1 Memahami konsep pengukuran
berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik
sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan
terstandar (baku) dalam pengukuran
4.1 Menyajikan hasil pengukuran terhadap
besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan
menggunakan satuan tak baku dan baku.
C. INDIKATOR
1.
Menunjukkan
ketekunan, tanggung jawab, saling menghargai
dalam kegiatan belajar dan
bekerja
baik secara individu maupun berkelompok
2.
Memiliki
rasa ingin tahu, teliti, dan peduli lingkungan melalui diskusi, kerja kelompok,
dan melakukan praktikum pengukuran besaran pokok.
3.
Menjelaskan
pengertian besaran pokok panjang , massa, dan waktu.
4.
Menyebutkan besaran pokok dan satuannya dari 7 besaran
pokok hasil konfrensi umum.
5.
Melakukan
pengukuran besaran pokok panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering
dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan
fisik.
D. MATERI
Ø
Pengertian
besaran panjang , massa dan waktu.
Ø
Satuan
baku dan tidak baku pada besaran pokok panjang, massa dan waktu.
Ø
Pengukuran
besaran panjang, massa dan waktu dengan alat ukur yang sesuai
Ø
Besaran panjang,massa dan waktu termasuk dalam 7 macam besaran pokok
Tabel
Besaran Pokok, satuan dalam SI, dan alat ukurnya:
BESARAN POKOK
|
SATUAN SI
|
ALAT UKUR
|
1.
Panjang
2.
Massa
3.
Waktu
4.
Suhu
5.
Kuat
arus listrik
6.
Jumlah
zat
7.
Intensitas
cahaya
|
Meter (m)
Kilogram (kg)
Sekon (detik)
Kelvin
Amper
Mol
Kandela
|
Mistar,jangka sorong.mikrometer
sekrup
Neraca mekanik,neraca ohauss
Arloji, stopwatch
Thermometer
Amperemeter
-
Light meter
|
1.
Besaran
pokok Panjang
Panjang
menyatakan jarak antara dua titik.
Defnisi 1 meter:
mula-mula 1 meter didefnikasikan sebagai panjang yang sama dengan,
sepersepuluh juta (1/10.000.000 ) jarak dari bumi khtulistiwa ke kutub utara bumi sepanjang jarak bujur yang
melewati kota Paris, Perancis.
Dari
defnisi ini dibuat meter standar, sehingga
menampilkan defnisi baru:
1 meter adalah jarak antara 2
goresan pada meter standar yang dibuat dari platina iridium
dan disimpan di
Sevres.
Defnisi berikutnya:
1 meter adalah 1.650.763,73 kali panjang gelombang sinar merah jingga
yang dipancarkan oleh gas krypton-86.
Defnisi
mutahir: 1 m adalah jarak yang ditempuh cahaya dalam waktu 1/299.792.458detik.
2.
Besaran
Pokok Massa
Massa menyatakan jumlah materi
yang terkandung dalam suatu benda.
Defnisi 1
kilogram: satu kilogram
standar (baku) sama
dengan massa sebuah silinder yang terbuat dari campuran platinum-iridium
yang disimpan di Sevres, Paris, Perancis.
Massa 1
kg juga setara dengan 1 liter air murni pada suhu 4ᵒC
3.
Besaran
Pokok Waktu
Waktu adalah selang antara dua
kejadian.
Defnisi
1 sekon atau 1 detik: 1 sekon adalah 1/86.400kali satu hari rata-rata. Tetapi karena
satu hari di bumi tidak selalu tetap, maka dibuat defnisi: 1 sekon adalah 1/86.400kali
waktu yang dibutuhkan bumi mengelilingi matahari 1 kali.
Defnisi
diperbaiki lagi: 1 sekon adalah waktu yang dibutuhkan oleh atom Cesium-33 untuk
bergetar 9.192.631.771 kali.
E. PENDEKATAN/STRATEGI/METODE
PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Metode : Diskusi dan eksperimen
3.
Model : Dicovery Learning
F.
MEDIA,
ALAT , DAN SUMBER BELAJAR
1.
Media : Charta jangka sorong dan mikrometer.
2.
Alat
dan bahan : Mistar,pita meter, neraca, stopwatch, kubus besi.
3.
Sumber
Belajar : Buku Siswa IPA Kelas VII, Puskurbuk 2013
LKS
Penggunaan alat ukur besaran pokok
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
ke-3
Kegiatan
|
Langkah-langkah Model Discovery
|
Diskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan situasi/ Stimulasi
Identifikasi Masalah
|
Disediakan beberapa alat ukur ( mistar, neraca,
arloji,stopwatch) dan benda-benda yang akan diukur ( daun,kubus besi, tanaman
dalam pot).
Apa nama dan
fungsi alat-alat tersebut?
Bagaimana penggunaan alat ukur
tersebut?
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Observasi
Pengumpulan Data
Pengolahan Data
Verifikasi
Generalisasi
|
Menyampaikan
informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu eksperimen tentang
penggunaan alat-alat ukur besaran.
Melakukan eksperimen penggunaan
alat-alat ukur besaran.
Mencatat hasil eksperimen pada
LKS yang tersedia.
Mengolah dan menganalisis data
percobaan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di LKS.
Presentasi hasil percobaan.
Membandingkan hasil percobaan
dari berbagai kelompok.
Membuat kesimpulan tentang
penggunaan alat ukur besaran pokok yang benar.
|
90 menit
|
Penutup
|
|
Siswa dan guru mereview hasil
kegiatan
Guru memberi penghargaan,
misalnya: pujian atau bentuk penghargaan yang lain kepada kelompok yang
berkinerja yang baik.
Siswa menjawab kuis dari guru
tentang besaran pokok.
|
20 menit
|
H.
PENILAIAN
1.
Teknik : non tes
2.
Instrumen : terlampir
Lampiran
1 : Instrumen penilaian non tes
1. FORMAT
PENILAIAN KINERJA
NAMA
SISWA: .................... TANGGAL: ...................... KELAS: .........................
NO
|
ASPEK
YANG DINILAI
|
TINGKAT
KEMAMPUAN
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Menyiapkan alat dan bahan
praktikum
|
|
|
|
|
2
|
Menggunakan alat sesuai
fungsinya
|
|
|
|
|
3
|
Melakukan pengukuran dengan
benar
|
|
|
|
|
4
|
Menyusun data hasil pengukuran
|
|
|
|
|
5
|
Membersihkan alat
|
|
|
|
|
6
|
Mengembalikan alat-alat pada
tempatnya
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
Kriteria
penskoran
1.Baik
sekali 4
2.Baik 3
3.Cukup 2
4.Kurang 1
2. PENILAIAN
SIKAP
Mata
pelajaran : IPA Semester :
1 ( satu )
Kelompok :
1 Kelas : VII
NO
|
|
SKOR
|
|||||
Komitmen
tugas
|
Kerja
sama
|
ketelitian
|
Minat
|
Jumlah
skor
|
Nilai
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
SKOR
NILAI = 0 - 100
|
Lampiran
2: LEMBAR KERJA SISWA
LEMBAR
KERJA SISWA
PENGUKURAN
BESARAN POKOK
A.
TUJUAN : Menentukan Besaran Massa, Panjang, Dan Waktu
B.
ALAT DAN BAHAN :
1.
Mistar/pita
meter
2.
Jangka
sorong
3.
Neraca
4.
Stopwatch
5.
Kubus
besi
6.
Bola
C. PETUNJUK
KERJA:
1.
Ukurlah
panjang sisi kubus besi,panjang pensil,lingkar pinggang, tinggi tanaman!
Catat
hasil pengukuran pada tabel yang tersedia!
2.
Ukurlah
massa kubus besi, pensil, catat hasil pengukurannya pada tabel yang tersedia!
3.
Berjalanlah
dari ujung kiri sampai ujung kanan (3 meter), dan ukurlah waktu yang
diperlukan, kemudian masukkan hasilnya pada tabel yang tersedia.
D. TABEL
PENGAMATAN:
OBYEK
YANG DIUKUR
|
PANJANG
(
cm )
|
MASSA
(
gr )
|
WAKTU
(
Sekon )
|
KUBUS BESI
|
|
|
|
PENSIL
|
|
|
|
BOLA JATUH
|
|
|
|
DIRI SENDIRI
|
|
|
|
E. PERTANYAAN
1.
Berilah
contoh penggunaan alat-alat ukur berikut dalam kehidupan sehari-hari:
a.
Mistar
b.
Neraca
c.
Stopwatch
2.
Lengkapilah
pertanyaan berikut!
a.
1
meter = ................... cm = .................mm
b.
1
kg = ................... ons =
................ gram
c.
1
jam = .................menit =
................... sekon
3.
Ubahlah
hasil pengukuran pada tabel di atas dalam satuan SI!