Monday, 12 August 2013

RPP KELAS 7 SEMESTER 1 BESARAN POKOK PANJANG, MASSA DAN WAKTU SERTA PENGUKURANNYA (3) KURIKULUM 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
PERTEMUAN 3

Satuan Pendidikan        :  SMP 
Mata Pelajaran             :  IPA
Kelas/Semester           :  VII /I
Topik                            :  Objek IPA dan Pengamatannya
Sub Topik                     :  Besaran Pokok Panjang, Massa, dan Waktu serta Pengukurannya
Alokasi  Waktu              :  3 X  40 menit ( 1 kali pertemuan )

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Mengembangkan perilaku tanggung jawab,ketekunan, saling menghargai dalam kegiatan belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok.
2.      Mengembangkan rasa ingin tahu, teliti, dan peduli lingkungan melalui diskusi, kerja kelompok dan melakukan praktikum pengukuran besaran pokok panjang,massa dan waktu.
3.      Setelah diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan pengertian besaran pokok panjang,massa,dan waktu.
4.      Setelah diskusi kelompok,siswa dapat menyebutkan besaran pokok panjang ,massa, dan waktu beserta satuannya dalam satuan baku dan tidak baku.
5.      Setelah diskusi kelompok siswa dapat mendefinisikan 1 meter standart, 1kilogram standart,dan 1 secon standart.
6.      Siswa dapat melakukan pengukuran besaran pokok panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dengan benar pada diri,makhluk hidup,dan lingkungan fisik.

B.     KOMPETENSI DASAR
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan  perilaku  ilmiah  (memiliki  rasa  ingin  tahu;  objektif;  jujur;  teliti;  cermat;
tekun;  hati-hati;  bertanggung  jawab;  terbuka;  kritis;  kreatif;  inovatif  dan  peduli
lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan     dan melaporkan hasil percobaan
2.2 Menghargai  kerja  individu  dan  kelompok  dalam  aktivitas  sehari-hari  sebagai  wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi perilaku menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan
3.1 Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran
4.1  Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan baku.

C.     INDIKATOR
1.       Menunjukkan ketekunan, tanggung jawab, saling menghargai  dalam kegiatan belajar dan
bekerja baik secara individu maupun berkelompok
2.       Memiliki rasa ingin tahu, teliti, dan peduli lingkungan melalui diskusi, kerja kelompok, dan melakukan praktikum pengukuran besaran pokok.
3.       Menjelaskan pengertian besaran pokok panjang , massa, dan waktu.
4.       Menyebutkan  besaran pokok dan satuannya dari 7 besaran pokok hasil konfrensi umum.
5.       Melakukan pengukuran besaran pokok panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik.

D.     MATERI
Ø  Pengertian besaran panjang , massa dan waktu.
Ø  Satuan baku dan tidak baku pada besaran pokok panjang, massa dan waktu.
Ø  Pengukuran besaran panjang, massa dan waktu dengan alat ukur yang sesuai
Ø   Besaran panjang,massa dan waktu termasuk  dalam  7 macam besaran pokok
Tabel Besaran Pokok, satuan dalam SI, dan alat ukurnya:
BESARAN POKOK
SATUAN SI
ALAT UKUR
1.     Panjang
2.     Massa
3.     Waktu
4.     Suhu
5.     Kuat arus listrik
6.     Jumlah zat
7.     Intensitas cahaya
Meter (m)
Kilogram (kg)
Sekon (detik)
Kelvin
Amper
Mol
Kandela
Mistar,jangka sorong.mikrometer sekrup
Neraca mekanik,neraca ohauss
Arloji, stopwatch
Thermometer
Amperemeter
-
Light meter

1.      Besaran pokok Panjang
Panjang menyatakan jarak antara dua titik.
Defnisi    1 meter:   mula-mula    1 meter  didefnikasikan  sebagai panjang yang sama dengan, sepersepuluh juta (1/10.000.000 ) jarak dari bumi khtulistiwa ke  kutub utara bumi sepanjang jarak bujur yang melewati kota Paris, Perancis.
Dari defnisi ini dibuat meter  standar,  sehingga  menampilkan  defnisi  baru:  1  meter adalah jarak antara 2 goresan pada meter standar yang dibuat dari platina  iridium  dan  disimpan  di  Sevres. 
Defnisi  berikutnya:  1 meter adalah  1.650.763,73  kali panjang gelombang sinar merah jingga yang dipancarkan oleh gas krypton-86.
Defnisi mutahir: 1 m adalah jarak yang ditempuh cahaya dalam waktu 1/299.792.458detik.
2.      Besaran Pokok Massa
Massa menyatakan jumlah materi yang terkandung dalam suatu benda.
Defnisi  1  kilogram:  satu  kilogram  standar  (baku)  sama  dengan massa sebuah silinder yang terbuat dari campuran platinum-iridium yang disimpan di Sevres, Paris, Perancis.
Massa 1 kg juga setara dengan 1 liter air murni pada suhu 4ᵒC
3.      Besaran Pokok Waktu
Waktu adalah selang antara dua kejadian.
Defnisi 1 sekon atau 1 detik: 1 sekon adalah 1/86.400kali satu hari rata-rata. Tetapi karena satu hari di bumi tidak selalu tetap, maka dibuat defnisi: 1 sekon adalah 1/86.400kali waktu yang dibutuhkan bumi mengelilingi matahari 1 kali.
Defnisi diperbaiki lagi: 1 sekon adalah waktu yang dibutuhkan oleh atom Cesium-33 untuk bergetar 9.192.631.771 kali.

E.      PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan                        :           Scientific
2.      Metode                  :           Diskusi dan eksperimen
3.      Model                    :           Dicovery Learning


F.      MEDIA, ALAT , DAN SUMBER BELAJAR
1.      Media                    :           Charta jangka sorong dan mikrometer.
2.      Alat dan bahan      :           Mistar,pita meter, neraca, stopwatch, kubus besi.
3.      Sumber Belajar      :           Buku Siswa IPA Kelas VII, Puskurbuk 2013
LKS Penggunaan alat ukur besaran pokok

G.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-3
Kegiatan

Langkah-langkah Model Discovery
Diskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Menciptakan situasi/ Stimulasi



Identifikasi Masalah
Disediakan  beberapa alat ukur ( mistar, neraca, arloji,stopwatch) dan benda-benda yang akan diukur ( daun,kubus besi, tanaman dalam pot).
Apa nama dan fungsi alat-alat tersebut?
Bagaimana penggunaan alat ukur tersebut?
10 menit
Kegiatan Inti



Observasi

Pengumpulan Data

Pengolahan Data


Verifikasi


Generalisasi
Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu eksperimen tentang penggunaan alat-alat ukur besaran.
Melakukan eksperimen penggunaan alat-alat ukur besaran.
Mencatat hasil eksperimen pada LKS yang tersedia.
Mengolah dan menganalisis data percobaan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di LKS.
Presentasi hasil percobaan.
Membandingkan hasil percobaan dari berbagai kelompok.
Membuat kesimpulan tentang penggunaan alat ukur besaran pokok yang benar.
90 menit
Penutup

Siswa dan guru mereview hasil kegiatan
Guru memberi penghargaan, misalnya: pujian atau bentuk penghargaan yang lain kepada kelompok yang berkinerja yang baik.
Siswa menjawab kuis dari guru tentang besaran pokok.
20 menit

H.     PENILAIAN
1.      Teknik                   :           non tes
2.      Instrumen              :           terlampir











Lampiran 1 : Instrumen penilaian non tes

1.      FORMAT PENILAIAN KINERJA

NAMA SISWA: ....................  TANGGAL: ......................      KELAS: .........................
NO
ASPEK YANG DINILAI
TINGKAT KEMAMPUAN
1
2
3
4
1
Menyiapkan alat dan bahan praktikum




2
Menggunakan alat sesuai fungsinya




3
Melakukan pengukuran dengan benar




4
Menyusun data hasil pengukuran




5
Membersihkan alat




6
Mengembalikan alat-alat pada tempatnya





JUMLAH




Kriteria penskoran                                          
1.Baik sekali    4                                                                     
2.Baik              3                                                                                 
3.Cukup           2                                                                                 
4.Kurang          1                                                                     
2.      PENILAIAN SIKAP

Mata pelajaran :   IPA                                                              Semester          :  1 ( satu )
Kelompok        :    1                                                                 Kelas               :   VII              

NO

NAMA SISWA


SKOR

Komitmen tugas

Kerja sama

ketelitian

Minat

Jumlah skor

Nilai

1







2







3







4







SKOR NILAI   =   0 - 100


Nama Siswa: .....................................
No. Urut       : .....................................
Kelas           : .....................................
 
 




Lampiran 2:     LEMBAR KERJA SISWA

LEMBAR KERJA SISWA

PENGUKURAN BESARAN POKOK

A.     TUJUAN                           :   Menentukan Besaran Massa, Panjang, Dan Waktu

B.     ALAT DAN BAHAN        :
1.                  Mistar/pita meter
2.                  Jangka sorong
3.                  Neraca
4.                  Stopwatch
5.                  Kubus besi
6.                  Bola

C.     PETUNJUK KERJA:
1.      Ukurlah panjang sisi kubus besi,panjang pensil,lingkar pinggang, tinggi tanaman!
Catat hasil pengukuran pada tabel yang tersedia!
2.      Ukurlah massa kubus besi, pensil, catat hasil pengukurannya pada tabel yang tersedia!
3.      Berjalanlah dari ujung kiri sampai ujung kanan (3 meter), dan ukurlah waktu yang diperlukan, kemudian masukkan hasilnya pada tabel yang tersedia.

D.     TABEL PENGAMATAN:
OBYEK YANG DIUKUR

PANJANG
( cm )
MASSA
( gr )
WAKTU
( Sekon )
KUBUS BESI



PENSIL



BOLA JATUH



DIRI SENDIRI




E.     PERTANYAAN
1.      Berilah contoh penggunaan alat-alat ukur berikut dalam kehidupan sehari-hari:
a.       Mistar
b.      Neraca
c.       Stopwatch
2.      Lengkapilah pertanyaan berikut!
a.       1 meter      = ................... cm =  .................mm
b.      1 kg           = ................... ons = ................ gram
c.       1 jam         = .................menit = ................... sekon
3.      Ubahlah hasil pengukuran pada tabel di atas dalam satuan SI!

Soal dan Jawaban Listrik Dinamis

  LISTRIK DINAMIS   1.        Tuliskan faktor-faktor yang mempengaruhi hambatan suatu penghantar! Jawab : Faktor yang mempengaruhi h...