RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
PERTEMUAN
1
Satuan
Pendidikan : SMP
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/Semester
: VII /I
Topik
: Objek
IPA dan Pengamatannya
Sub
Topik : Objek
IPA dan Pengamatan
Alokasi Waktu : 3
X 40 menit ( 1 kali pertemuan )
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui observasi dan
diskusi
1. Siswa
dapat mengembangkan perilaku tanggung
jawab,ketekunan, saling
menghargai dalam kegiatan belajar dan bekerja baik secara individu
maupun berkelompok.
2. Siswa
dapat mengembangkan rasa ingin tahu, teliti, dan peduli lingkungan melalui
diskusi, kerja kelompok.
3. Siswa
dapat menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA.
4. Siswa
dapat menjelaskan kegunaan mempelajari
IPA.
5. Siswa
dapat menyajikan hasil pengamatan, inferensi dan mengkomunikasikan hasil.
6. Siswa
terampil dalam melakukan suatu kegiatan dalam proses belajar mengajar.
7.
Siswa dapat menjelaskan tiga
komponen ketrampilan proses meliputi: pengamatan, inferensi dan komunikasi
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Mengagumi keteraturan
dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1
Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif;
jujur; teliti; cermat;
tekun;
hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif;
inovatif dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi melaksanakan percobaan
dan melaporkan hasil percobaan
2.2
Menghargai kerja
individu dan kelompok
dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan
bertanggung jawab dalam aktiftas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam memilih kegunaan
bahan kimia untuk menjaga kesehatan diri dan lingkungan.
2.4
Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari.
3.1
Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup,
dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya
perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran
4.1 Menyajikan hasil pengukuran terhadap
besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan
menggunakan satuan tak baku dan baku.
C. INDIKATOR
1.
Menunjukkan ketekunan, tanggung jawab,
saling menghargai dalam kegiatan belajar
dan
bekerja baik secara individu maupun berkelompok
2.
Memiliki rasa ingin tahu, teliti, dan
peduli lingkungan melalui diskusi, kerja kelompok, dan melakukan praktikum pengukuran
besaran pokok.
3.
Menyebut kan objek yang dipelajari dalam
IPA.
4.
Menjelaskan kegunaan mempelajari IPA.
5.
Menyajikan hasil pengamatan, inferensi
dan mengkomunikasikan hasil.
6.
Terampil dalam melakukan suatu kegiatan
dalam proses belajar mengajar.
7.
Menjelaskan 3 komponen ketrampilan
proses meliputi: pengamatan, inferensi dan komunikasi.
D.
MATERI
1.
Objek yang dipelajari dalam IPA meliputi seluruh benda di alam dengan segala
interaksinya untuk dipelajari pola-pola krteraturannya.
2.
Kegunaan belajar IPA, agar kita dapat
meningkatkan kwalitas hidup, memahami berbagai
hal di sekitar kita, menyelesaikan masalah, berfikir logis dan
sistematis.
3.
- Pengamatan : melibatkan panca indra,
termasuk melakukan pengukuran dengan alat
ukur yang sesuai. Pengamatan dilakukan untuk mengumpulkan data dan
informasi.
4.
- Inferensi : merumuskan penjelasan
berdasarkan pengamatan. Penjelasan ini digunakan untuk menemukan pola-pola atau
hubungan- hubungan antar aspek yang diamati serta membuat prediksi.
5.
- Komunikasi : mengkomunikasikan hasil
penyelidikan baik lisan maupun tulisan. Hal yang dikomunikasikan termasuk data
yang disajikan dalam bentuk tabel, grafik, bagan dan gambar yang relefan.
E. PENDEKATAN/STRATEGI/METODE
PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode : Observasi dan diskusi
3. Model : Problem Based Learning
F.
MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media : Alam sekiter kita
2. Alat
dan bahan : Alat indra dan lingkungan
3. Sumber
Belajar : Buku Siswa IPA Kelas VII,
Puskurbuk 2013
Buku
Guru
G. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan ke - 1
|
Tahapan pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi siswa pada masalah
|
-Siswa menyimak masalah yang
disampaikan guru tentang pengamatan dalam pembelajaran IPA.
-Siswa diminta memberikan tanggapan
dan pendapat terhadap masalah tersebut.
-Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
dan menjelaskan cara pambelajaran yang akan dilaksanakan.
|
20 menit
|
Inti
|
Mengorganisasi siswa dalam belajar
|
-Siswa membentuk kelompok belajar
sesuai arahan guru.
- Siswa menerima LKS untuk pengamatan
.
|
20 menit
|
Membimbing pengamatan siswa secara mandiri
maupun kelompok
|
-Siswa
melakukan pengamatan sesuai petunjuk LKS dan berdiskusi dalam kelompok
mencari solusi terkait dengan masalah yang telah diidentifikasi.
-Guru
memfasilitasi dan membimbing kelompok, belajar berdiskusi untuk menjawab
permasalahan aktual yang ada di lingkungan.
|
40 menit
|
|
Mengembangkan dan menyajikan hasil
karya
|
-Siswa
menjawab pertanyaan pada LKSdan menyajikan dalam laporan tertulis.
-Siswa
menyajikan laporan pembahasan hasil temuan, penarikan kesimpulan didepan
kelas
|
20
menit
|
|
Penutup
|
Menganalisis dan mengevaluasi proses
pemecahan masalah
|
-Siswa
dibimbing guru melakukan analisis terhadap pemecahan- pemecahan masalah yang
telah ditemukan siswa.
-Kelompok
siswa yang berhasil memecahkan permasalahan diberi penghargaan.
-Guru
melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari siswa.
|
20
menit
|
H. PENILAIAN
1. Metode
dan bentuk instrumen
Metode
|
Bentuk
intrumen
|
1. Sikap
|
Lembar
pengamatan sikap
|
2. Tes unjuk kerja
|
Tes penilaian
kinerja dalam pengamatan
|
Lampiran 1 : Instrumen penilaian non tes
1.
PENILAIAN
SIKAP
Mata pelajaran :
IPA Semester : 1 ( satu )
Kelompok : Kelas :
NO
|
NAMA SISWA
|
SKOR
|
|||||
Komitmen tugas
|
Kerja sama
|
ketelitian
|
minat
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
SKOR NILAI = 0
- 100
2.
FORMAT
PENILAIAN KINERJA
NAMA SISWA:
.................... TANGGAL: ...................... KELAS: .........................
NO
|
ASPEK
YANG DINILAI
|
TINGKAT
KEMAMPUAN
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Menyiapkan
alat dan bahan pengamatan
|
|
|
|
|
2
|
Menggunakan
alat sesuai fungsinya
|
|
|
|
|
3
|
Melakukan
pengamatan dengan teliti
|
|
|
|
|
4
|
Menyusun data
hasil pengamatan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
Kriteria penskoran
1.Baik sekali 4
2.Baik 3
3.Cukup 2
4.Kurang 1
LEMBAR KERJA SISWA
CIRI-CIRI FISIK
A. TUJUAN : Mengamati ciri teman satu kelompok
B. ALAT DAN BAHAN :
1.
Siswa
2.
buku
3.
alat tulis
C.
PETUNJUK
KERJA:
1. Amati
ciri fisik teman sekolompok dengan teliti!
2.
Tulis hasil pengamatan dalam tabel!
D.
TABEL
PENGAMATAN:
No.
|
Nama
|
CIRI YANG DIAMATI
|
||
Bentuk rambut
|
Bentuk hidung
|
Bentuk mata
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
E.
PERTANYAAN
1. Bandingkan
hasil pengamatanmu dengan temanmu
2. Apa
kesimpulan dari hasil pengamatan
KETELITIAN DALAM PENGAMATAN
ALAT DAN BAHAN :
1. Kertas
tisu
2. Sepidol
3. Baker
glass
4. Air
5. Penggaris
CARA KERJA :
1. Potong
kertas tisu dengan ukuran 4 x 12 cm
2. Beri
garis denga sepidol hitam 2 cm dari pinggir kertas
3. Ambil
baker glass isi dengan air setinggi 1 cm
4. Buat
prediksi apa yang akan terjadi pada garis hitam tersebut, setelah kertas
dicelupkan beberapa saat ke dalam air
5. Celupkan
kertas tisu di air, dengan posisi garis berada sedikit dimatas permukaan air
DATA HASIL PENGAMATAN
Keadaan garis
pada kertas tisu
|
|
Sebelum
dicelupkan
|
Sesudah
dicelupkan
|
|
|
DISKUSI :
Jika prediksimu bebeda dengan kenyataannya apakah
akan diubah sesuai dengan hasil pengamatanmu? Mengapa?