RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
PERTEMUAN 2
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : VII / 1
Topik : Obyek IPA dan Pengamatannya
Sub Topik :
Pengukuran Sebagai Bagian dari Pengamatan
Alokasi
Waktu : 2
x 40 menit
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Siswa
dapat melakukan pengukuran dengan
satuan tak baku, melakukan inferensi dan mengkomu- nikasikan hasilnya.
2.
Siswa dapat menjelaskan pengertian
pengukuran.
3.
Siswa
dapat menjelaskan pentingnya satuan baku.
4.
Siswa dapat melakukan konversi satuan dalam
SIdengan memanfaatkan nilai awalannya
B.
KOMPETENSI
DASAR
3.1 Memahami konsep pengukuran berbagai besaran
yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian
dari observasi, serta pentingnya rumusan satuan terstandar (baku) dalam
pengukuran
4.1 Menyajikaan hasil pengukuran terhadap
besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan
menggunakan satuan tak baku dan satuan baku.
C.
INDIKATOR
1.
Memiliki
rasa ingin tahum teliti, terbuka, kritis, melalui diskusi dan kerja kelompok
dalam melakukan pengukuran
2.
Menunjukkan
ketekunan, tanggung jawabm saling menghargai dalam kegiatan belajar dan bekerja
baik secara individu dan kelompok
3.
Melakukan
pengukuran dengan satuan baku dan tidak baku dan mengkomunikasikan hasilnya
4.
Menjelaskan
pengertian pengukuran
5.
Menjelaskan
pentingnya satuan baku
6.
Melakukan
korversi satuan internasional
D.
MATERI
a.
Pengukuran
sebagai bagian dari pengamatan
● Mengukur adalah membandingkan besaran dengan
besaran sejenis yang ditetapkan sebagai satuan.
● Besaran adalah segala sesuatu yang dapat
diukur serta memilki nilai dan satuan.
● Satuan yang digunakan dalam kegiatan IPA
meliputi satuan terstandar (baku) dan satuan tak standar (tak baku).
Misalnya kegiatan mengukur
tinggi badan dengan mistar (baku) dan menggunakan panjang pensil (tak baku)
● Satuan baku adalah satuan yang telah
disepakati secara internasional
Contoh satuan baku : meter, kilogram dan sekon
● Satuan tak baku adalah satuan yang bersifat lokal (kedaerahan)
sehingga tidak bersifat internasional.
Contoh satuan tak baku :
jengkal (kilan), hasta, depa
● Besaran-besaran yang umum dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari :
No.
|
Besaran
|
Satuan
|
Alat ukur
|
1.
|
Panjang
|
mm, cm, m, km, inci,
|
Mistar, jangka
sorong, mikrometer
|
2.
|
Massa
|
gram, ons, kg,
kuintal, ton
|
Neraca (timbangan)
|
3.
|
Waktu
|
Sekon (detik),
menit, jam
|
Stopwatch, arloji,
|
4.
|
Luas
|
mm2, cm2,
m2, hektar
|
mistar
|
5.
|
Volume
|
mm3, cm3,
m3, liter, ml , cc
|
mistar
|
E.
PENDEKATAN/STRATEGI/METODE
PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Metode :
Diskusi informasi dan Eksperimen
3.
Model :
Discovery Learning
F.
MEDIA,
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Media
Lingkungan
2.
Alat
dan Bahan
1). Alat
: mistar, jangka sorong,
micrometer, pensil, gelas ukur, stopwatch
2). Bahan
: teman sekelas, tanaman, pot, batu, air,
kertas manila, benang.
3.
Sumber
Belajar
1). Buku IPA SMP Kelas VII. Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan
2013
2). Lembar Kerja Siswa
2). Buku IPA lain yang relevan
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Langkah- langkah Model Discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan
situasi ( Stimulasi)
|
● Pemusatan Perhatian :
Guru mengenalkan
benda sekitar misalnya buah jeruk, daun, meja dll
Guru mengajukan pertanyaan :
Tuliskan apa saja yang dapat diukur pada benda tersebut,
dan apa saja yang tidak dapat diukur!
● Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
manfaat mempelajari Besaran dan satuan.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Pembahasan
tugas dan Identifikasi Masalah
Observasi
Pengumpulan
Data
Pengolahan
data dan analisis data
Komunikasi
Generalisasi
|
●
Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu
melakukan pengamatan pada benda-benda yang ada disekitarnya.
Langkah-langkah :
-
Membagi
siswa dalam 8 kelompok.
-
Diskusi
siswa secara kelompok mengerjakan LKS Sub Topik Pengukuran Sebagai Bagian
dari Pengamatan
-
Siswa melakukan pengamatan benda-benda sekitar
-
Siswa
mengidentifikasi besaran yang dapat diukur dan besaran yang tidak dapat
diukur dan mengukur dengan
menggunakan satuan
baku dan satuan tak
baku
-
Mencatat
data hasil pengamatan pada kolom yang tersedia pada LKS
-
Menganalisis
data pengamatan
-
Presentasi
hasil pengamatan
-
Menarik
kesimpulan : Besaran adalah segala
sesuatu yang dapat diukur serta memilki nilai dan satuan.
|
50
menit
|
Penutup
|
● Siswa
dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran.
● Guru
memberi reward (penghargaan) kepada kelompok yang memiliki kinerja baik.
●
Pemberian tugas untuk mempelajari manfaat Obyek IPA dan Pengamatannya
dalam kehidupan sehari-hari.
●Tugas membaca Sub Topik besaran pokok.
|
20
menit
|
H. PENILAIAN
1.
Metode
dan Bentuk Instrumen
metode
|
Bentuk
instrument
|
Sikap
|
Lembar
pengamatan sikap
|
Tes
Unjuk Kerja
|
Tes
penilaian kinerja pengukuran
|
Tes
tertulis
|
Tes
uraian
|
a.
Lembar
Pengamatan Sikap
PENGAMATAN
PERILAKU ILMIAH
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jml
|
|||||||||||
Rasa ingin tahu
|
Ketelitian dan kehati-hatian dalam melakukan
percobaan
|
Ketekunan dan tanggung ja-wab dalam belajar
dan bekerja baik secara individu atau kelompok
|
Ketrampilan berkomunikasi pada saat belajar
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
RUBRIK
PENILAIAN PERILAKU
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Menunjukkan
rasa ingin tahu
|
3: Menunjukkan
rasa ingin tahu yang besar,antusias,
aktif
dalam
melakukan kegiatan kelompok
2:
Menunjukkan rasa ingin tahu tetapi tidak terlalu
antusias, baru terlibat aktif setelah disuruh
1: Tidak
menunjukkan antusias dalam pengukuran, sulit terlibat
aktif
meskipun telah didorong untuk aktif
|
2
|
Ketelitian
dan hati hati
|
3:
Melakukan pengukuransesuai prosedurdan serius
2:
Melakukan pengukuran sesuai prosedur setelah diberi
petunjuk
1: Tidak
melakukan pengukuran, sulit terlibat aktif meskipun
telah
didorong untuk aktif.
|
3
|
Ketekunan
dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individumaupun
kelompok
|
3: Tekun menyelesaikan tugas sampai akhir
pengukuran, dan tepat waktu
2: Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan
tugas kelompok
1: Tidak berupaya sungguh sungguh untuk
menyelesaikan tugas
|
4
|
Berkomunikasi
|
3: Dapat
mempresentasikan dasil pengukuran besaran dengan
baik
dan benar
2:
Berupaya sungguh sungguh untuk presentasi,meskipun
belum
sempurna
1: Tidak
melakukan presentasi,meskipun disuruh maju oleh guru
|
Kriteria
penskoran : Kriteria
Penilaian :
1.Baik 3 10 – 12 A
2.Cukup 2 7 - 9 B
3.Kurang 1 4 – 6 C
≤ 3 D
RUBRIK PENILAIAN KINERJA SISWA
MATA PELAJARAN :
IPA
TOPIK :OBYEK IPA DAN PENGAMATANNYA
SUB
TOPIK : PENGUKURAN
NAMA
SISWA :
..................................... TANGGAL
: .................................. KELAS
: .............................
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
TINGKAT KEMAMPUAN
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Cara
mengukur besaran (panjang, massa, suhu)
|
|||
2
|
Ketepatan
menggunakan satuan baku dan tak baku
|
|||
3
|
Melaporkan data hasil pengukuran
|
|||
JUMLAH
|
LEMBAR
PENGAMATAN KETRAMPILAN MENGUKUR
No
|
Ketrampilan
yang dinilai
|
Skor
|
Rubrik
|
1
|
Melakukan pengukuran besaran (panjang, massa, suhu)
|
3
2
1
|
Pemilihan
alat ukur tepat sesuai besaran yang diukur, penempatan skala alat ukur tepat
pada besaran yang diukur, membaca hasil pengukuran dengan benar
Ada
dua aspek yang benar
Ada
satu aspek yang benar
|
2.
|
Ketepatanmenggunakan satuan baku dan tak baku
|
3
2
1
|
Ketepatan
satuan yang digunakan pada obyek yang diukur
Kurang
tepat satuan yang digunakan pada obyek yang diukur
Tidak
tepat dalam menggunakan satuan baku dan satuan tidak baku
|
3.
|
Melaporkan data hasil pengukuran
|
3
2
1
|
Melaporkan
data sesuai dengan pengamatan
Melaporkan
data sebagian sesuai pengamatan
Melaporlan
data tidak sesuai pengamatan
|
Kriteria
penskoran : Kriteria
Penilaian :
1.Baik 3 10 – 12 A
2. Cukup 2 7 - 9 B
3. kurang 1 4 – 6 C
≤ 3 D
Instrumen Soal uraian:
1. Jelaskan pengertian mengukur !
2. Tuliskan besaran apa yang ada pada buah apel !
3. Tuliskan besaran dan satuan yang tepat pada
kegiatan pengukuran tinggi sebuah pohon !
4. Tuliskan 3 syarat suatu
satuan dikatakan bersifat standar atau baku!
5. Sebutkan 3 contoh manfaat pengukuran besaran
dalam kehidupan sehari hari ?
Kunci
Jawaban soal uraian
1.
Mengukur
adalah membandingkan suatu besaran dengan besaran lain yang sejenis yang
ditetapkan sebagai satuan
2. Besaran yang ada pada buah apel yaitu : massa , volume, panjang
3. Besaran panjang dengan satuan meter
4. Diakui secara internasional, bersifat tetap, mudah
digunakan (ditiru)
5. Pengukuran dapat dijumpai pada peristiwa menimbang
tepung, pembelian tali
atau kabel listrik, pengujian massa
jenis zat untuk mengetahui kemurnian zat,
pembelian bensin, pengukuran tinggi
badan dan dokter mengukur suhu pasiennya,
dsb
LEMBAR KERJA SISWA
PENGUKURAN
A. Tujuan :
Siswa dapat
melakukan pengukuran dengan menggunakan satuan yang tepat.
B.
Alat dan Bahan :
Lingkungan
sekitar
C.
Cara kerja :
1.
Amatilah apa saja yang ada disekitarmu dan tuliskan
besaran apa yang dapat diukur dan yang tidak dapat diukur,
2.
Lakukan pengukuran pada obyek yang dapat diukur dengan
menggunakan alat ukur baku dan tidak baku.
3.
kemudian masukkan data hasil pengukuran pada tabel
pengamatan !
D. Kajian teori
:
Mengukur
adalah membandingkan besaran dengan besaran sejenis yang ditetapkan sebagai satuan.Besaran adalah
segala sesuatu yang dapat diukur serta memilki nilai dan satuan.
Satuan
yang digunakan dalam kegiatan IPA meliputi satuan terstandar (baku) dan satuan
tak standar (tak baku).Misalnya kegiatan mengukur tinggi badan dengan mistar
(baku) dan menggunakan panjang pensil (tak baku). Satuan baku adalah satuan yang
telah disepakati secara internasional. Contoh satuan
baku : meter, kilogram dan sekon. Satuan tak baku adalah
satuan yang bersifat lokal
(kedaerahan) sehingga tidak bersifat internasional.Contoh satuan tak baku :
jengkal (kilan), hasta, depa
E.
Tabel Pengamatan :
OBYEK YANG
DIAMATI
|
BESARAN
YANG DAPAT DIUKUR
|
BESARAN
YANG TIDAK DAPAT DIUKUR
|
HASIL
PENGUKURAN
|
SATUAN
|
|
F.
Pertayaan :
1.
Jelaskan pengertian besaran !
2.
Bandingkan hasil pengukuran kelompokmu dengan kelompok
lain! Samakah hasil pengukuran yang diperoleh? Mengapa demikian ?
3.
Tuliskan
3 syarat suatu satuan dikatakan bersifat standar atau baku!
4.
Sebutkan
2
contoh manfaat pengukuran besaran dalam kehidupan sehari hari ?
5.
Kesimpulan apa yang dapat kamu ambil dari kegiatan ini ?