Persiapan
Pembelajaran Terdiferensiasi
Perhatikan elemen-elemen berikut:
1. Kebutuhan murid
2. Kondisi kelas
3. Kebutuhan guru dan kepala sekolah
4. Lingkungan sekolah
Apa saja aspek yang perlu
dipertimbangkan saat Guru akan melakukan modifikasi pembelajaran?
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c.
3
dan 4
d. 1 dan 3
Bu Esther ingin membagi muridnya dalam
kelompok sehingga ia dapat melakukan pembelajran berdiferensiasi sesuai dengan
kebutuhan dan minat muridnya. Ternyata Bu Esther tetap kesulitan karena semua
murid tetap bertanya padanya dan proses belajar masih berpusat pada guru. Apa
yang dapat Bu Esther lakukan?
a. Bu Esther dapat melakukan praktik
pelepasan tanggung jawab bertahap. Ia mengajak murid-murid dalam grup untuk
bekerja sendiri-sendiri tanpa adanya pengawasan dari guru. Porsi tanggung jawab
guru lebih besar dari murid.
b. Bu Esther dapat melakukan praktik
pelepasan tanggung jawab bertahap. Ia mengajak murid-murid dalam grup untuk
bekerja sendiri-sendiri dengan hasil karya yang sudah ditentukan dan tidak
boleh diubah. Murid tidak perlu bekerja sama untuk dapat memahami konsep.
c.
Bu Esther dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab
bertahap. Ia mengajak murid-murid dalam grup untuk menghasilkan sebuah karya
yang berkaitan dengan konsep yang sedang dipelajari. Murid bekerja sama untuk
memperkuat pemahaman konsep. Murid mempunyai porsi tanggung jawab yang lebih
besar dibanding guru.
d. Semua salah
Kegiatan belajar informatika tanpa
menggunakan perangkat komputer disebut dengan...
a. Disconnected
b. Offline
c.
Online
d. Unplugged
Pak Bonu ingin mengajak peserta didiknya
untuk terlibat dalam proses pembelajaran, khususnya pada tahap perencanaan.
Salah satu langkah yang bisa dilakukan oleh Pak Bonu adalah
a. Mengajak murid untuk m enyepakati target
dan tujuan belajar.
b. Mengajak murid berdiskusi terkait cara
belajar dan strategi belajar yang diinginkan saat belajar.
c.
A
dan B adalah jawaban salah
d. A dan B adalah jawaban
benar
Bagaimana prinsip diferensiasi dalam
pembelajaran?
a. Kaku dan kurang spontan
b. Tidak responsif terhadap kebutuhan murid
c.
Hanya
berfokus pada kuantitas
d. Fleksibel, dinamis, dan organic
Apa yang dimaksud dengan diferensiasi
produk dalam pembelajaran ?
a. Mengubah materi pembelajaran untuk
setiap murid
b. Memberikan tugas yang sama kepada semua
murid
c.
Menyesuaikan tugas dengan cara murid menunjukkan pemahamannya
d. Meniadakan penilaian produk murid