Layanan
Responsif
Pada pelaksanaan konseling kelompok,
manakah yang hendaknya dilakukan terlebih dahulu?
a. Melakukan pencarian solusi perbaikan
b. Menyamakan pemahaman
terkait apa itu konseling kelompok dan bagaimana pelaksanaannya
c.
Merefleksi,
berbagi pengalaman, bagaimana melakukan perubahan
d. Melakukan eksplorasi pada penyebab dan
mungkin dampak dari permasalahan yang terjadi
Manakah yang bukan merupakan
informasi yang perlu dikonfirmasi melalui konseling kelompok sebelum menentukan
tindak lanjut rencana aksi?
a. Ketepatan waktu
b. Ketepatan observasi
c.
Ketepatan
analisis
d. Ketepatan kesimpulan akar masalah
Perhatikan pernyataan berikut ini.
1. Perkembangan hormon, fisik dan
emosional
2. Hakikat manusia sebagai makhluk
sosial
3. Proses pencarian jati diri
4. Kurang optimalnya lingkungan rumah
Manakah pernyataan yang menunjukkan
penyebab internal menurut kasus konflik kekuasaan pada remaja?
a. 1
b. 2 dan 4
c.
1, 2 dan 3
d. Semua jawaban benar
Ibu Romi mendapat laporan dari wali
kelas X-A bahwa ada perkelahian yang terjadi antar peserta didik. Strategi yang
dapat dilakukan oleh Ibu Romi selaku guru BK di sekolah adalah…
a. Menyerahkan konflik tersebut kepada wali
kelas yang bersangkutan
b. Mengumpulkan informasi terkait konflik
dari satu pihak saja
c.
Membantu menengahi konflik dengan segera dan memahami konflik
dari berbagai sudut pandang
d. Mempertontonkan peserta didik yang
berkonflik di hadapan peserta didik lainnya sebagai contoh yang buruk
Berikut ini yang bukan merupakan poin
utama dalam merencanakan tindak lanjut hasil konseling individu adalah…
a. Sasaran
b. Program atau kegiatan
c.
Bukti
d. Waktu
Berikut yang bukan merupakan bagian yang
harus dilengkapi pada bagan analisis masalah adalah...
a. Faktor penyebab
b. Harapan
c.
Minat dan bakat
d. Rencana Aksi
Apa yang dapat satuan pendidikan lakukan
jika tidak memiliki kemitraan dengan tenaga profesional dalam melakukan
konseling individu?
a. Membiarkan peserta didik menyelesaikan
masalahnya sendiri
b. Mengganti peran tenaga ahli dengan guru
BK
c.
Mendiskusikan dan meminta bantuan kepada orang tua untuk
merencanakan sesi konseling dengan tenaga ahli di luar satuan Pendidikan
d. Meminta pendidik lain untuk menjadi
tenaga ahli