E. Pelaporan Hasil Percobaan
Setelah
melakukan percobaan, kalian akan melaporkan hasil percobaan. Menurut kalian,
untuk apa dan siapa kita melaporkan hasil percobaan?
1.
Penyajian Data Percobaan
Setelah melakukan pengukuran dalam
penyelidikan, hasilnya perlu kita tunjukkan dalam bentuk yang mudah dipahami
oleh pembaca. Oleh karena itu digunakan bentuk tabel yang dilengkapi dengan
besaran dan satuan. Hasil pengukuran ini sering disebut sebagai data percobaan.
Dalam tabel hasil percobaan, variabel
bebas dituliskan pada kolom sebelah kiri dan variabel terikat pada kolom
sebelah kanan. Masing-masing perlu dilengkapi dengan satuan, yang dituliskan dalam
kurung setelah besaran yang diukur. Data dalam satu kolom yang sama dinyatakan
dalam satuan yang sama dan jika menggunakan angka desimal, maka jumlah angka di
belakang koma haruslah sama. Perhatikanlah contoh tabel data percobaan di bawah
ini.
Tabel 1.7 Data Pengukuran untuk Percobaan
Menyelidiki Suhu Teh Setelah Didiamkan Beberapa Saat
Data percobaan haruslah bisa menjawab
tujuan percobaan yang telah kita tetapkan dalam rancangan percobaan tersebut.
Dengan kata lain menyatakan hubungan antara variabel bebas dan variabel
terikat. Hubungan ini lebih mudah terbaca jika kita menyajikan data percobaan
dalam bentuk grafik. Dengan adanya grafik, maka terbaca pola hubungan antara
variabel bebas dan variabel terikat dalam percobaan tersebut. Hasil percobaan
pun lebih mudah disimpulkan.
Grafik
dapat dibuat dalam bentuk grafik batang atau garis. Ada beberapa hal yang perlu
kalian perhatikan dalam pembuatan grafik, yaitu sebagai berikut.
a.
Pilihlah
grafik batang bila variabel bebasnya tidak berupa angka, namun gunakan grafik
garis bila variabel bebasnya berupa angka. Contoh grafik batang ditunjukkan
pada Gambar 1.20, sedangkan grafik garis ditunjukkan pada Gambar 1.21.
b.
Variabel
bebas ditempatkan pada garis yang mendatar (sumbu-x) sedangkan variable
terikat pada garis yang tegak (sumbu-y).
c.
Berilah
label untuk kedua sumbu pada grafik.
d.
Skala
pada grafik harus memiliki rentang yang sama.
e.
Berilah
judul di bagian atas grafik tersebut.
Gambar 1.20 Contoh grafik batang.
Gambar 1.21 Grafik garis untuk data percobaan suhu
teh pada waktu yang berbeda.
Selain menggambarkan secara langsung
dengan menggunakan perlengkapain menulis, kalian juga dapat membuat grafik
dengan menggunakan suatu program atau software khusus pengolah naskah
yang ada pada komputer. Apabila kalian memiliki komputer, berlatihlah membuat
grafik, misalnya menggunakan program Micsosoft Excel.
2. Menarik Kesimpulan
Setelah menyajikan data, tentunya kita
perlu menyimpulkan hasil percobaan kita. Inilah bagian akhir dari suatu
penelitian, yaitu menulis kesimpulan dari data percobaan.
Kesimpulan hendaknya menjawab tujuan
percobaan yang telah dirumuskan dan berdasarkan pola yang terlihat pada grafik
hasil percobaan. Di bagian ini, kalian juga perlu menyatakan apakah hasil
percobaan kalian sesuai dengan hipotesis yang telah kalian tulis sebelumnya
atau tidak. Jika sesuai maka bisa dikatakan hipotesis kalian diterima, jika
tidak sesuai maka hipotesis kalian ditolak.
Hipotesis tidak selamanya sesuai dengan
hasil akhir percobaan dan hal itu wajar saja, asalkan kalian memberikan alasan
dari segi teori ilmiah. Teori ini bisa diambil dari buku-buku, websites,
ensiklopedia dan sumber-sumber lain yang terpercaya. Jangan lupa untuk menulis
referensi untuk sumber-sumber yang kalian gunakan.
Contoh kesimpulan bagi grafik pada Gambar
1.21 adalah sebagai berikut.
Dari grafik hasil percobaan menunjukkan
bahwa suhu teh mengalami penurunan setelah dibiarkan beberapa saat. Hal ini
sesuai dengan hipotesis saya. Penurunan suhu yang terjadi tidak selalu sama,
yaitu antara 2-3°C setiap 2 menit. Perbedaan suhu sebesar 2°C terjadi antara menit ke-0 ke menit ke-2, menit ke-4
ke menit ke-6, dan menit ke-6 ke menit ke-8. Hanya antara menit ke-2 dan menit
ke-3 yang penurunan suhu sebesar 3°C.
Penurunan suhu terjadi karena adanya perpindahan
panas dari dalam cangkir teh ke lingkungan sekitarnya agar terjadi keseimbangan
suhu antara suhu di dalam cangkir dengan suhu di sekeliling yang sesuai dengan
azas Black (Kemdikbud, 2017).
Kalian
telah melihat contoh mengaitkan hasil percobaan dengan teori Sains pada contoh
di atas dan menuliskan referensi dari teori tersebut. Kesimpulan yang lengkap
mencakup kedua hal tersebut. Topik Azas Black akan kalian pelajari pada Bab
III.
Nah setelah membaca pemaparan tentang
penyajian data percobaan, sekarang giliran kalian mencoba menggambar grafik
dalam kegiatan berikut.
Ayo
Latihan
Aktivitas 1.14
Sando dan Luvena ingin meneliti apakah
panjang sayap suatu helikopter kertas memengaruhi lama waktu bertahan di udara.
Setelah melakukan percobaan, mereka memperoleh hasil sebagai berikut.
Tabel 1.8 Perbandingan Panjang Sayap dan Lamanya
Helikopter Melayang di Udara
a)
Apakah
jenis grafik yang paling cocok untuk data di atas, grafik batang atau grafik
garis? Berikan alasannya.
b)
Buatlah
grafik secara lengkap dari tabel data percobaan di atas.
c)
Apakah
kesimpulan dari grafik di atas?
3. Melaporkan Hasil
Percobaan secara Lengkap
Suatu
penelitian perlu dilaporkan secara lengkap agar percobaan tersebut dapat
diulangi oleh peneliti Sains lainnya. Laporan ini terdiri atas rancangan dan hasil
percobaan. Bagian-bagian dari suatu laporan percobaan adalah sebagai berikut.
a.
Tujuan Percobaan
Dapat
dituliskan dalam bentuk pernyataan atau pertanyaan, misalnya “Menyelidiki
pengaruh (variabel bebas) terhadap (variable terikat)” atau “Bagaimana pengaruh
(variabel bebas) terhadap (variabel terikat)?”
b.
Hipotesis
Suatu
perkiraan hasil percobaan berdasarkan variabel bebas dan terikat, disertai
dengan alasan secara saintifik/ ilmiah.
c.
Variabel
Terdiri
atas variabel bebas, terikat dan kontrol secara terperinci.
1)
Variabel
bebas: faktor atau hal yang kalian uji.
2)
Variabel
terikat: faktor yang kalian ukur, sebagai akibat dari perubahan variabel bebas.
3)
Variabel
kontrol: faktor-faktor lain (minimal tiga) yang harus dipertahankan sama supaya
eksperimen hanya menguji satu variabel saja.
d.
Alat dan Bahan
Daftar
alat-alat dan bahan yang akan digunakan dalam percobaan, disertai dengan jumlah
alat atau bahan dan ukuran alat yang diperlukan.
e.
Prosedur
Beberapa
hal yang harus diperhatikan dalam tahapan prosedur adalah sebagai berikut.
1)
Tuliskan
langkah-langkah percobaan secara berurutan.
2)
Sebutkan
apa data yang akan diukur atau diamati dan bagaimana kalian akan mengukur atau
mengamati faktor tersebut. Percobaan harus diulangi minimal sebanyak tiga kali
apabila memungkinkan.
3)
Jelaskan
bagaimana kalian mempertahankan setiap faktor dalam variabel kontrol supaya
percobaan kalian fair.
f.
Pengumpulan & Pengolahan Data Percobaan
Beberapa hal
yang harus diperhatikan dalam Pengumpulan dan pengolahan data percobaan adalah
sebagai berikut.
1)
Catatlah
data percobaan dalam bentuk tabel, dengan variabel bebas pada kolom sebelah
kiri dan variabel terikat pada kolom bagian kanan.
2)
Tulis
pula judul dan satuan pengukuran.
a) Semua data dalam satu kolom dicatat
dalam jumlah angka desimal yang sama. Hitunglah nilai rata-rata dari datanya.
b) Dari tabel hasil percobaan di atas,
buatlah grafik yang sesuai. Biasanya variabel bebas diplot pada sumbu-x dan
variabel terikat pada sumbu-y grafik.
c) Lengkapilah dengan komponen-komponen
grafik, seperti judul grafik dan label untuk sumbu x dan y serta
satuan masing-masing.
g.
Kesimpulan
Beberapa
hal yang harus diperhatikan dalam kesimpulan adalah sebagai berikut.
1)
Berdasarkan
grafik yang telah kalian buat, nyatakanlah hubungan antara variabel bebas dan
variabel terikat dalam percobaan kalian dengan didukung oleh data-data
percobaan.
2)
Bandingkanlah
kesimpulan kalian dengan teori Sains yang telah kalian pelajari. Teori ini bisa
diperoleh dari buku, ensiklopedia, situs internet atau sumber-sumber lain yang
terpercaya.
Sebagai calon ilmuwan cilik, inilah
aktivitas penentuan apakah kalian berhasil atau tidak, yaitu membuat laporan
penyelidikan seperti pada aktivitas berikut ini.
Proyek Akhir Bab
Untuk melengkapi rancangan percobaan
yang telah kalian susun pada bagian Ayo Rancang (Aktivitas 1.11),
buatlah laporan lengkap dari penyelidikan tersebut, dimulai dari tujuan
percobaan sampai kesimpulan. Gunakan struktur langkah melaporkan hasil
percobaan secara lengkap seperti di atas. Bacalah dengan cermat lembar
penilaian sumatif, termasuk rubrik penilaian yang diberikan oleh guru kalian,
sebelum mulai menulis laporan percobaannya.
Setelah
menyelesaikan proyek ini, refleksikan proses pengerjaan yang sudah dilakukan.
1.
Keberhasilan apa yang sudah kalian capai?
2.
Adakah hal yang menurut kalian perlu diperbaiki?
3.
Hal baru apa yang kalian pelajari dari proses pengerjaan proyek ini?
4. Sikap apa sajakah yang kalian
kembangkan saat menyelesaikan tugas ini? Uraikan.
Mari Uji Kemampuan Kalian
Dian
melakukan percobaan memanaskan air dalam gelas kimia. Dian mengukur suhu air
setiap menit. Namun karena terburu-buru, ia tidak mencatat dalam bentuk tabel.
Catatan datanya adalah sebagai berikut.
a.
Bantulah
Dian untuk menuliskan hasil percobaannya dalam bentuk tabel yang lengkap.
b.
Gambarlah
grafik untuk hasil percobaan Dian.
c.
Tulislah
kesimpulan untuk percobaan Dian sesuai tabel dan grafik yang telah kalian buat
pada bagian (a) dan (b).
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini untuk melatih mengingat kembali pemahaman
kalian akan materi yang telah dipelajari pada Bab 1 ini.
1.
Ada
enam cabang utama ilmu Sains, yaitu Astronomi, Biologi, Fisika, Kimia, Geologi
dan Ekologi. Sebutkan fokus masing-masing cabang ilmu tersebut.
2.
Identifikasikan
lima hal yang akan menimbulkan masalah keselamatan di laboratorium IPA dalam
gambar berikut ini. Berikan alasan kalian mengapa hal tersebut menjadi masalah.
Gambar 1.22
Suasana di
laboratorium.
3.
Apakah
nama alat-alat laboratorium di bawah ini? Terbuat dari bahan apakah alat-alat
tersebut dan apa saja kegunaan alat-alat itu? Tuliskan jawaban kalian dengan
lengkap.
4.
Apakah
perbedaan antara besaran pokok dan besaran turunan? Sebutkan masing-masing dua
contoh.
5.
Tuliskanlah
hasil pengukuran di bawah ini disertai dengan satuannya yang benar.
6.
Berdasarkan
gambar di bawah ini, tentukan volume batu.
7.
Bagas,
Raffen, Nyongki dan Daniel ingin mengetahui apakah waktu untuk mendidihkan air
akan lebih cepat apabila airnya diberikan garam terlebih dahulu atau tidak.
Bantulah mereka:
a) menentukan
tujuan percobaan
b) menentukan
variabel-variabel dalam percobaan mereka
c)
tuliskan langkah-langkah kerja/ prosedur mengerjakan percobaan ini.
Sumber
;
Victoriani
Inabuy, dkk. IPA untuk SMP Kelas VII.
Pusat
Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian
dan Pengembangan dan Perbukuan
Kementerian
Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Jalan Gunung Sahari Raya No. 4 Jakarta Pusat. Cetakan pertama, 2021