B. Laboratorium IPA
Dari
subtopik sebelumnya, kalian mengetahui bahwa ilmuwan Sains biasanya melakukan
penelitian di laboratorium. Menurut kalian apakah perbedaan ruang laboratorium
dibandingkan dengan ruang kelas lainnya?
Apabila
kalian mengamati ruangan dapur di rumah kalian, apa saja yang ada di situ? Pasti
terlihat perbedaan dengan kamar mandi kalian, bukan? Setiap ruangan memiliki
alat-alat khusus sesuai fungsi ruangan tersebut. Demikian pula ruang
laboratorium IPA yang berbeda dibandingkan ruang kelas. Laboratorium biasanya
digunakan untuk melakukan percobaan atau eksperimen.
1.
Alat-alat Laboratorium IPA
Di
dalam laboratorium terdapat alat-alat yang digunakan oleh para ilmuwan untuk
melakukan eksperimen dan membuat pengamatan dengan tepat dan akurat. Mari
mengenal beberapa alat laboratorium yang akan kalian gunakan untuk berbagai
percobaan IPA pada tingkat SMP, seperti yang tercantum pada Gambar 1.4 berikut
ini.
Gambar
1.4 Beberapa alat
laboratorium IPA yang sering digunakan dalam percobaan.
Sumber:
Pearson Heinemann/Wendy
Gorton (2009)
Selain
alat-alat di atas, ada lagi beberapa alat yang penting untuk diketahui. Mari
lakukan Aktivitas 1.3 untuk mengetahui alat-alat laboratorium lainnya.
Ada
banyak lagi alat-alat laboratorium yang akan kalian kenal dan gunakan pada
bab-bab selanjutnya sepanjang tingkatan SMP, seperti mikroskop, cawan petri,
cermin, lensa, garpu tala, berbagai jenis logam, kabel listrik dan bola lampu
serta macam-macam alat ukur lainnya.
Ayo
Cari
Aktivitas
1.3
Carilah gambar alat-alat berikut, yaitu corong
saring, kaki tiga, kawat kasa, cawan penguap, batang pengaduk dan pembakar
spiritus. Selain gambar, cari juga kegunaannya dari sumber internet atau buku
yang ada di perpustakaan sekolah kalian. Tulislah hasil penelusuran informasi
kalian di buku tulis.
2.
Menggambar Diagram Alat-alat Laboratorium
Sering kali dalam membuat laporan percobaan, kalian
perlu menggambarkan susunan alat yang digunakan dalam percobaan tersebut.
Sesuai kesepakatan ahli Sains di seluruh dunia, diagram alat digambarkan dalam
bentuk 2-dimensi (2D), yaitu berupa kurva dan garis. Coba perhatikan Gambar
1.5, mudah bukan? Kalian tidak perlu menjadi ahli gambar untuk dapat
menggambar diagram alat laboratorium. Selalu gunakan pensil dan penggaris untuk
menggambar diagram alat.
Gambar
1.5 Diagram alat
digambarkan dalam bentuk 2-dimensi.
3.
Menjaga Keselamatan di Laboratorium IPA
Tahukah
kalian bahwa laboratorium IPA dapat menjadi tempat yang sangat berbahaya
apabila kalian tidak berhati-hati? Mengapa begitu? Gambar simbol-simbol berikut
terdapat pada berbagai bahan yang ada di laboratorium, ada juga yang terdapat
pada ruangan laboratorium tertentu.
Gambar
1.6 Simbol-simbol
berbahaya di laboratorium IPA.
Pada
tingkatan SMP, kalian akan melakukan berbagai percobaan dengan menggunakan api,
larutan asam yang bersifat korosif dan berbagai zat kimia yang beracun.
Korosif artinya dapat merusak jaringan hidup serti kulit manusia. Karena itulah
perlu ada peraturan khusus untuk menjaga keselamatan kalian selama berada di
laboratorium IPA. Peraturan apa sajakah yang perlu diterapkan untuk menjaga
keamanan di laboratorium? Lakukanlah Aktivitas 1.4 berikut ini untuk
membuat peraturan tersebut.
Ayo
Buat
Aktivitas
1.4
Buatlah
peraturan keselamatan mengenai hal-hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh
dilakukan di laboratorium IPA. Perhatikan Gambar 1.7 dan Gambar 1.8 di
bawah ini yang bisa membantu kalian menulis peraturan keselamatan tersebut.
Diskusikanlah peraturan yang kalian buat bersama teman-teman kalian. Apakah
menurut kalian ada peraturan lain yang perlu ditambahkan? Konsultasikanlah
dengan guru kalian.
Gambar
1.7 Hal-hal yang harus
dilakukan untuk menjaga keselamatan di laboratorium IPA.
Gambar
1.8 Hal-hal yang tidak
boleh dilakukan di laboratorium IPA.
Mari
Uji Kemampuan Kalian
1. Apa
saja alat-alat laboratorium yang digunakan untuk melakukan hal-hal di bawah
ini?
a.
Mengukur volume air sebanyak 25 mL.
b.
Memanaskan air.
c.
Mengukur suhu air setelah dipanaskan.
d.
Mencampur bahan kimia dalam jumlah yang sedikit.
e.
Mengambil garam untuk ditimbang sebelum digunakan.
f.
Mengaduk garam agar dapat larut dalam air.
2. Bandingkanlah alat-alat laboratorium berikut
ini dengan menyebutkan persamaan dan perbedaannya.
a.
Batang pengaduk dan spatula.
b.
Gelas kimia dan labu Erlenmeyer.
c.
Kawat kasa dan segitiga porselen.
d.
Tabung reaksi dan cawan penguap.
3. Perhatikanlah gambar berikut.
Gambar
1.9 Suasana di
laboratorium IPA.
Apakah pendapat kalian mengenai kejadian
pada gambar di atas? Tuliskanlah semua peraturan keselamatan yang dilanggar dan
juga sarankan bagaimana memperbaikinya.
4. Gambarlah diagram 2D untuk susunan alat-alat
secara lengkap yang digunakan untuk memanaskan air yang suhunya akan diukur
setiap 3 menit.
5. Dalam kelompok kecil, pilihlah salah satu
peraturan keselamatan laboratorium, lalu buatkan poster mengenai peraturan itu
dengan tulisan yang mudah terbaca dari jauh dengan disertai gambar. Poster itu
dapat ditempel di laboratorium, untuk mengingatkan kalian dengan teman-teman
kalian tentang peraturan itu.
6. Lakukanlah percobaan dari aktivitas 1.5
berikut ini bersama guru dan teman-teman kalian di laboratorium IPA dengan
menjalankan peraturan keselamatan yang telah kalian tentukan. Setelah melakukan
kegiatan percobaan, evaluasilah kembali langkah-langkah yang kalian lakukan
dengan menjawab pertanyaan pada bagian Refleksi.
Percobaan
Aktivitas
1.5
Melaksanakan
Peraturan Keamanan dalam Percobaan di Laboratorium IPA
Tujuan:
Memanaskan
cairan dalam tabung reaksi dengan aman.
Alat-alat
dan bahan:
•
Pembakar spiritus
•
Korek api
•
Tabung reaksi
• Air
•
Kacamata pengaman
•
Penjepit tabung reaksi
•
Pewarna makanan
Prosedur:
1.
Tuangkanlah
air dari gelas kimia ke dalam tabung reaksi sampai terisi 2 cm dari bagian
bawah tabung.
2.
Tambahkan
1 tetes pewarna makanan ke dalam tabung reaksi berisi air tersebut.
3.
Nyalakan
pembakar spiritus, lalu panaskan tabung reaksi di atas api, yaitu di ujung atas
api. Bagian atas tabung reaksi jangan diarahkan ke wajah kalian atau ke
teman-teman. Harus diarahkan ke bagian kosong dalam ruangan.
4.
Tabung
reaksi dijauhkan dari api lalu didekatkan lagi untuk mencegah air tumpah.
1.
5
Hentikan pemanasan pada saat air mulai mendidih.
Refleksi
1.
Apakah
kalian telah menaati semua peraturan keselamatan di laboratorium yang sudah
kalian dan teman-teman kalian buat bersama?
2.
Apakah
ada bagian yang kalian langgar? Jika ada, yang mana? Bagaimana untuk
memperbaikinya?
3.
Lihat
lagi catatan kalian tentang peraturan keselamatan yang telah kalian buat,
apakah perlu ada hal yang ditambahkan dalam peraturan tersebut? Mengapa demikian?
4.
Apakah
hal menarik yang kalian pelajari dari percobaan ini?
5.
Apa
peran kalian dalam kegiatan kerja kelompok ini? Sikap-sikap apa saja yang perlu
dilakukan agar hasil pekerjaan kelompok lebih meningkat?
Sumber
;
Victoriani
Inabuy, dkk. IPA untuk SMP Kelas VII.
Pusat
Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian
dan Pengembangan dan Perbukuan
Kementerian
Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Jalan Gunung Sahari Raya No. 4 Jakarta Pusat. Cetakan
pertama, 2021