RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP
Negeri 1 Weru
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas/Semester : VII /1
Topik : Objek
IPA dan Pengamatannya
Alokasi Waktu : 15
X 40 menit ( 6 kali pertemuan )
A. KOMPETENSI
INTI
1. Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. KOMPETENSI
DASAR
3.1. Menerapkan
konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri sendiri, makhluk hidup
lain, dan benda-benda di sekitar, serta pentingnya penggunaan satuan standar
(baku) dalam pengukuran.
4.1. Menyajikan
data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk
hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan
satuan baku.
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN
3.1.1.
Menjelaskan 3 keterampilan proses penyelidikan IPA
3.1.2.
Menjelaskan kegunaan mempelajari IPA
3.1.3.
Menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA
3.1.4.
Menjelaskan pengertian pengukuran
3.1.5.
Menyebutkan hal yang dapat diukur (besaran) dan tidak dapat diukur (bukan besaran).
3.1.6.
Membandingkan satuan baku dan tidak baku
3.1.7.
Memahami kegunaan satuan baku dalam pengukuran
3.1.8.
Mengkonversi satuan dalam SI (Sistem Internasional)
3.1.9.
Menjelaskan pengertian besaran pokok
3.1.10.
Menyebutkan macam-macam besaran pokok beserta satuannya
3.1.11.
Menjelaskan pengertian besaran turunan
3.1.12.
Menyebutkan macam-macam besaran turunan beserta satuannya
4.1.1.
Menyajikan hasil pengamatan, inferensi, dan mengomunikasikan hasil
4.1.2.
Melakukan pengukuran dengan satuan tidak baku
4.1.3.
Melakukan pengukuran besaran-besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur
yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
4.1.4.
Melakukan pengukuran besaran-besaran turunan sederhana yang sering dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
3.1.1.1.Peserta Didik dapat
menjelaskan tiga komponen keterampilan proses/metode ilmiah penyelidikan IPA
(pengamatan, inferensi, dan komunikasi) berdasarkan kegiatan-kegiatan yang
telah dilakukan
3.1.2.1. Peserta Didik dapat
menjelaskan kegunaan mempelajari IPA.
3.1.3.1. Peserta Didik dapat
menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA.
3.1.4.1. Peserta Didik dapat
menjelaskan pengertian pengukuran.
3.1.5.1. Peserta Didik dapat
menyebutkan hal yang dapat diukur (besaran) dan tidak dapat diukur (bukan
besaran).
3.1.6.1. Peserta Didik dapat
membandingkan satuan baku dan tidak baku.
3.1.7.1. Peserta Didik dapat
memahami kegunaan satuan baku dalam pengukuran.
3.1.8.1. Peserta Didik dapat
mengkonversi satuan dalam SI (Sistem Internasional).
3.1.9.1. Peserta Didik dapat
menjelaskan pengertian besaran pokok.
3.1.10.1. Peserta Didik dapat
menyebutkan macam-macam besaran pokok beserta satuannya.
3.1.11.1. Peserta Didik dapat
menjelaskan pengertian besaran turunan.
3.1.12.1. Peserta Didik dapat
menyebutkan macam-macam besaran turunan beserta satuannya.
4.1.1.1. Peserta Didik dapat
menyajikan hasil pengamatan, inferensi,dan mengomunikasikan hasil melalui
kegiatan “Mengamati Temanmu” dan “Kerja dalam IPA”.
4.1.2.1. Peserta Didik melakukan
pengukuran dengan satuan tidak baku.
4.1.3.1. Peserta Didik melakukan
pengukuran besaran-besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering
dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
4.1.4.1. Peserta Didik dapat
melakukan pengukuran besaran-besaran turunan sederhana yang sering dijumpai
dalam kehidupan sehari-hari.
Karakter
yang diharapkan :
1. Menunjukkan ketekunan, tanggung
jawab, saling menghargai dalam kegiatan
belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
2.
Memiliki
rasa ingin tahu, teliti, dan peduli lingkungan melalui diskusi, kerja kelompok,
dan melakukan praktikum pengukuran
E. DESKRIPSI
MATERI
1.
Penyelidikan
IPA
-
Metode Ilmiah dalam Penyelidikan IPA
-
Kegunaan Mempelajari IPA
-
Objek yang Dipelajari dalam IPA
2. Pengukuran
- Pengertian Pengukuran
- Besaran dan Bukan Besaran
- Satuan Baku dan Satuan Tidak Baku
3. Pengukuran
- Pengukuran dengan Satuan Tidak
Baku
- Kegunaan Satuan Baku dalam
Pengukuran
- Konversi Satuan dalam SI
4. Besaran Pokok
- Pengertian Besaran Pokok
- Macam-Macam Besaran Pokok Beserta
Satuannya
- Pengukuran Besaran Pokok dengan
Alat Ukur
5. Besaran Turunan
- Pengertian Besaran Turunan
- Macam-Macam Besaran Turunan
Beserta Satuannya
- Pengukuran Besaran Turunan
6. Ulangan Harian
Remedial dan Pengayaan
F.
Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan
Saintifik
2.
Metode
Discovery
G. Sumber Belajar
1.
Wahono
Widodo, Fida Rachmadiarti, dan Siti Nurul Hidayati. 2016. Buku
Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/
MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: halaman 27 - 46.
2.
Wahono
Widodo, Fida Rachmadiarti, dan Siti Nurul Hidayati. 2016. Buku Siswa, Ilmu
Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII
Semester 1. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan: halaman
1 -31.
H. Media
dan Bahan Pembelajaran
1.
Media
a. benda
atau gambar “manfaat IPA” (HP, laptop, kertas, bibit tanaman, dll)
b. benda
atau gambar alat ukur, benda-benda sekitar yang akan diukur dalam kegiatan
“Membuat alat ukur sendiri”
c. model
atau ppt tentang cara pengukuran massa dengan neraca tiga lengan
2.
Alat
dan bahan
a. Alat
dan Bahan sesuai kegiatan “Mengamati Temanmu” dan “Kerja dalam IPA”.
b. Alat
dan Bahan sesuai kegiatan “Membuat alat ukur sendiri”.
c. Alat:
mistar, neraca, stopwatch, gelas ukur, dan serta benda-benda yang hendak diukur
panjang atau massanya.
d. Alat
dan bahan untuk kegiatan mengukur luas daun (daun, kertas milimeter, penjepit,
pensil).
e.
Alat dan bahan untuk Projek pemecahan masalah sesuai
Buku Peserta didik (box cara ekonomis membeli minuman serta Tugas Projek di
bagian akhir Evaluasi Bab I Buku pegangan bagi peserta didik).
I.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Pertemuan 1 (3 JP)
Kegiatan Pembelajaran (Saintifik)
|
Langkah-Langkah
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan
suasana yang kondusif
|
1. Guru
memberi salam pada peserta didik
2. Guru
meminta salah satu peserta didik memimpin
doa
3. Guru
mengajak siswa menyanyikan lagu Indonesia Raya
4. Guru
mengecek kehadiran peserta didik
5. Motivasi
: Guru menampilkan video singkat tentang obyek IPA
6. Guru
meminta perwakilan 4 peserta didik maju ke depan kelas untuk mengamati ciri
yang tampak dan membandingkan hasil pengamatannya.
7. Guru
menyampaikan KD yang akan diajarkan dan indikator pencapaiannya.
8. Guru
menyampaikan teknik penilaian dan sikap yang akan diobservasi
9. Guru
menyampaika skenario PBM yang akan digunakan.
|
25’
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan
informasi/
mencoba
Menalar/
mengasosiasi
Mengkomunika
sikan
|
1. Peserta
didik membentuk kelompok dengan jumlah anggota 4 peserta didik.
2. Peserta
didik secara berkelompok diberi tugas untuk mengamati video tentang proses
penyerapan air pada akar
3. Berdasar
hasil pengamatan peserta didik diminta untuk mengajukan pertanyaan yang
berkaitan dengan proses penyerapan tersebut.
4. Peserta
didik melakukan kegiatan “Kerja dalam IPA” yang langkah-langkahnya serupa
dengan kegiatan dalam buku siswa kelas VII bab 1 halaman
5. Peserta
didik dalam kelompok melakukan pencatatan langkah-langkah dan hasil
pengamatan/percobaan yang telah dilakukan.
6. Peserta
didik menganalisis hasil pengamatan/percobaan yaitu terkait dengan peristiwa
yang terjadi pada kertas saring/kertas tisu.
7. Kelompok
peserta didik mempresentasikan kesimpulan dan kelompok lain memberi
tanggapan.
8. Peserta
didik merumuskan kesimpulan.
|
70’
|
Penutup
|
|
1.
Peserta
didik dengan dibantu guru melakukan refleksi (materi apa yang sudah/belum
dikuasai).
2.
Guru
mendorong peserta didik untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan berupa
keanekaragaman obyek IPA
3.
Guru
memberikan klarifikasi tentang konsep yang didiskusikan dan sekaligus memberi
penekanan konsep-konsep penting dengan
benar.
4.
Guru
memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang
relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik.
5.
Guru
menyampaikan informasi materi pada pertemuan berikutnya, yaitu: Pengukuran
6.
Guru
memberikan tugas untuk menyiapkan alat/bahan untuk pertemuan berikutnya
|
25’
|
2.
Pertemuan 2 (2 JP)
Kegiatan pembelajaran (Discovery learning)
|
Langkah-Langkah
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Persiapan
Stimulus/pemberian
rangsangan
|
1. Guru
memberi salam pada peserta didik
2. Guru
meminta salah satu peserta didik memimpin doa
3. Guru
mengecek kehadiran peserta didik
4. Guru
menyampaikan KD yang akan diajarkan dan indikator pencapaiannya.
5. Guru
menyampaikan teknik penilaian dan sikap yang akan diobservasi
6. Guru
menyampaika skenario PBM yang akan digunakan
7. Motivasi
: Guru memberi pertanyaan yang berkaitan
dengan materi pertemuan ke-1 “Apakah semua obyek IPA bisa diukur dan bagaiman
cara mengukurnya”
8. Apersepsi
: Guru bertanya jawab dengan peserta didik tentang obyek IPA yang dikaitkan
dengan pengukuran.
|
10’
|
Kegiatan
Inti
|
Identifikasi
masalah
Pengumpulan
data
Pengolahan
data
|
1.
Peserta didik membentuk kelompok dengan
jumlah anggota 4 peserta didik.
2.
Peserta didik melakukan kegiatan “Mencoba
membuat alat ukur sendiri” yang langkah-langkahnya serupa dengan kegiatan
dalam buku siswa kelas VII bab 1 halaman 7-8 dan kegiatan “Ayo kita lakukan”
di halaman 10.
3.
Peserta didik dalam kelompok melakukan
pencatatan langkah-langkah dan hasil pengamatan/percobaan yang telah
dilakukan.
4.
Peserta didik menganalisis hasil
pengamatan/percoaan yaitu terkait dengan peristiwa yang terjadi pada
benda-benda yang telah diamati
|
60’
|
Penutup
|
Pembuktian
Menarik
kesimpulan
|
1.
Siswa
bersama-sama dengan guru malakukan koreksi terhadap hasil kegiatan “Mencoba
membuat alat ukur sendiri” yang langkah-langkahnya serupa dengan kegiatan
dalam buku siswa kelas VII bab 1 halaman 7-8 dan kegiatan “Ayo kita lakukan”
di halaman 10.
2.
Siswa
bersama-sama dengan guru menarik kesimpulan tentang definisi pengukuran,
besaran, nilai dan satuan
3.
Guru
memberikan tugas pada peserta didik untuk mempelajari materi kegunaan satuan
baku dalam pengukuran dan konversi satuan
|
10’
|
3.
Pertemuan 3 (3JP)
Kegiatan
|
Langkah-Langkah
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan
suasana yang kondusif
|
1. Guru
memberi salam pada peserta didik
2. Guru
meminta salah satu peserta didik memimpin doa
3. Guru
mengajak siswa menyanyikan lagu Indonesia Raya
4. Guru
mengecek kehadiran peserta didik
5. Motivasi
: Guru memberi pertanyaan yang berkaitan dengan materi pertemuan ke-2 “Apakah
satuan tidak baku dapat memberikan hasil pengukuran yang sama”
6. Apersepsi
: Guru bertanya jawab dengan peserta didik tentang kelebihan dan kekurangan
dari satuan tidak baku yang dikaitkan dengan kegunaan satuan baku dalam
pengukuran.
7. Guru
menyampaikan KD yang akan diajarkan dan indikator pencapaiannya.
8. Guru
menyampaikan teknik penilaian dan sikap yang akan diobservasi
9. Guru
menyampaika skenario PBM yang akan digunakan.
|
15’
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan
informasi/ mencoba
Menalar/
mengasosiasi
Mengkomunika
Sikan
|
1.
Peserta didik membentuk kelompok dengan
jumlah anggota 4 peserta didik.
2.
Peserta didik secara berkelompok diberi tugas
untuk melakukan kegiatan pengamatan (sesuai dengan kegiatan di buku siswa
halaman 11)
3.
Berdasar hasil pengamatan peserta didik
diminta untuk mengajukan pertanyaan tentang satuan baku pada mistar
4.
Peserta didik melakukan kegiatan
“Bandingkanlah” serupa dengan kegiatan dalam buku siswa kelas VII bab 1 di
halaman 12 serta kegiatan “pengukuran benda langit dan ayo latihan” di
halaman 13
5.
Peserta didik menganalisis hasil kegiatan
yaitu terkait dengan satuan baku dan konversi satuan
6.
Peserta didik merumuskan kesimpulan.
7.
Kelompok peserta didik mempresentasikan
kesimpulan dan kelompok lain memberi tanggapan.
|
90’
|
Penutup
|
|
1.
Peserta
didik dengan dibantu guru melakukan refleksi (materi apa yang sudah/belum
dikuasai).
2.
Guru
memberikan klarifikasi tentang konsep yang didiskusikan dan sekaligus memberi
penekanan konsep-konsep penting dengan
benar.
3.
Guru
memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang
relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik.
4.
Guru
menyampaikan informasi materi pada pertemuan berikutnya, yaitu: Besaran pokok
5.
Guru
memberikan tugas pada peserta didik untuk melakukan kegiatan “Ayo kita
lakukan” (secara kelompok) dan kegiatan “penerapan” (secara individu) sesuai
petunjuk pada buku siswa halaman 12 dan 14
|
15’
|
4.
Pertemuan 4 (2JP)
Kegiatan
pembelajaran (saintifik)
|
Langkah-Langkah
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan
suasana yang kondusif
|
1.
Guru memberi salam pada peserta didik
2.
Guru meminta salah satu peserta didik
memimpin doa
3.
Guru mengajak siswa menyanyikan lagu
Indonesia Raya
4.
Guru mengecek kehadiran peserta didik
5.
Motivasi : Guru memberi pertanyaan yang
berkaitan dengan materi pertemuan ke-3 “Apakah kegunaan satuan baku”
6.
Apersepsi : Guru bertanya jawab dengan
peserta didik tentang kelebihan dari satuan baku yang dikaitkan dengan materi
besaran pokok
7.
Guru menyampaikan KD yang akan diajarkan dan
indikator pencapaiannya.
8.
Guru menyampaikan teknik penilaian dan sikap
yang akan diobservasi
9.
Guru menyampaika skenario PBM yang akan
digunakan.
|
10’
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan
informasi/
mencoba
Menalar/
mengasosiasi
Mengkomunika
Sikan
|
1.
Peserta didik membentuk kelompok dengan jumlah
anggota 4 peserta didik.
2.
Peserta didik secara berkelompok diberi tugas
untuk mengamati benda-benda disekitarnya (dalam ruang kelas, misalnya buku
tulis)
3.
Berdasar hasil pengamatan peserta didik
diminta untuk mengajukan pertanyaan tentang besaran pokok yang berkaitan
dengan buku tulis tersebut
4.
Peserta didik melakukan kegiatan “Ayo kita
lakukan” serupa dengan kegiatan dalam buku siswa kelas VII bab 1 di halaman
14 dan 19 (mengukur massa)
5.
Peserta didik menganalisis hasil kegiatan
yaitu terkait dengan besaran pokok (panjang dan massa)
6.
Peserta didik merumuskan kesimpulan.
7.
Kelompok peserta didik mempresentasikan
kesimpulan dan kelompok lain memberi tanggapan.
|
60’
|
Penutup
|
|
1.
Peserta
didik dengan dibantu guru melakukan refleksi (materi apa yang sudah/belum dikuasai).
2.
Guru
memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang
relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik.
3.
Guru
melakukan review bersama peserta didik dengan menjawab pertanyaan di buku
siswa “ayo kita lakukan” halaman 18
4.
Guru
menyampaikan informasi materi pada pertemuan berikutnya, yaitu: Besaran
turunan
|
10’
|
5.
Pertemuan 5 (3JP)
Kegiatan pembelajaran (saintifik)
|
Langkah-Langkah
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan
suasana yang kondusif
|
1. Guru
memberi salam pada peserta didik
2. Guru
meminta salah satu peserta didik memimpin doa
3. Guru
mengajak siswa menyanyikan lagu Indonesia Raya
4. Guru
mengecek kehadiran peserta didik
5. Motivasi
: Guru menunjukan selembar kertas pada peserta didik dan menanyakan bagaimana
cara mengukur luasnya
6. Apersepsi
: Guru bertanya jawab dengan peserta didik tentang cara mengukur luas kertas
yang dikaitkan dengan materi besaran turunan
7. Guru
menyampaikan KD yang akan diajarkan dan indikator pencapaiannya.
8. Guru
menyampaikan teknik penilaian dan sikap yang akan diobservasi
9. Guru
menyampaikan skenario PBM yang akan digunakan.
|
15’
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan
informasi/
mencoba
Menalar/
mengasosiasi
Mengkomunika
sikan
|
1.
Peserta didik membentuk kelompok dengan
jumlah anggota 4 peserta didik.
2.
Peserta didik secara berkelompok diberi tugas
untuk mengamati sehelai daun
3.
Berdasar hasil pengamatan peserta didik
diminta untuk mengajukan pertanyaan tentang besaran turunan yang berkaitan
dengan sehelai daun tersebut
4.
Peserta didik melakukan kegiatan “Ayo kita
lakukan” serupa dengan kegiatan dalam buku siswa kelas VII bab 1 di halaman
22 (mengukur luas daun) dan halama 23-24 (cara membeli minuman termurah)
5.
Peserta didik menganalisis hasil kegiatan
yaitu terkait dengan besaran turunan (luas dan volume)
6.
Peserta didik merumuskan kesimpulan.
7.
Kelompok peserta didik mempresentasikan
kesimpulan dan kelompok lain memberi tanggapan.
|
90’
|
Penutup
|
|
1.
Peserta
didik dengan dibantu guru melakukan refleksi (materi apa yang sudah/belum
dikuasai).
2.
Guru
memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang
relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik.
3.
Guru
melakukan review bersama peserta didik dengan menjawab pertanyaan di buku siswa
“ayo kita latihan” halaman 26
4.
Guru
menyampaikan informasi pada pertemuan berikutnya,akan diadakan ulangan harian
dengan materi bab 1
|
15’
|
6.
Pertemuan 6 (2 JP)
a. Penilaian Harian (40 menit)
Mengerjakan soal essai sejumlah 10
butir soal.
b.
Pembahasan/Refleksi (20 menit)
Membahas soal/melakukan refleksi
terhadap indikator pencapaian kompetensi.
c. Perbaikan/Pengayaan
(20 menit)
Analisis Hasil Ulangan Harian,
apabila:
1.
Tuntas
secara klasikal (Melaksanakan program pengayaan, sementara peserta didik yang
tidak tuntas mengikuti program perbaikan)
2.
Tidak
tuntas secara klasikal (Melaksanakan program perbaikan, sementara peserta didik
yang tuntas mengikuti program pengayaan)
J.
PENILAIAN
1. Teknik
penilaian
a. Observasi
sikap
b. Tes
Tulis
c. Penugasan
d. Tes
Kinerja
2. Instrumen
penilaian
a. Jurnal
sikap:
Lampiran 1: Instrumen
Penilaian Sikap
Spiritual dan Sikap Sosial
b. Instrumen
penilaian pengetahuan:
Lampiran 2: Tes
tertulis (uraian)
c. Instrumen
penilaian keterampilan
Lampiran 3 : Lembar
Penilaian dalam melakukan kegiatan
3. Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a.
Pembelajaran remedial
Pembelajaran remedial dilaksanakan dengan mengulang
materi pembelajaran reguler khusus bagi siswa yang mendapatkan nilai kurang
dari KKM
b.
Pembelajaran Pengayaan:
Pengayaan dilakukan dengan
memberikan tugas siswa/soal latihan tentang konversi satuan dengan satuan yang
lebih kompleks.