DAFTAR
PUSTAKA
Abruscato, J., & DeRosa, D.A. (2010). Teaching
children science : a discovery approach. Boston: Allyn & Bacon.
Alec Fisher. (2008). Berpikir Kritis: Sebuah
Pengantar. Jakarta : Erlangga.
Ali Syahbana. (2012). Peningkatan Kemampuan
Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP melalui Pendekatan Contextual Teaching and
Learning. Jurnal Edumatica. ISSN:
2088-2157. Vol. 2, No.1 (hal 45-57)
Angelo, T. A. (1995). Beginning
the dialogue: Thoughts on promoting critical thinking: Classroom assessment for
critical thinking. Teaching of Psychology, 22(1), 6-7.
Anderson Lorin W, dan David R. Krathwohl. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and
Assessing. New York.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
Bailer, J., Ramig, J.E., & Ramsey, J.M. (2006). Teaching
science process skills. Michigan: Frank Schaffer Publications.
Barmoyo, N. Q. dan Wasis. (2014). Analisis Soal-Soal
Dalam BSE, UN, dan TIMSS Ditinjau dari Domain Kognitif dan Indikator
Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal. (Online).
(http://ejournal.unesa.ac.id/article/9750/32/article.pdf,
Bundu, P. (2006). Penilaian keterampilan proses dan
sikap ilmiah dalam pembelajaran sains SD. Jakarta: Depdiknas.
Conant, James B. (1955). On Understanding Science (An
Historical Approach). The American Library.
Cruz, J.P.C.D. (Agustus 2014). Experiencing science in
a 21st century middle school clasroom. Makalah disajikan dalam
International Conference on Advances in Education Technology (ICAET 2014).
Darmawan. (2010). Penggunaan Pembelajaran
Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada
Pembelajaran IPS di MI Darrusaadah Pandeglang. Jurnal Pendidikan. ISSN: 1412-565X. Vol. 11, No. 2 (hal 22-29)
Daryanto. (2010). Menyusun
Modul. Yogyakarta: Gava Media
Depdiknas. (2008).
Teknik Penyusunan Modul. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen
Pendidikan Dasar dan Menengah
Emi Rofifah. (2013). Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan
Berpikir Tingkat Tinggi Fisika Pada Siswa SMP. Surakarta: FKIP UNS Surakarta
Endang,
Mulyatiningsih. (2013). Metode Penelitian Terapan
Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Ermininingsih. (2013). Pembelajaran
Biologi Model PBM Menggunakan Lembar Kerja Terbimbing Dan Lembar Kerja Bebas
Termodifikasi Ditinjau Dari Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Berpikir
Analitis. Tesis.
Surakarta: Program Pascasarjana UNS Surakarta
Filsaime, Dennis K. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi
Pustaka Publisher.
Fitri, April
yanti. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran
Fisika SMA/MA Berbasis Masalah pada
Materi Usaha dan Energi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Tesis. Surakarta: Program Pascasarjana UNS Surakarta.
Friska Octavia Rosa. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran
IPA SMP Pada Materi Tekanan Berbasis Keterampilan
Proses Sains. FKIP Universitas Muhammadiyah Metro.
Hamdani. (2011). Strategi
Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia
Hendra
Surya. (2013). Cara Belajar Orang Genius. Jakarta: Gramedia.
I Wayan Sadia. (2008). Model Pembelajaran Yang Efektif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis (Suatu Persepsi
Guru). Tesis. Surakarta: Program Pascasarjana Universitas
Pendidikan Ganesha.
Jack, G.U. (2013). The influence of identified student
and school variables on students’ science process skills acquisition. Journal
of Education and Practice, 4, 16-22. Diambil dari http://iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/view/4783
Karamustafaoglu, S. (2011). Improving the science process
skills ability of science student teachers using I diagrams. Eurasian J.
Phys. Chem. Educ., 3, 26-38. Diambil dari http://www.acarindex.com/dosyalar/makale/acarindex-1423880494.pdf.
Kd. Urip Astika. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Sikap Ilmiah
dan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal
Program Pascasarjana Universitas
Pendidikan Ganesa Program Studi IPA. Volume 3, 2013.
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013.
Jakarta.
Martinis, Yamin. (2013). Strategi dan Metode dalam
Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Grup.
Michael O. Martin, Ina V.S.
Mullis, Pierre Foy, and Gabrielle M. Stanco. (2011). TIMSS 2011 International
Results in Science. USA: TIMSS & PIRLS International Study Center Lynch
School of Education Boston College.
Mohammad Nur. (2011). Modul
Keterampilan-keterampilan Proses Sains.
Surabaya: PSMS UNS.
Nana Sudjana. (1989). Penilaian
Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
OECD. (2013). Asian countries top OECD’s latest PISA
survey on state of global education. (Online).
http://www.-oecd.-org/newsroom/asian-countries-topoecd-s-latest-pisa-survey-on-state-of-global-education.-htm
Ongowo, R.O., & Indoshi, F.C. (2013). Science process
skills in the kenya certificate of secondary education biology practical
examinations. Journal Scientific Research, 4, 713-717. Diambil dari http://e-resources.pnri.go.id:2057/docview/1468675451?accountid=25704.
Osman, K. (2012). Primary sicience: knowing about the
world through science process skills. Asian Social Science, 8, 16.
Diambil dari http://ccsenet.org/journal/index.php/ass/article/view/22677.
Ozgelen, Sinan. (2012). Students’ science process skills
within a cognitive domain framework. Eurasia Journal of Mathematics, Science
& Technology Education, 8, 283-292. Diambil dari www.ejmste.com/v8n4/eurasia_v8n4_ozgelen.pdf.
Prasetyo, Z. K., Senam, Wilujeng, I., et. al,. (2011). Pengembangan
perangkat pembelajaran sains terpadu untuk meningkatkan kognitif, keterampilan
proses, kreativitas serta menerapkan konsep ilmiah peserta didik SMP.
Laporan Penelitian. UNY.
Puskur
Balitbang Depdiknas. (2007). Panduan
Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta: Depdiknas.
Rahma Ditasari. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran
IPA Terpadu Berpendekatan Keterampilan Proses Sains Pada Tema Dampak Limbah
Rumah Tangga Terhadap Lingkungan Untuk SMP Kelas VIII. Semarang: FMIPA Universitas Negeri
Semarang.
Rauf, R.A.A., Rasul, M.S., Mansor, A.N., et. al, (2013).
Inculcation of science process skills in a science classroom. Jurnal of
Asian Social Science: Canadian Center of Science and Education, 9, 47-57.
Diambil dari http://www.ccsenet.org/journal/index.php/ass/article/ view/26883
Ridwan. (2010). Metode
dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta
Rezba, R.J., Sprague, C.S., Fiel, R.L., et. al, (1995).
Learning and assessing science process skills. (3rd ed). Iowa:
Kendall/Hunt Publishing Company.
Ridwan, Abdullah Sani. (2013). Inovasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran.
Jakarta: Rajawali Pers.
Rustaman, N. (2005). Strategi belajar mengajar
biologi. Malang: UM Press.
Ratih Dewi P. (2014). Pengembangan Modul Berbasis
Kemampuan Berpikir Kritis Untuk Memberdayakan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA
Sistem Gerak Manusia. Tesis. Surakarta:
Program Pascasarjana UNS Surakarta.
Santoso, Hadi. (2009). Pengaruh Penggunaan
Laboratorium Riil dan Laboratorium Virtuil pada Pembelajaran Fisika Ditinjau
dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Tesis. Tidak Dipublikasikan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret
Slameto. (2010). Belajar
dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta:
PT Rineka Cipta.
Somantri
dan Muhidin. (2011). Aplikasi Statistik Dalam Penelitian.
Bandung: Pustaka Setia.
Subana, Moersetyo Rahardi, dan Sudrajat. (2000). Statistik Pendidikan.
Bandung: Pustaka Setia.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan
Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suhaenah, Suparno. (2001). Membangun Kompetensi
Belajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departmen
Pendidikan Nasional.
Sukardjo. (2009). Handout Evaluasi
Pembelajaran sains(untuk kalangan sendiri). Yogyakarta: Pasca Sarjan
Uiversitas Negeri Yogyakarta.
Sumaji, dkk. (1998). Pendidikan Sains Yang Humanistis. Yogyakarta: Kanisius.
Susantini, E. (2012). Pengembangan Petunjuk
Praktikum Genetika Untuk Melatih Keterampilan Berpikir
Kritis. Surabaya: FMIPA Jurusan Biologi Surabaya.
Susilo, A.B. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran
IPA Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Berpikir Kritis Siswa SMP. Tesis. Semarang: Program
Pascasarjana Universitas Negeri
Semarang.
Tia Ristiasari. (2012). Model Pembelajaran
Problem Solving Dengan Mind Mapping Terhadap Kemampuan
Berpikir Kritis Siswa. Tesis. Semarang: FMIPA Jurusan Biologi Universitas Negeri Semarang.
Trianto. (2013).
Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada
Media Group.
Udin S.Winataputra. (2007). Teori
Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Usman Samantowa. (2011). Bagaimana Membelajarkan
IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Utomo, Tjipto. (1991). Peningkatan dan Pengembangan
Pendidikan. Jakarta: Gramedia Pustaka
Utama.
UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional.
Vembriarto. (1985). Pengantar pengajaran modul. Yogyakarta: Yayasan Pendidikan Paramita.
Wahaf, Jufri. (2013). Belajar dan pembelajaran sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta