RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VIII/2
Topik : Zat Aditif dan Zat Adiktif
Sub Topik : Zat Adiktif
Alokasi Waktu : 3 x 40 menit ( 1 x pertemuan )
A.
Kompetensi Inti
KI. 1. Menghargai
dan menghayati agama yang dianut
KI. 2. Menghargai
dan menghayati prilaku jujur , disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong royong) , santun percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
KI.3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI.4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkrit ( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat), dan ranah abstrak (menulis, mebaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang), sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar
3.7. Mendeskripsikan
zat aditif (alami dan buatan) dalam makanan dan minuman (segar dan dalam
kemasan), zat adiktif psikotropika serta pengaruhnya terhadap kesehatan
Indikator :
1. menjelaskan efek penggunaan bahan adiktif bagi kesehatan
2. menjelaskan
pengaruh psikotropika terhadap kesehatan
4.7. Menyajikan
data, informasi, dan mengusulkan ide pemecahan untuk menghindari terjadinya
penyalahgunaan zat adiktif dalam makanan dan minuman serta zat adiktif
-psikotropika
Indikator :
1.
mengusulkan
ide pemecahan masalah peredaran zat adiktif psikotropika di Indonesia
C.
Tujuan Pembelajaran
1.
Menyebutkan 3
kelompok bahan adiktif
2.
Menjelaskan
kerugian penggunaan bahan adiktif narkotika terhadap kesehatan
3.
Menjelaskan
kerugian penggunaan psikotropika terhadap kesehatan
4.
Memunculkan
ide inovatif untuk memecahkan masalah peredaran narkotika dan psikotropika
D.
Materi
Bahan
adiktif
Adalah bahan yang dapat mengakibatkan penggunanya mengalami kecanduan.
Bahan adiktif dibedakan menjadi 3 kelompok, yaitu: Bahan adiktif bukan
narkotika dan psikotropika, bahan adiktif narkotika, dan bahan adiktif
psikotropika.
a.
Bahan Adiktif
bukan narkotika dan psikotropika
Yang termasuk bahan ini adalah : theine, kafein, dan nikotin, dimana
theine pada teh, kafein pada kopi, nikotin pada rokok. Meskipun bahan adiktif
dalam kopi tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan, tetapi kopi
memiliki manfaat dalam beberapa terapi kesehatan. Kopi dapat dipakai untuk
mencegah penyakit parkinson, kanker usus, kanker lambung, dan kanker paru-paru.
Tetapi nikotin dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Merokok merugikan
organ-organ tubuh, baik luar maupun dalam. Pengaruh luar rokok adalah berupa
perubahan warna gigi dan kulit, sedang faktor dalam dapat memicu adanya kanker
paru – paru
b.
Narkotika
Adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman ,
baik sintetis maupun semi sintetis, yang dapat menyebabkan penurunan atau
perubahan kesadaran , hilangnya rasa,
mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan
ketergantungan, yang dibedakan ke dalam golongan-golongan tertentu.
c.
Psikotropika
Psikotropika merupakan zat atau obat, alamiah/sintetis bukan narkotika,
yang berkhasiat psikoaktif, berpengaruh selektif pada saraf pusat yang menyebabkan
perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku seseorang. Zat psikotropika
dapat menurunkan aktivitas otak
atau merangsang susunan saraf pusat dan
menimbulkan kelainan perilaku, disertai halusinasi, ilusi, gangguan cara
berpikir, perubahan alam perasaan.
d.
Dampak fisik
dan psikis penyalahgunaan narkoba
1)
Dampak
penyalah gunaan narkoba pada keadaan fisik, adalah sebagai berikut:
a)
Gangguan
sistem saraf (kejang, halusinasi, gangguan kesadaran, kerusakan saraf tepi)
b)
Gangguan
jantung dan pembuluh darah berupa: infeksi otot jantung, gangguan peredaran
darah.
c)
Gangguan
kulit (abses /penanahan, eksem, alergi)
d)
Gangguan
paru-paru ( penekanan fungsi pernapasan, kesulitan bernapas, pengerasan
jaringan paru-paru)
e)
Overdosis
(menyebabkan kematian)
2)
Dampak penyalahghunaan
narkoba terhadap psikis
Contoh : lamban dan ceroboh dalam bekerja, sering merasa tegang dan
gelisah, hilang kepercayaan diri, apatis, gemar berkhayal, penuh curiga,
agitatif, menjadi ganas dan tingkah laku brutal, sulit berkonsentrasi, perasaan
kesal dan tertekan, cenderun menyakiti diri, perasaan tidak aman, bahkan bunuh
diri.
E.
Pendekatan/Startegi/Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan :
Saintifik dan ketrampilan proses
2.
Metode :
Diskusi
3.
Model : Problem Based Learning (PBL)
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media : artikel Narkoba
2.
Alat :
3.
Sumber
Pembelajaran
a.
Buku IPA SMP
Kelas VIII, Puskurbuk 2013
b.
Televisi atau
internet
G. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Ke 3
Kegiatan
|
Langkah-langkah model
Problem Based Learning (PBL)
|
Diskripsi kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
Fase 1
Orientasi
peserta didik pada masalah
|
Guru
: melakukan apersepsi dan motivasi
“Apakah
kamu sering menjumpai orang disekitar kamu yang merasa pusing jika sehari
tidak merokok atau minum kopi?”
“Pernahkah
kamu melihat orang yang sedang ketagihan/sakau baik nyata atau di film ?”
Guru
: menyampaikan tujuan pembelajaran
Tentang
:
1. Tiga kelompok bahan adiktif
2. kerugian menggunakan narkotika dan psikotropika bagi kesehatan
3.
pemecahan masalah peredaran narkotika
|
20 menit
|
Kegiatan Inti
|
Fase 2
Mengorganisasi
peserta didik dalam belajar
|
Guru
: membantu peserta didik dalam mengorganisasi tugas belajar yang berhubungan
dengan bahan adiktif
Guru
: membagi arikel tentang cuplikan berita tentang narkoba
Peserta
didik : berkelompok secara heterogen
Peserta
didik : berdiskusi tentang artikel yang telah dibagi pada setiap kelompok
|
80 menit
|
Fase 3
Membimbing
penyelidikan peserta didik secara mandiri maupun kelompok
|
Guru
: membimbing peserta didik dalam memecahkan masalah
Peserta
didik : berdiskusi tentang masalah narkoba yang ada pada artikel
Guru
: memfasilitasi dan membimbing kelompok belajar berdiskusi untuk menjawab
permasalahan
|
||
Fase 4
Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
|
Peserta
didik : menyiapkan laporan dengan berbagi tugas sesama teman
Peserta
didik : mempresentasikan hasil diskusinya dan membuat laporan tertulis
|
||
Fase 5
Menganalisi
dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Peserta
didik : dibimbing guru melakukan analisis terhadap pemecahan masalah yang ditemukan
peserta didik
Guru
: memberi penghargaan pada kelompok yang berhasil memecahkan masalah
Guru
: membimbing peserta didik untuk menarik kesimpulan
|
||
Penutup
|
|
Guru
:
· Merefleksi pembelajaran
· Memberi tes kompetensi
(pertanyaan)
· menugaskan peserta
didik mempelajari materi yang akan dibahas selanjutnya
|
20 menit
|
H.
Penilaian
1.
Penilaian dan Bentuk Instrumen Penilaian
Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Sikap
|
Lembar pengamatan sikap
dan rubrik
|
Ketrampilan
|
Lembar pengamatan
ketrtampilan dan rubrik
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
2.
Instrumen
Penilaian
a. Lembar
Pengamatan sikap
No
|
Nama Peserta Didik
|
Disiplin
|
Teliti
|
Kerja sama
|
Kreatif
|
Jumlah skor
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
penilaian sikap
·
Skor 1 =
pasif/tidak pernah berprilaku dalam kegiatan
·
Skor 2 = jika
kadang-kadang berprilaku dalam kegiatan
·
Skor 3 = jika
sering berprilaku dalam kegiatan
·
Skor 4 = jika
selalu berperilaku dalam kegiatan
|
||||||||||||||
b. Lembar
Pengamatan Ketrampilan dalam diskusi
No
|
Nama
|
Menuliskan kesimpulan
|
Berbicara
|
Jumlah skor
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
Rubrik
Penilaian ketrampilan
·
Skor = 3,
jika kesimpulan benar
·
Skor = 2,
jika kesimpulan benar, kurang tepat
·
Skor = 1,
jika kesimpulan salah
·
Skor = 3 ,
jika berbicara lancar
·
Skor = 2 ,
jika berbicara kurang lancar
·
Skor = 1,
jika berbicara tidak lancar
c. Instrumen
soal Pengetahuan
Indikator Soal
1.
Peserta didik
dapat menyebutkan 3 kelompok bahan adiktif
2.
Peserta didik
dapat menjelaskan efek penggunaan bahan adiktif bagi kesehatan
3.
Peserta didik
dapat menjelaskan pengaruh psikotropika terhadap kesehatan
4.
Peserta didik
mampu menemukan ide pemecahan masalah peredaran zat adiktif psikotropika di
Indonesia
Soal
Uraian
1.
Sebutkan 3 kelompok
bahan adiktif yang kamu ketahui !
2.
Jelaskan efek penggunaan bahan adiktif bagi
kesehatan !
3.
Jelaskan pengaruh psikotropika terhadap
kesehatan !
4.
Sebutkan ide pemecahan masalah peredaran zat adiktif
psikotropika di Indonesia
Rubrik Penilaian Uraian
No
|
Uraian
|
Skor
|
1
|
·
Bahan
adiktif bukan narkotika dan psikotropika
·
Bahan
adiktif narkotika
·
Bahan
adiktif psikotropika
|
15
|
2
|
·
Alkohol
menyebabkan gangguan jantung danotot saraf, mengganggu metabolisme, janin
menjadi cacat
·
Ganja
menyebabkan daya tahan tubuh berkurang dan melemah, mudah terserang penyakit
·
Halusinogen
menyebabkan pendarahan otak
·
Kokain
menyebabkan kekurangan sel darah putih (dalam jangka panjang pemakaian),
badan menjadi kurus
·
Opiat/opioda
menyebabkan terganggunya menstruasi pada wanita seerta impotensi pada
laki-laki
·
Inhalasia
menyebabkan gangguan pada fungsi jantung, otak dan liver
|
60
|
3
|
·
Narkotika
menyebabkan kematian jika menggunakan berlebihan
·
Morfin
menyebabkan pingsan atau kematian
·
Ekstasi
menyebabkan kehilangan daya ingat dan kemampuan menggerakkan badan jika
penggunaan dalam waktu yang lama
|
15
|
4
|
Menetapkan undang-undang dan menghukum
sesuai peraturan para pelaku pengedar narkoba
|
10
|
|
Jumlah skor
|
100
|
|
Nilai = jumlah skor
|
|