MODUL
Mengenali
dan Memahami Diri Sebagai Pendidik
Pada modul ini, kita akan
belajar dua hal:
1.
Merefleksikan
diri dan peran sebagai pendidik
2.
Memproyeksikan
diri menjadi guru seperti apa di masa depan
Daftar Materi:
·
Mengenali
Diri dan Perannya Sebagai Pendidik
·
Apa
Peran Saya Sebagai Guru
·
Ingin
Menjadi Guru Seperti Apa Saya
Langkah Penyelesaian Modul
1.
Belajar
materi
2.
Refleksi
pembelajaran
3.
Post
Test
Dikembangkan oleh
Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta ditinjau oleh Simon Petrus Rafael dan
Monika Irayati
Simon Rafael dan Monika Irayati berpengalaman di bidang pendidikan dan kepelatihan guru, salah satunya adalah Program Guru Penggerak
Mengenali
Diri dan Perannya Sebagai Pendidik
Sebagai
Pendidik tentu sudah seharusnya mampu mengenali karakteristik dan kebutuhan
murid. Akan tetapi hal yang paling mendasar juga harus dimulai dari diri
sendiri yaitu mengenali kekuatan dan kelemahan diri. Video ini mengajak Ibu dan
Bapak Guru merefelksikan kekuatan dan kelemahan yang kita punyai, lalu
bagaimana kita dapat mengelola apa yang kita miliki tersebut untuk berperan
mendidik murid-murid kita.
Referensi:
Ki Hadjar Dewantara - Ki
Hadjar Dewantara (Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka). Cetakan ke
5: 2013.
Penerbit:
Universitas Sarjanawiyata
Tamansiswa bekerja sama dengan Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa 2013
Latihan
Pemahaman
Sebelum memerdekakan murid
dalam belajarnya, berikut yang dapat dilakukan guru?
a.
Meminta
murid belajar sendiri sesuai keinginannya
b.
Tidak
merasa perlu meningkatkan kompetensinya
c.
Memaknai dan menghayati diri sebagai manusia yang merdeka untuk
terus belajar
d.
Mempercayakan
kepada murid proses belajar tanpa bimbingan
Cerita
Reflektif :
Peran apa yang paling
dominan Anda lakukan kepada murid-murid Anda?
Jawaban :
Untuk dapat mengenali
karakteristik dan kebutuhan murid, tentu saja seorang Pendidik harus dapat
berkomunikasi dengan murid, baik didalam pembelajaran maupun diluar
pembelajaran. Sisi positif keberlangsungan komunikasi dengan guru dan murid
akan menimbulkan sisi positif lainnya yaitu senang belajar dengan belajar yang
menyenangkan.
Membangun komunikasi
dengan para murid-murid sehingga guru lebih dapat memahami apa yang dibutuhkan
murid-murid untuk kemajuan pembelajaran