Thursday 10 November 2022

Ingin Menjadi Guru Seperti Apa Saya - Modul Mengenali dan Memahami Diri Sebagai Pendidik

 

Ingin Menjadi Guru Seperti Apa Saya



Murid seringkali terinspirasi dari Ibu dan Bapak gurunya. Tentu sebagai guru, kita ingin memberikan pengaruh-pengaruh yang baik di masa depan murid. Video ini mengajak kita memproyeksikan menjadi guru seperti apa di masa depan?

Referensi:

Ki Hadjar Dewantara - Ki Hadjar Dewantara (Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka). Cetakan ke 5: 2013.

Penerbit:

Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa bekerja sama dengan Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa 2013



Latihan Pemahaman

Berikut ini hal-hal yang dilakukan guru untuk menginspirasi muridnya, kecuali:

a.      bertutur kata lembut kepada murid

b.      mendengarkan pendapat murid

c.      mempermalukan di depan murid lain

d.      memotivasi untuk gemar dan senang belajar

 

Jika Anda bisa kembali ke masa di mana Anda menjadi murid di bangku sekolah, siapa guru yang ingin Anda belajar dengannya?

Jawaban : .

Jika saya bisa kembali ke masa saya menjadi murid di bangku sekolah, guru yang ingin saya belajar dengannya adalah semua guru, karena masing-masing guru memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tetapi ada yang paling ingin saya senangi waktu itu adalah guru biologi.

Pengembangan Kompetensi Fitur Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di Platform Merdeka Mengajar

  Pada tanggal 19 Desember 2023 GTK Kemdikbudristek telah merilis Fitur Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di Platform Merdeka Meng...