I. Pilihlah jawaban yang paling benar
1. Interaksi antarkesatuan berbagai komunitas dengan lingkungan disebut
....
a.
individu b. komunitas c. populasi d.
ekosistem
2. Saat kegiatan praktikum di kebun sekolah, kelompok Susi mencatat
adanya 21 tanaman rumput, 2 tanaman bunga soka, dan 14 ekor semut. Dari data
tersebut kelompok Susi mencatat data komponen ....
a.
individu b. populasi c. komunitas d. ekosistem
3. Bakteri saprofit merupakan organisme yang dapat mengubah senyawa
organik menjadi senyawa anorganik. Kedudukan bakteri tersebut sebagai komponen
....
a.
produsen b. konsumen c. dekomposer d. predator
4. Pernyataan yang benar adalah ....
a.
setiap organisme hanya memiliki satu interaksi dengan organisme lain dalam satu
lingkungan
b. semua tumbuhan merupakan produsen karena semua tumbuhan dapat
melakukan proses fotosintesis
c.
herbivora tidak pernah menjadi predator bagi hewan lainnya
d.
pada ekosistem buatan tidak terjadi rantai makanan
5. Ekosistem dikatakan seimbang bila jumlah ....
a.
konsumen sama dengan produsen c.
produsen lebih besar dari konsumen
b.
produsen lebih kecil dari konsumen d.
konsumen dan produsen lebih besar dari pengurai
6. Pada tahun 2017, Kota S dengan luas daerah 150.000 km2 memiliki
penduduk 300.000 orang. Maka kepadatan populasi penduduknya adalah ....
a. 5
orang/km2 b. 4 orang/km2 c. 3 orang/km2 d. 2 orang/km2
7. Makhluk hidup yang mampu menggunakan sinar matahari untuk mengolah makanan
adalah ....
a.
tumbuhan b. hewan c. manusia d. jamur
8. Berikut ini adalah contoh individu, kecuali ....
a. sekumpulan
bebek c.
seekor ayam
b.
sepotong paha ayam d.
seekor monyet
9. Makhluk hidup yang berperan sebagai produsen pada ekosistem air laut adalah
....
a.
hiu b. tumbuhan laut c. paus d. ikan kecil
10. Yang berperan sebagai produsen air tawar adalah ....
a. alga b.
serangga c. jamur d. ikan kecil
11. Berikut ini adalah jenis-jenis simbiosis, kecuali ....
a. mutualisme b. komensalisme c. parasitisme d. netralisme
12. Gabungan sekelompok kuda, sekelompok singa dan sekelompok rusa di
padang rumput, membentuk ....
a. ekosistem b. populasi c. komunitas d. individu
13. Faktor abiotik yang berpengaruh pada tersedianya oksigen pada lautan
adalah ....
a. air b. angin c. suhu d. cahaya matahari
14. Manfaat tumbuhan air dalam akuarium bagi komponen biotik lain adalah
....
a. keindahan b. menjernihkan
air c.
suplai oksigen d. membuat teduh
15. Ekosistem yang paling mudah mengalami perubahan rantai makanan setiap
tahun adalah ....
a. laut b. sungai c. sawah d.
hutan
16. Jika suatu ekosistem air tawar tercemar insektisida kadar terbesar penimbunan
bahan pencemar akan terdapat pada . . . .
a.
air tawar b. ikan kecil c.
ikan besar d.Fitoplankton
17. Jika di sawah terdapat seekor burung, tiga petani, 15 ekor belalang, 6
ekor katak, 2 ekor ular, dan ada sinar matahari, maka yang disebut individu
adalah . . . .
a. 6
ekor katak c. 1 ekor burung
b.
sinar matahari d.
15 ekor belalang
18. Lingkungan dibedakan menjadi 2, yaitu lingkungan biotik dan lingkungan
abiotik. Lingkungan biotik merupakan lingkungan yang . . . .
a.
sebagai habitat flora dan fauna c.
menunjang manusia dan aktivitasnya
b. terdiri atas air, udara, dan tanah d. disusun produsen, konsumen, dan
pengurai
19. Saling ketergantungan pada
makhluk hidup akan membentuk pola interaksi. Gambar di bawah ini adalah ikan
badut dan anemon membentuk simbiosis ....
a. Mutualisme c.
amensalisme
b. Parasitisme d.
komensalisme
20.
Perhatikan gambar jaring-jaring makanan di bawah ini!
Dari
jaring-jaring makanan tersebut yang berperan sebagai konsumen tingkat kedua
adalah ....
a. Tikus dan
belalang
b. Tikus dan
ular
c. Elang dan
ular
d. Rumput dan
ulat
II. Jawablah pertanyaan
di bawah ini dengan benar?
1.
Perhatikan Gambar di bawah ini!.
Berapa
rantai makanankah yang terlihat pada gambar jaring-jaring makanan tersebut?
Jelaskan!
2.
Apakah yang akan terjadi apabila salah
satu organisme tidak tersedia di alam?
3. Apakah yang akan terjadi jika produsen
dalam suatu ekosistem punah? Coba prediksikan jawabanmu. Jelaskan alasanmu!
4.
Perhatikan gambar rantai makanan pada
ekosistem di sawah di bawah ini!
Jika para petani melakukan pemberantasan serangga,
apa yang akan terjadi pada populasi padi dan katak? Jelaskan.
5. Apa saja yang mungkin memengaruhi
keseimbangan ekosistem sawah tersebut? Coba identifikasikanlah 5 komponen
abiotik yang ada!.
6.
Apa yang akan terjadi jika produsen pada
ekosistem sawah tersebut habis karena suatu bencana alam, misalnya terjadi
banjir?
7.
Mengapa (padi, serangga, katak, ular,
dan elang) dapat hidup di satu tempat yang sama, yaitu ekosistem sawah?
Jelaskan jawabanmu berdasarkan Gambar soal nomor 4.
8.
Apabila pada ekosistem sawah tersebut
tidak ada ular, coba jawab hal-hal yang akan terjadi berikut ini.
a. Apa yang akan terjadi dengan populasi katak pada
ekosistem sawah tersebut?
b. Apa yang akan terjadi pada populasi elang pada
ekosistem sawah tersebut?
c. Apa dampak yang ditimbulkan pada aktivitas
pertanian yang dilakukan oleh para petani pada eksosistem sawah tersebut?
9.
Gambar di bawah ini memperlihatkan
contoh saling ketergantungan yang terjadi pada organisme perairan. Sepanjang
hari, organisme-organisme tersebut memberi atau memanfaatkan (a) atau (b)
seperti dalam gambar.
Apakah
gambar (a) dan (b) diatas dapat mewakili saling ketergantungan organisme? Jelaskan.
10. Apa
yang dimaksud dengan hal berikut? Jelaskan.
a. Individu
b. Populasi
c.
Komunitas
Jawaban
A.
Pilihan Ganda
1.
C 6. C 11.
B 16. C 21. D
2.
D 7. D 12.
D 17. D 22. B
3.
D 8. C 13.
A 18. A 23. C
4.
D 9. D 14.
B 19. D 24. B
5.
D 10. C 15.
D 20. D 25. D
B.
Uraian
1.
Jumlah rantai makanan :
a. tumbuhan
à burung pipit à musang Ã
elang à pengurai/jamur
b. tumbuhan
à burung pipit à elang Ã
pengurai/jamur
c. tumbuhan
à tikus Ã
elang à pengurai/jamur
d. tumbuhan
à tikus Ã
musang à elang Ã
pengurai/jamur
ada 4 rantai makanan
2.
akan terjadi ketidakseimbangan ekosistem
3. akan terjadi kepunahan konsumen tingkat
I, II III, dst, karena adanya hubungan saling membutuhkan dari tingkat dasar.
4. Populasi padi akan meningkat karena
pemangsanya berkurang, sedangkan populasi katak akan berkurang karena jumlah makanannya berkurang
5.
a) air c)
batu-batuan e) pupuk
b) udara d) tanah
6.
Jika populasi padi habis, maka akan
terjadi gangguan ekosistem karena padi merupakan produsen yang menjadi sumber
utama aliran materi pada ekosistem sawah. Selain itu, petani juga akan mengalami gagal panen.
7. Organisme-organisme yang berbeda-beda
tersebut memiliki saling ketergantungan, yakni hubungan makan dan dimakan,
sehingga mereka menyusun ekosistem
sawah.
8. Yang terjadi :
a. Populasi katak akan meningkat
b. Populasi
elang akan berkurang karena jumlah makanannya berkurang.
a.
Hal ini akan membawa positif pada
petani, yaitu dapat mengurangi serangga pemakan padi, tetapi juga dapat
menyebabkan dampak negatif. Jumlah katak paling banyak yang dapat mengganggu aktivitas pada lahan pertanian.
9. (a) dan (b) adalah
a. Karbon dioksida
b. Oksigen
10. Yang
dimaksud :
a. Individu
= makhluk hidup tunggal
b. Populasi
= kumpulan invidu sejenis yang menempati suatu daerah tertentu
c. Komunitas
= seluruh populasi makhluk hidup yang di suatu daerah tertentu.