RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
PERTEMUAN 2
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas / Semester :
VII/ II
Materi Pokok :
Energi Dalam Sistem Kehidupan
Sub Topik :
Transformasi energi dalam sel dan metabolisme
sel
Alokasi waktu :
3 x 40 menit (120 menit)
A.
KOMPETENSI INTI
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,merangkai,
memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajaridisekolahdan sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
|
1
|
1.1.Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek, fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1.1
Menjaga
kelestarian sumber-sumber energi
ciptaan Tuhan sebagai wujud pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
2.1. Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu;
objektif; jujur; teliti; cermat; tekun;
hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari
|
2.1.1 Memiliki rasa ingin tahu,objektif, jujur,
teliti, cermat,
tekun, hati-hati, bertanggung
jawab, terbuka dan kritis melalui diskusi kelompok dan
melakukan pengamatan tayangan video : “How cell obtain energy?”
|
|
2.2.
Menghargai kerja individu
dan kelompok dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan
dan melaporkan hasil percobaan
|
2.2.1.
Menunjukkan
sikap saling menghargai, kerjasama dan bertanggung jawab dengan anggota
kelompok dalam melaksanakan diskusidan pelaporan hasil diskusi.
|
|
3.6. Mengenal konsep energi,
berbagai sumber energi, energi dari makanan, transformasi energi, respirasi,
sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis.
|
3.6.1.
Menjelaskanpengertian
transformasi energi
3.6.2.
Menjelaskan
perubahan-perubahan energi yang terjadi di alam dan sekitar rumah
3.6.3.
Membedakan
metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak
3.6.4.
Melakukan
pengamatan terhadap fenomena transformasi energi dan metabolisme sel
|
|
4.8. Melakukan percobaan sederhana
untuk menyelidiki proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.
|
4.8.1
Melakukan
pengamatan kemudian mendiskusikan hasilnya.
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Melalui
diskusi kelompok, peserta didik dapat menjelaskan pengertian tranformasi energi
dan aliran perpindahan energi yang ada di alam.
2.
Selama
proses pembelajaran, peserta didik dapat menjelaskan perubahan-perubahan energi
yang terjadi di alam dan sekitar rumah
3.
Melalui
pengamatan, peserta didik dapat menuliskan reaksi kimia dari fotosintesis dan
menyebutkan hasil-hasilnya.
4.
Melalui
pengamatan, peserta didik dapat menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi
fotosintesis.
5.
Selama
proses pembelajaran, peserta didik dapat membedakan metabolisme karbohidrat,
protein, dan lemak
6.
Selama
proses pembelajaran, peserta didik dapat menentukan besarnya energi yang
dihasilkan oleh 1 gram zat karbohidrat, 1 gr protein dan 1 gram lemak.
7.
Selama
proses pembelajaran, peserta didik dapat memberikan contoh bahan makanan yang
menghasilkan energi dari masing-masing zat makanan.
8.
Setelah
melakukan kegiatan pengamatan, peserta didik dapat menyimpulkan hasil diskusinya.
9.
Setelah
melakukan pengamatan, peserta didik dapat mempresentasikan hasil diskusinya secara
lisan atau tertulis.
10. Selama proses pembelajaran,
peserta didik menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki
rasa
ingin
tahu,objektif,
jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka dan kritis.
11. Dalam kegiatan pembelajaran,
peserta didik dapat menunjukkan sikap saling menghargai, kerjasama dan
bertanggung jawab dengan anggota kelompok dalam melaksanakan diskusi, pelaporan
hasil diskusi dan memecahkan masalah.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
§
Pengertian
transformasi energi dlam sel
§
Transformasi
energi oleh klorofil
§
Transformasi
energi oleh mitokondria
§
Metabolisme
sel
§
Makanan
sebagai sumber energi : karbohidrat, lemak dan protein
E. METODE
PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Metode : Diskusi dan eksperimen
3.
Model : Discovery learning
F.
MEDIA, ALAT BAHAN DAN SUMBER
BELAJAR
1.
Media : LCD, Laptop, Video
2.
Alat
dan bahan
Ø Alat : lampu dalam kelas
Ø Bahan : -
3.
Sumber
Belajar
1. Wahono, dkk. 2013. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII Buku
Peserta didik. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. hal. 130-133
2. Wahono, dkk. 2013. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII Buku
Guru. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. hal. 161-164.
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
a.
Pendahuluan
1)
Guru
menyampaikan salam dan menanyakan kehadiran peserta didik.
2)
Guru
memotivasi peserta didik dengan meminta seorang peserta didik menyalakan lampu
di dalam kelas.
Mengamati:
3)
Peserta
didik melihat/mengamati dan diminta untuk memikirkan kejadian tersebut.
4)
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
b.
Kegiatan Inti
1)
Peserta
didik diingatkan untuk berdiskusi dalam kelompok masing-masing.
Mengamati:
2)
Guru
menayangkan video “ How cell obtain energi”.
3)
Peserta
didik dalam kelompok mengamati tayangan video, kemudian mendiskusikan hasilnya
dengan anggota kelompoknya.
Menanya:
4)
Peserta
didik menanyakan darimana tumbuhan memperoleh energi? Menanyakan bagaimana tumbuhan memproses
energi cahaya matahari sehingga didapatkan energi?
Eksperimen/eksplorasi:
5)
Peserta
didik mendiskusikan proses fotosintesis yang berlangsung dalam klorofil
tumbuhan hijau
6)
Peserta
didik mendiskuskan hasil dari proses fotosintesis.
7)
Peserta
didik mendiskusikan proses transformasi energi dalam mitokondria
8)
Peserta
didik mendiskusikan metabolisme dalam sel termasuk anabolisme dan katabolisme.
9)
Peserta
didik mendiskusikan makanan sebagai sumber energi.
Mengasosiasikan:
10) Peserta didik membuat kesimpulan
tentang proses fotosintesis dan hasilnya.
11) Peserta didik membuat kesimpulan
tentang metabolisme dalam sel.
12) Peserta didik membandingkan
jumlah energi yang dihasilkan oleh karbohidrat, protein dan lemak.
Mengkomunikasikan:
13) Peserta didik menyampaikan hasil
kesimpulan tentang proses fotosintesis dan hasilnya.
14) Peserta didik mempresentasikan
kesimpulan tentang metabolisme dalam sel.
15) Peserta didik mempresentasikan
perbandingan jumlah energi yang dihasilkan oleh karbohidrat, protein dan lemak.
c.
Penutup
1) Guru memberi penghargaan untuk
kelompok dengan penampilan terbaik.
2)
Guru
mengingatkan peserta didik untuk menyelesaikan tugas yang diberikan dan
menyampaikan materi yang akan datang.
H. PENILAIAN
1. Penilaian
Sikap sosial ( disiplin )
a.
Teknik
Penilaian : Penilaian Diri
b.
Bentuk
Instrumen : Lembar Penilaian Diri
c.
Kisi-kisi
No
|
Pernyataan
|
Butir Instrumen
|
1
|
Saya
menghormati teman yang berbeda pendapat
|
1
|
2
|
Saya
menghormati teman yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender
|
1
|
3
|
Saya menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
|
1
|
4
|
Saya mau
bekerja sama dengan siapapun
|
1
|
5
|
Saya
memaafkan kesalahan orang lain
|
1
|
2. Pengetahuan
a.
Teknik
Penilaian : Tes Lisan,
b.
Bentuk
Instrumen : Daftar Pertanyaan,
c. Kisi-kisi
No
|
Indikator Soal
|
No. Butir Soal
|
Bentuk soal
|
1
|
Peserta
didik dapat menuliskan reaksi fotosintesis dan menyebutkan hasil-hasilnya
|
1
|
lisan
|
2
|
Peserta
didik dapat menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis
|
2
|
lisan
|
3
|
Peserta
didik dapat menyebutkan organel sel yang berperan sebagai sumber energi dalam
zat makanan
|
3
|
lisan
|
4
|
Peserta
didik dapat menentukan besarnya energi yang dihasilkan dari karbohidrat,
protein dan lemak
|
4
|
lisan
|
5
|
Peserta didik
dapat memberikan contoh makanan yang mengandung protein!.
|
5
|
lisan
|
Lampiran 1:
LEMBAR PENILAIAN DIRI
SIKAP DISIPILIN
Nama
Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Materi
Pokok : ………………….
Tanggal : ………………….
Petunjuk :
Lembaran
ini diisi oleh peserta didik untuk menilai sikap disiplin diri peserta didik.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang kamu miliki
sebagai berikut :
Ya
= apabila kamu menunjukkan
perbuatan sesuai pernyataan
Tidak
= apabila kamu tidak menunjukkan
perbuatan sesuai pernyataan.
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Sikap
yang diamati
|
Melakukan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Saya masuk kelas
tepat waktu
|
||
2
|
Saya mengumpulkan
tugas tepat waktu
|
||
3
|
Saya memakai
seragam sesuai tata tertib
|
||
4
|
Saya mengerjakan
tugas yang diberikan
|
||
5
|
Saya tertib dalam
mengikuti pembelajaran
|
||
6
|
Saya mengikuti
praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan
|
||
7
|
Saya membawa buku
tulis sesuai mata pelajaran
|
||
8
|
Saya membawa buku
teks mata pelajaran
|
||
Jumlah
|
Petunjuk Penyekoran
Jawaban YA diberi skor 1, dan
jawaban TIDAK diberi skor 0
Perhitungan skor akhir
menggunakan rumus :
PENILAIAN PENGETAHUAN
Soal Lisan
1.
Tuliskan
reaksi fotosintesis dan sebutkan hasil-hasilnya!
2.
Sebutkan
faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis!
3.
Siapakah
yang berperan sebagai sumber energi dalam zat makanan?
4.
Berapakah
besar energi yang dihasilkan dari masing-masing zat makanan dari soal No. 4 di
atas?
5.
Berikan
contoh makanan yang mengandung protein!
Jawaban cahaya MH
1.
6CO2 +
6H2O . ——————> C6H12O6 + 6 O2
Klorofil
2.
CO2, H2O, cahaya matahari
3.
Karbohidrat, lemak, protein
4.
1 gr karbohidrat = 4 kal, 1 gr lemak = 9 kal, 1 gr
protein = 4 kal.
5.
Telur, kacang-kacangan, daging, ikan, gandum, dll
Pedoman
penskoran
Rubrik Penilaian
Tes Lisan
No
|
Uraian
|
Skor
|
1
|
Jika terjawab
dengan benar
|
2
|
2
|
Jika terjawab
dengan benar
|
2
|
3
|
Jika terjawab
dengan benar
|
2
|
4
|
Jika terjawab
dengan benar
|
2
|
5
|
Jika terjawab
dengan benar
|
2
|
Total
|
10
|
Nilai Akhir = Jumlah skor yang diperoleh