Wednesday, 23 April 2014

RPP Energi dalam sistem kehidupan : Pencernaan makanan



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( ( RPP )
BAB 6
PERTEMUAN KE 4

Satuan Pendidikan              :  SMP
Mata Pelajaran                    :  IPA
Kelas / Semesteran             :  VII / Semester 2
Topik                                    :  Energi dalam sistem kehidupan
Sub topik                              :  Pencernaan makanan
Alokasi waktu                      :  3 x 40 menit ( 1 kali tatap muka )

A.   KOMPETENSI INTI
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.    Memahami pengetahuan(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.    Mencoba, mengolah,dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,  mengurai, merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.   KOMPETENSI DASAR

1.1.Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah ( memiliki rasa ingin tahu,objectif,jujur,teliti,cermat,tekun,hati-hati,bertanggung jawab,terbuka,kritis,kreatif,inovatif,dan peduli lingkungan dalam kehidupan sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi.
Indikator pencapaian
2.1.1.Mengembangkan rasa ingin tahu,teliti,jujur dan peduli lingkungan melalui  diskusi,kerja kelompok untuk mencari informasi tentang akibat yang terjadi pada tubuh karena kekurangan karbohidrat, protein, dan lemak
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam akrivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi  melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
 3 .6. Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi dari makanan, transformasi energi, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis.
      Indikator Pencapaian
3.6.1   .Menjelaskan metabolisme pencernaan karbohidrat dalam tubuh..
3.6.2.   Menjelaskan metabolisme pencernaan protein dalam tubuh..
3.6.3   Menjelaskan metabolisme pencernaan lemak dalam tubuh..
3.6.4      Menjelaskan gangguan kekurangan protein dan karbohidrat bersamaan yang terjadi dalam tubuh..
3.6.5.    Mengidentifikasi tentang akibat yang terjadi pada tubuh karena kekurangan karbohidrat, protein, dan lemak didalam kehidupan sehari-hari.
.
C.        TUJUAN PEMBELAJARAN
1.     Disajikan gambar proses pencernaan, siswa dapat menjelaskan metabolisme pencernaan karbohidrat dalam tubuh..
2.    Disajikan gambar proses pencernaan, siswa dapat menjelaskan metabolisme pencernaan protein dalam tubuh..
3.    Disajikan gambar proses pencernaan, siswa dapat menjelaskan metabolisme pencernaan lemak dalam tubuh..
4.    Disajikan gambar penderita kwashiorkor dan maramus, siswa dapat menjelaskan gangguan kekurangan protein dan karbohidrat bersamaan yang terjadi dalam tubuh..
5.    Siswa dapat mengembangkan perilaku rasa ingin tahu ,teliti,jujur dan peduli lingkungan melalui diskusi, kerja kelompok untuk mencari informasi tentang akibat yang terjadi pada tubuh karena kekurangan karbohidrat, protein dan lemak...
6.    Siswa dapat mengidentifikasi tentang akibat yang terjadi pada tubuh karena kekurangan karbohidrat, protein dan lemak. didalam kehidupan sehari-hari.

D.   MATERI
·         Metabolisme pencernaan karbohidrat dalam tubuh
Karbohidrat setelah dicerna di usus, akan diserap di usus halus dalam bentuk monosakarida menuju ke hati dan diubah menjadi glikogen, yang sebagian lain dibawa aliran darah ke jaringan yang lain
Hormon yang mengatur kadar gula dalam darah adalah:
Hormon insulin: dihasilkan oleh pankreas berfungsi menurunkan kadar glukosa dalam darah
Hormon adrenalin: dihasilkan oleh korteks adrenal, berfungsi menaikkan kadar glukosa dalam darah.
·         Metabolisme pencernaan protein dalam tubuh
Didalam tubuh protein diubah menjadi asam amino oleh enzim, kemudian diabsorbsi melalui dinding usus halus dan sampai pembuluh darah dan sebagian langsung digunakan oleh jaringan
·         Metabolisme pencernaan lemak dalam tubuh
Lemak akan dihidrolisis oleh enzim lipase menjadi asam lemak dan gliserol yang kemudian diserap oleh jonjot usus.
·         Kekurangan protein mengakibatkan hunger Oedema / busung lapar ( kwashiorkor dan marasmus )
·         Kelebihan protein : pembengkakkan hati dan ginjal
·         Asidosis : ganguan metabolisme karena tertimbunnya senyawa aseton, kesulitan bernapas karena meningkatnya tingkat keasaman dan jumlah CO2 yang tertimbun.

E.    PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
-           
1.
Pendekatan
:Scientific
2.
Metode
:Diskusi
3.
Model
: Discovery Learning
-           




F.    MEDIA,ALAT, DANSUMBERPEMBELAJARAN

1. Media : Komputer,LCD

2. Alatdan Bahan :
*     Alat     : .-
                      * Bahan :  -
3.Sumber Belajar
                       a.  Buku IPA siswa kelas VII ,Puskurbuk 2013
                       b. LKS
                       c. sumber lain dari internet

G.   KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Langkah –langkah model Discovery Learning
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu

Pendahuluan
 Menciptakan situasi (Stimulasi )
Pemusatan perhatian:
Guru menunjuk gambar penderita kwashiorkor, kemudian memberikan pertanyaan :
·         Dari  gambar yang kamu lihat, apa pendapatmu, mengapa bisa terjadi?
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
10 menit

Kegiatan inti
Pembahasan tugas






Observasi

Pengumpulan hasil diskusi


Analisa hasil diskusi



Verifikasi


Generalisasi


·      Guru menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu diskusi tentang pencernaan makanan.
·      Guru membagi siswa dalam 6 kelompok
·      Diskusi kelompok untuk mengkaji  LKS .
·      Melakukan  diskusi pencernaan makanan.
Siswa berdiskusi dan mencatat hasil diskusi pada LKS
·      Menganalisis  hasil diskusi untuk menjawab pertanyaan pada LKS
·      Presentasi hasil diskusi
·      Diskusi proses pencernaan makanan
·      Membuat kesimpulan tentang pencernaan makanan
90 menit

Penutup

·       Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
·       Guru memberikan reward kepada kelompok yang kinerjanya baik
·       Siswa menjawab pertanyaan tentang pengertian respirasi dan menyebutkan zat yang dibutuhkan serta yang dikeluarkan saat respirasi .
·       Pemberian tugas gangguan yang terjadi jika kelebihan/kekurangan karbohidrat, protein, lemak pada makhluk hidup yang  ada disekitar kehidupan siswa.
20 menit









H.   PENILAIAN
1.    Metode dan Bentuk Penilaian          
Metode
Bentuk Penilaian
·         Tes tertulis
·         Tes uraian





























LEMBAR KERJA SISWA
( LKS )

PENCERNAAN MAKANAN

Makanan adalah sumber energi. Makanan yang masuk kedalam tubuh mengalami perombakan dari kompleks menjadi molekul-molekul yang sederhana. Untuk itu cobalah lakukan kegiatan berikut ini :
Kegiatan :
I .  Tujuan : Mempelajari pencernaan makanan
II. Alat dan Bahan :
Alat     :  -.
                    Bahan :  gambar
II. Cara Kerja :
-          Perhatiakn gambar
-          Baca buku paket atau cari informasi lewat internet tentang proses pencernaan makan.
-          Cari
-          Lengkapi tabel
-           
-          Catat hasil pengamatanmu pada lembar LKS.

IV. Pengamatan :

            


Lengkapi tabel dibawah ini!

Tempat terjadi
Enzim
Penghasil
Fungsi
Bahan dasar
Hasil
Mulut
Ptialin
Ludah/
amilum
maltosa
Lambung
Pepsin
Dinding
Lambung
proten
pepton

Renin
Dinding
Lambung
susu
Prot.menggumpal

HCl.
Dinding
lambung
pepsinogen
pepsin



kuman
mati
Usus Halus
Amilase
Pankreas
amilum
Maltosa/glukosa

Lipase
Pankreas
lemak
As.lemak, gliserol

Tripsin
Pankreas
pepton
Asam amino

Erepsin
Ddg usus halus
pepton
Asam amino

Empedu
Hati
lemak
Emulsi

V. PERTANYAAN
    1. Dimana karbohidrat dicerna?
    2. Apakah yang terjadi jikamengkonsumsi protein berlebihan ?
    3. Apa kesimpulan  yang dapat diambil dari hasil diskusi diatas?

Soal dan Jawaban Listrik Dinamis

  LISTRIK DINAMIS   1.        Tuliskan faktor-faktor yang mempengaruhi hambatan suatu penghantar! Jawab : Faktor yang mempengaruhi h...