Wednesday, 4 August 2021

Jawaban Kuis Pelajaran 6 Synchronous – Collaboration : Kolaborasi & Dampak II Semangat Guru

 

Pelajaran 6 Synchronous – Collaboration : Kolaborasi & Dampak

Kolaborasi dan Dampak

Pembicara : Iwan Syahril Ph.D



Perkenalkan saya Iwan Syahril, seorang praktisi pendidikan yang saat ini menjabat sebagai Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan membantu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim.

 

Tentang Kolaborasi dan Dampak

Selamat Bapak/Ibu sudah sampai pada materi terakhir dari Seri Pembelajaran ini. Setelah Bapak/Ibu mempelajari berbagai materi seri transformasi teknologi, maka di sesi ini ijinkan saya mengajak Bapak/Ibu untuk melaksanakan praktik baik melalui kolaborasi dengan tujuan untuk meluaskan dampak

Sekarang sudah bukan lagi saatnya untuk berkompetisi, Indonesia merdeka karena kerjasama dan gotong royongnya. Oleh karena itu, demi mewujdukan merdeka belajar maka diperlukan juga kolaborasi antar guru dan siswa. 

 

Kolaborasi dan Dampak 

  1. Pengertian Kolaborasi.
  2. Pentingnya melakukan kolaborasi bagi Guru dan Tenaga Kependidikan.
  3. Dampak dari melakukan kolaborasi.
  4. Macam-macam kolaborasi yang dapat dilakukan oleh Guru dan Tenaga Kependidikan.
  5. Praktik Baik Dirjen GTK sebagai wadah kolaborasi bagi Guru dan Tenaga Kependidikan: Program Guru Belajar, Program Guru Berbagi, Program Sekolah Penggerak.

Selamat Belajar,

Iwan Syahril PhD

===========================================================================

Peserta perlu menyelesaikan semua aktivitas-aktivitas berikut, agar bisa menuju pelajaran berikutnya. Tanda centang biru menunjukkan aktivitas sudah selesai. Pada bagian materi peserta perlu mengetuk atau mengklik tombol “Mark as Complete” jika sudah selesai memahami materi yang diberikan dan pada bagian kuis, peserta perlu menyelesaikan kuis dan mengetuk atau mengklik “Click Here to Continue” jika sudah menyelesaikan pengerjaan kuisnya.

 

Penilaian Awal

Kerjakanlah kuis pra asesmen ini. Tujuan kuis ini adalah pemanasan (belajar selalu lebih baik jika gagasan-gagasan terkait sudah diaktifkan sebelum anda mulai belajar).

Tidak perlu kuatir dengan skor yang anda akan peroleh. Namun demikian, perhatikan baik-baik kata-kata kunci yang muncul dalam pertanyaan-pertanyaannya. Kata-kata kunci ini akan kembali anda temui di sesi Webinar. Peka dengan kata-kata kunci tersebut sebelum mengikuti Webinar akan menguatkan proses dan hasil belajar anda. 

Selamat mengerjakan.

 

Kuis Penilaian Awal – Pelajaran 6

Kuis ini terdiri {jumlah pertanyaan} butir pertanyaan. Setiap pertanyaan memperkenalkan Bapak dan Ibu ke kata kunci. Silakan jawab pertanyaan ini.

Tidak perlu terburu-buru sehingga Bapak dan Ibu bisa mengingat kata-kata kuncinya.

Selamat mengerjakan.

Jika Anda sudah selesai mengerjakan kuis ini, jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Click Here to Continue” agar bisa melanjutkan ke bagian selanjutnya.

===========================================================================

Pembelajaran secara kolaboratif memungkinkan banyak memberikan nilai tambah baik bagi siswa maupun bagi guru. Berikut yang bukan dari manfaat pembelajaran secara kolaboratif adalah:

A.   Siswa mendapatkan pengalaman bekerjasama bukan hanya dengan sesama teman sekelasnya, namun dengan siswa lain yang sebelumnya belum mereka kenal

B.    Interaksi antar siswa yang baru mereka kenal menjadi terarah karena mengikuti program yang sudah direncanakan oleh guru

C.   Kegiatan yang bersifat kolaboratif biasanya akan mendorong motivasi dan semangat kompetitif dalam arti positif bagi siswa

D.   Siswa mendapatkan pengalaman bekerjasama hanya dengan teman sekelasnya saja

 

Inisiatif pembelajaran kolaboratif berbasis internet sudah diujicobakan pada tahun

A.   2005-2006

B.    2007-2008

C.   2010-2011

D.   2015-2016

 

Berikut adalah Keunggulan dengan penerapan pembelajaran kolaboratif kecuali:

A.   Prestasi belajar lebih tinggi

B.    Mengembangkan keterampilan kepemimpinan

C.   Tidak merasa saling memiliki

D.   Meningkatkan sikap positif; belajar secara inklusi

 

Model Pembelajaran Kolaboratif, antara lain yang disebutkan oleh Suryani (2010):

A.   Learning Independent

B.    Team Game Tournament

C.   Individual Investigation

D.   Student Individual Achievement Division

 

Keterampilan kolaborasi menjadi salah satu dari 4 keterampilan abad 21 yang dirumuskan UNESCO, yang dikenal dengan sebutan 4C. Berikut adalah yang dimaksud dengan 4C, kecuali:

A.   Communication

B.    Creativity

C.   Collaboration

D.   Competency

 

Keterampilan berpikir untuk memecahkan masalah atau mengambil keputusan terhadap permasalahan yang dihadapi adalah definisi dari

A.   Communication

B.    Creativity

C.   Critical Thinking

D.   Collaboration

 

Berikut adalah keunggulan penerapan model pembelajaran kolaboratif:

A.   Meningkatkan harga diri

B.    Belajar secara inklusif

C.   Mengembangkan keterampilan masa depan

D.   Benar semua

 

Kolaborasi dapat diklasifikasi pada tiga ranah, kecuali:

A.   Kolaborasi sebagai prinsip

B.    Kolaborasi sebagai Kompetensi

C.   Kolaborasi sebagai aksi atau implementasi

D.   Kolaborasi sebagai model pembelajaran

 

Pembelajaran kolaborasi merupakan suatu hubungan antar siswa yang menumbuhkan sikap berikut, kecuali:

A.   Saling ketergantungan secara positif

B.    Menunjukkan sikap taggungjawab setiap individu

C.   Individu yang tidak peduli dengan yang lain

D.   Keterampilan komunikasi interpersonal

 

Berikut yang bukan termasuk merupakan model-model Pembelajaran Kolaboratif, adalah:

A.   Team Accelerated Instruction

B.    Individual Investigation

C.   Cooperative Learning Structure

 


Ruang Webinar


Silahkan menonton live webinar Collaboration : Kolaborasi & Dampak pada Rabu – 11 Agustus 2021 di atas ini.

Jika Anda sudah selesai, jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Mark as Complete” agar bisa melanjutkan ke bagian selanjutnya.

Soal dan Jawaban Listrik Dinamis

  LISTRIK DINAMIS   1.        Tuliskan faktor-faktor yang mempengaruhi hambatan suatu penghantar! Jawab : Faktor yang mempengaruhi h...