1.
Jelaskan
3 keterampilan proses penyelidikan IPA!
Alternatif jawaban:
a.
Pengamatan
untuk mengumpulkan data dan informasi dengan pancaindra dan/atau alat ukur yang
sesuai.
b.
Kegiatan
inferensi meliputi merumuskan penjelasan berdasarkan pengamatan, untuk
menemukan pola, hubungan, serta membuat prediksi.
c.
Hasil
dan temuan dikomunikasikan kepada teman sejawat, baik lisan maupun tulisan
dalam bentuk tabel, grafik, bagan, dan gambar yang relevan.
2.
Jelaskan
4 kegunaan mempelajari IPA!
Alternatif jawaban:
a.
memahami
berbagai hal di sekitar kita,
b.
menyelesaikan
masalah,
c.
berpikir
logis dan kritis,
d.
meningkatkan
kualitas hidup.
3.
Jelaskan
objek yang dipelajari dalam IPA!
Alternatif
jawaban:
seluruh
benda yang ada di alam dengan segala interaksinya untuk dipelajari pola keteraturannya.
4.
Apakah
pengukuran itu?
Alternatif
jawaban:
kegiatan
membandingkan suatu besaran yang diukur dengan besaran sejenis yang dipakai
sebagai satuan.
5.
Sebutkan
masing-masing 4 hal yang dapat diukur (besaran) dan tidak dapat diukur (bukan
besaran)!
Alternatif
jawaban:
Besaran:
a.
Panjang
meja,
b.
Volume
minyak,
c.
Kecepatan
/ kelajuan motor
d.
Berat
gula
Bukan
besaran:
a.
Kecantikan,
b.
Cinta,
c.
Kasih
sayang,
d.
Kesabaran
6.
Isi
tabel yang sesuai dengan tanda √!
Satuan
|
Baku
|
Tak Baku
|
Depa
|
|
|
Galon
|
|
|
Liter
|
|
|
Meter
|
|
|
Jengkal
|
|
|
Alternatif
jawaban:
Satuan
|
Baku
|
Tak Baku
|
Depa
|
|
√
|
Galon
|
√
|
|
Liter
|
√
|
|
Meter
|
√
|
|
Jengkal
|
|
√
|
7.
Sebutkan
3 contoh pengukuran dengan satuan tidak baku!
Alternatif
jawaban:
a.
Mengukur
jarak dengan kilan jari
b.
Mengukur
panjang ladang dengan galah
c.
Mengukur
volume beras dengan bathok
8.
Apa
guna satuan baku dalam pengukuran?
Alternatif
jawaban:
Guna
satuan baku dalam pengukuran:
a.
Nilai
ukurnya sama
b.
Menghindari
salah paham
9.
1
galon = … liter
Alternatif
jawaban:
Gallon
US = 3,785 liter, sementara 1 Gallon British = 4,546 liter
10.
Bakteri
memiliki panjang sampai dengan 10 μm. Virus memiliki panjang sampai dengan 100
nm. Berdasarkan data tersebut, manakah yang berukuran lebih panjang, bakteri
atau virus? Jelaskan jawabanmu.
Alternatif
jawaban:
Panjang
bakteri 10 μm = 10x10-6m, panjang virus 100 nm = 100x10-9m,
jadi bakteri lebih panjang dari virus.
11.
Benda-benda
langit terletak berjauhan satu dengan yang lain. Satuan yang digunakan untuk
menyatakan jarak benda-benda langit adalah Satuan Astronomi (SA) dan tahun
cahaya. Jika 1 SA = jarak Bumi dan Matahari = 150 juta km dan 1 tahun cahaya =
jarak tempuh cahaya selama satu tahun = 9,5 trilyun km. Jarak Bumi dan Pluto
adalah 5.900 juta km. Berapakah jarak tersebut dalam satuan astronomi? Coba
hitung.
Alternatif
jawaban:
5.900
juta km/150 juta km = 39,33 SA.
12.
Neptunus
adalah salah satu planet dalam tata surya kita. Jarak Neptunus dengan Matahari
adalah 30 SA. Berapa jarak ini dalam kilometer?
Alternatif
jawaban:
30
SA = 30 x 150 juta km = 4500 juta km
13.
Andaikan
kamu memiliki satu pot berisi tumbuhan yang sedang berbuah. Tuliskan paling sedikit
5 (lima) besaran dan satuannya yang dapat mendeskripsikan pot berisi tumbuhan
itu!
Alternatif
jawaban:
a.
Diameter
pot satuannya cm
b.
Tinggi
pot satuannya cm
c.
Tinggi
tumbuhan satuannya cm
d.
Massa
buah satuannya gram
e.
Diameter
batang tumbuhan satuannya cm
14.
Apakah
besaran pokok itu?
Alternatif
jawaban:
Besaran
yang satuannya didefinisikan disebut besaran pokok.
15.
Sebutkan
7 besaran pokok!
Alternatif
jawaban:
16.
Sebutkan
alat ukur besaran pokok!
Alternatif
jawaban:
17.
Panjang
benda yang diukur dengan mistar pada gambar di samping adalah ....
Alternatif
jawaban:
2,5
cm
18.
Tebal
benda yang diukur dengan jangka sorong seperti gambar di samping adalah ...
Alternatif
jawaban:
3,19
cm
19.
Tebal
benda yang diukur dengan mikrometer sekrup seperti gambar di samping adalah ....
Alternatif
jawaban:
6,94
mm
20.
Massa
benda P pada pengukuran seperti gambar di samping adalah …
Alternatif
jawaban:
1150
gram = 1,15 kg
21.
Massa
benda pada pengukuran seperti gambar di atas adalah ...
Alternatif
jawaban:
437
gram
22.
Hasil
pengukuran dengan stopwatch pada gambar di samping adalah ....
Alternatif
jawaban:
18
sekon
23.
Mengapa
dibuat satuan-satuan standar, misalnya satu kilogram standar, satu meter
standar, dan satu sekon standar?
Alternatif
jawaban:
Untuk
mendapatkan hasil pengukuran yang sama di seluruh dunia, karena satuan standar
berlakuk secara internasional.
24.
Berilah
contoh besaran-besaran dalam kehidupan sehari-hari yang satuannya dalam SI
adalah meter, kilogram, atau sekon (detik)!
Alternatif
jawaban:
a.
Panjang
satuannya meter
b.
Massa
satuannya kilogram
c.
Waktu
satuannya sekon(detik)
25.
Jika
pengetahuan dan teknologi makin maju, mungkinkah satuan standar yang digunakan
sekarang diperbarui? Jelaskan.
Alternatif
jawaban:
Jika
pengetahuan dan teknologi semakin maju, satuan standar yang digunakan sekarang
mungkin diperbarui, namun pembaruan ini hanya sebatas peningkatan presisi
dengan pendefinisian ulang.
Dalam
sejarahnya, besaran satuan standar sering kali diubah oleh para ilmuan.
Perubahan ini dilakukan semata-mata untuk mendapatkan besaran satuan yang lebih
presisi sehingga dapat menghasilkan hasil pengukuran yang tepat. Pengukuran
tepat ini terutama perlu pada aplikasi ilmiah atau industri penting yang mana
perbedaan sekitit saja akan menghasilkan kesalahan.
Contoh
definisi ulang ini adalah pembaruan definisi satu meter standar. Awalnya satu
meter didefinisikan sebagai “Satu per sepuluh juta jarak dari khatulistiwa ke
kutub utara melewati Paris” oleh para ilmuwan Perancis pada tahun 1790. Sebagai
acuan membuat alat pengukur salinan, sebuah batang logam dibuat, yang tersusun
dari campuran atau alloy dari 90 persen platinum dan 10 persen iridium Acuan
meter standar ini disimpan oleh Biro Internasional Bobot dan Ukuran
(International Bureau of Weights and Measures) di Paris, Perancis.
Kemudian
pada tahun 1960, definisi satu meter ini didefinisikan ulang menjadi “1 650
763,73 kali panjang gelombang yang dipancarkan kripton (Kr-86) ketika
dibakar”. Definisi terbaru yang
digunakan
saat ini adalah definisi yang ditetapkan tahun 1984 oleh Konferensi Jenewa
tentang Bobot dan Ukuran yaitu “Jarak tempuh cahaya dalam ruang hampa udara
dalam waktu 1 / 299 792 458 detik”. Ketiga definisi ini memiliki besar yang
sama, namun definisi yang lebih baru memiliki presisi yang lebih baik.
26.
Apakah
besaran turunan itu?
Alternatif
jawaban:
besaran
yang diturunkan dari besaran-besaran pokoknya.
27.
Sebutkan
10 besaran turunan beserta satuannya!
Alternatif
jawaban:
No
|
Besaran Turunan
|
Satuam dalam SI
|
1.
|
Luas
|
m2
|
2.
|
Volume
|
m3
|
3.
|
Kecepatan
|
m/s
|
4.
|
Percepatan
|
m/s2
|
5.
|
Massa jenis
|
kg/m3
|
6.
|
Gaya
|
N
|
7.
|
Berat
|
N
|
8.
|
Energi
|
J
|
9.
|
Usaha
|
J
|
10.
|
Daya
|
watt
|
28.
Sebutkan
10 besaran turunan dan disertai besaran pokok yang menurunkannya!
Alternatif
jawaban:
No
|
Besaran Turunan
|
Diturunkan dari besaran pokok
|
1.
|
Luas
|
Panjang
|
2.
|
Volume
|
Panjang
|
3.
|
Kecepatan
|
Panajang, waktu
|
4.
|
Percepatan
|
Panjang, waktu
|
5.
|
Massa jenis
|
Massa, panjang
|
6.
|
Gaya
|
Massa, panjang, waktu
|
7.
|
Berat
|
Massa, panjang, waktu
|
8.
|
Energi
|
Massa, panjang, waktu
|
9.
|
Usaha
|
Massa, panjang, waktu
|
10.
|
Daya
|
Massa, panjang, waktu
|
29.
Volume
batu pada pengukuran seperti gambar di samping adalah ....
Alternatif
jawaban:
100
– 50 = 50 ml
30.
Volume
batu pada pengukuran seperti gambar di samping adalah ....
Alternatif
jawaban:
25
ml