Tuesday, 25 February 2014

RPP IPA Kelas 7 SMT 2 : Energi dalam kehidupan



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP  )
PERTEMUAN 1
 

Sekolah                       :  SMP .................
Mata Pelajaran            :  IPA
Kelas / Semester        :  VII/ II
Materi Pokok              :  Energi Dalam Sistem Kehidupan
Sub Topik                    :    ( Konsep Energi dan Sumber Energi
Alokasi waktu              :  2 x 40 menit (1 x pertemuan)

A.     KOMPETENSI INTI
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajaridisekolahdan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian
1
1.1.MengagumiketeraturandankompleksitasciptaanTuhantentangaspek,fisikdankimiawi, kehidupandalamekosistemdanperananmanusiadalamlingkungansertamewujudkannyadalampengamalanajaran agama yang dianutnya.
1.1.1   Menjaga kelestarian sumber-sumber energi  ciptaan Tuhan sebagai wujud pengamalan ajaran agama yang dianutnya

2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun;  hati-hati;  bertanggung  jawab;  terbuka;  kritis;  kreatif;  inovatif  dan  peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.1.1  Memiliki rasa ingin tahu,objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung  jawab, terbuka dan kritis melalui diskusi kelompok dan melakukan eksperimen“Apa yang Menentukan Besarnya Energi Potensial?” dan “Adakah Hubungan antara Energi Kimia dan Energi Listrik?

2.2. Menghargai  kerja   individu  dan  kelompok dalam   aktivitas   sehari-hari   sebagai   wujud implementasi melaksanakanpercobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.2.1.  Menunjukkan sikap saling menghargai, kerjasama dan bertanggung jawab dengan anggota kelompok dalam melaksanakan diskusi, praktikum dan pelaporan hasil percobaan

3.6. Mengenal konsep energi, berbagai sumberenergi, energi dari makanan, transformasienergi, respirasi, sistem pencernaanmakanan, dan fotosintesis.
3.6.1.  Menjelaskanpengertian energi
3.6.2.  Mengidentifikasi bentuk-bentuk energi
3.6.3.  Mendeskripsikan perubahan bentuk energi
3.6.4.  Menyebutkan sumber-sumber energi yang terbarukan
3.6.5.  Menyebutkan sumber-sumber energi yang tak terbarukan.
3.6.6.  Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya energi potensial
3.6.7.  Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya energi kinetik
3.6.8.  Menerapkan konsep energi dalam kehidupan sehari-hari

4.8. Melakukan percobaan sederhana untuk menyelidiki proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.
4.8.1  Melakukan pengamatan/praktikum “Apa yang Menentukan Besarnya Energi Potensial?”
4.8.2  Melakukan pengamatan “Adakah Hubungan antara Energi Kimia dan Energi Listrik?

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
1.    Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat menjelaskan pengertian energi dan bentuk-bentuk energi.
2.    Selama proses pembelajaran, peserta didik dapat menjelaskan perubahan bentuk energi yang terjadi.
3.    Selama proses pembelajaran, peserta didik mengamati jumlah energi yang tertera pada sejumlah produk makanan dan minuman, misalnya roti dan susu.
4.    Melalui pengamatan, peserta didik dapat mengidentifikasi sumber-sumber energi yang ada di sekitarnya.
5.    Setelah melakukan kegiatan pengamatan, peserta didik dapat menyimpulkan hasil pengamatannya.
6.    Setelah melakukan pengamatan, peserta didik dapat mempresentasikan hasil pengamatannyasecara lisan atau tertulis.
7.    Selama proses pembelajaran, peserta didik menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu,objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung  jawab, terbuka dan kritis.
8.    Dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat menunjukkan sikap saling menghargai, kerjasama dan bertanggung jawab dengan anggota kelompok dalam melaksanakan diskusi, pelaporan hasil diskusi dan memecahkan masalah.

D.     MATERI PEMBELAJARAN
§  Pengertian energi
§  Bentuk-bentuk energi
§  Perubahan bentuk energi
§  Sumber - sumber energi
§  Energi potensial
§  Energi kinetik

E.     METODE PEMBELAJARAN
1.    Pendekatan    : Saintifik
2.    Metode           : Diskusi dan eksperimen
3.    Model             : Discovery learning

F.     MEDIA, ALAT BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1.    Media : LCD, PPT Energi, Laptop
2.    Alat dan bahan
Ø Alat                        : Penggaris panjang, katapel, batu, meja, kawat tembaga, lembaran seng, lampu LED,   kabel listrik, gelas kimia
Ø Bahan        : asam cuka
3.    Sumber Belajar
1.   Wahono, dkk. 2013. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII Buku Peserta didik. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. hal. 121-143
2.   Wahono, dkk. 2013. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII Buku Guru. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. hal. 152-183.
3.   Wasis, dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam Jilid 2 untuk SMP dan MTs Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. hal. 165-171

G.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
a.   Pendahuluan
1)    Guru menyampaikan salam dan menanyakan kehadiran peserta didik.
Mengamati:
2)    Peserta didik mengamati tayangan PPT Energi berbagai kegiatan yang dilakukan manusia membutuhkan energi.
Menanya:
3)    Peserta didik menanyakan mengapa kalau kita tidak makan sehari badan terasa lemas?
4)    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

b.   Kegiatan Inti
1)    Peserta didik diingatkan untuk bekerja dalam kelompok masing-masing.
Mengamati:
2)    Peserta didik dalam kelompok mengamati berbagai bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan Lembar Diskusi (Lampiran 1)
3)    Peserta didik dalam kelompok mengamati jumlah energi yang tertera pada sejumlah produk makanan (kemasan beberapa produk makanan/minuman).
Menanya:
4)    Peserta didik menanyakan apakah berasal dari manakah mahluk hidup memperoleh energi?  Menanyakan dapatkah energi itu diciptakan oleh makhluk hidup?
Eksperimen/eksplorasi:
5)    Peserta didik mendiskusikan sumber-sumber energi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
6)    Peserta didik berdiskusi bentuk-bentuk energidan perubahannya dalam kehidupan sehari-hari.
7)    Peserta didik melakukan percobaan/aktivitas kelompok :”Adakah Hubungan antara Energi kimia dan Energi Listrik” (Buku Siswa hal :124)
Mengasosiasikan:
8)    Peserta didik membuat kesimpulan tentang pengertian energi, bentuk-bentuk energi dan perubahannya.
9)    Peserta didik membandingkan jumlah energi yang dihasilkan oleh berbagai produk makanan/minuman.
10) Peserta didik menyimpulkan hubungan antara energi kimia dan energi listrik berdasarkan percobaan.
Mengkomunikasikan:
11) Peserta didik menyampaikan informasi tentang energi dan perubahannya secara lisan di depan kelas.
12) Peserta didik diingatkan untuk bekerja dalam kelompok masing-masing.
Mengamati:
13) Peserta didik mengamati tayangan PPT Energi berbagai energi potensial yang tersimpan dalam benda.
14) Secara berkelompok, peserta didik mengamati percobaan : “Apa yang Menentukan Besarnya Energi Potensial?”
15) Peserta didik mengamati energi potensial kemudian menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhinya.
16) Peserta didik mengamati tayangan PPT Energi, kemudian menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya energi kinetik.
Eksperimen/eksplorasi:
17) Secara berkelompok, peserta didik melakukan percobaan : “Apa yang Menentukan Besarnya Energi Potensial?”
Mengasosiasikan:
18) Peserta didik mengolah data percobaan ke dalam bentuk tabel.
19) Peserta didik membuat kesimpulan faktor-faktor yang mempengaruhi energi potensial dan energi kinetik.

Mengkomunikasikan:
20) Peserta didik menyampaikan informasi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi energi potensial dan energi kinetik.

c.   Penutup
1)    Guru memberi penghargaan untuk kelompok dengan penampilan terbaik.
2)    Guru mengingatkan peserta didik untuk selalu berhemat dalam penggunaan energi baik di rumah maupun di sekolah.
3)    Guru mengingatkan peserta didik untuk selalu berhemat dalam penggunaan energi baik di rumah maupun di sekolah.
4)    Guru mengingatkan peserta didik untuk menyelesaikan tugas yang diberikan dan menyampaikan materi yang akan datang.


H.     PENILAIAN
1.    Penilaian Sikap  ( spiritual )
a.    Teknik Penilaian  : Observasi
b.    Bentuk Instrumen            : Lembar Observasi,
c.    Kisi-kisi
No
Pernyataan
Butir Instrumen
1
Semakin yakin dengan keberadaan Tuhan setelah mempelajari ilmu pengetahuan
1
2
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu kegiatan
1
3
Mengucapkan rasa syukur atas segala karunia Tuhan
1
4
Memberi salam sebelum dan sesudah mengungkapkan pendapat di depan umum 
1
5
Mengungkapkan keagungan Tuhan apabila melihat kebesaranNya
1


2.    Penilaian Pengetahuan
a.    Teknik Penilaian            :  Tes tertulis
b.    Bentuk Instrumen          : Soal PG, Uraian
c.    Kisi-kisi
No
Indikator Soal
No. Butir Soal
Bentuk soal
1
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian energi
1
PG
2
Peserta didik dapat menyebutkan satuan energi dalam SI
2
PG
3
Peserta didik dapat menyebutkan bentuk energi yang terdapat arang
3
PG
4
Peserta didik dapat menyebutkan perubahan bentuk energi pada lampu neon
4
PG
5
Peserta didik dapat memberikan contoh sumber energi yang terbarukan.
5
PG
1
Peserta didik dapat menghitung besarnya energi potensial yang dimiliki oleh buah kelapa yang tergantung di dahannya bila massa dan ketinggiannya diketahui.
1
Uraian
2
Peserta didik dapat menghitung besarnya energi kinetik yang dimiliki oleh sebuah kelereng apabila massa dan kecepatannya diketahui.
2
Uraian




Soal dan Jawaban Listrik Dinamis

  LISTRIK DINAMIS   1.        Tuliskan faktor-faktor yang mempengaruhi hambatan suatu penghantar! Jawab : Faktor yang mempengaruhi h...