Sunday 5 January 2014

Semua Orang Ingin Sukses



SEMUA ORANG INGIN SUKSES

Ada sebuah iklan di TV seperti dikatakan Billy Bon yang bunyinya “Semua orang ingin sukses, apapun arti sukses menurut mereka”. Ya, semua orang termasuk kita mesti pengin sukses, walaupun arti sukses tentu berbeda-beda dalam pandangan manusia. Ada yang mengatakan kalau sukses, jika harta bendanya banyak kayak Qorun mungkin yang diinginkan, ada yang sukses kalau jadi penguasa kayak Fir’aun barangkali yang diinginkan, ada yang sukses kalau pintar kayak kaun ‘Aad dan Tsamud yang mampu merancang gedung-gedung tinggi barangkali juga yang diinginkan, dan masih banyak lagi arti sukses menurut pandangan tiap-tiap orang. Pendek kata ada seribu orang maka akan ada arti sukses seribu, ada satu juta orang maka akan ada arti sukses satu juta orang, begitu seterusnya.
Sebagai seorang Muslim, tentu kita juga ingin sukses. Dengan sukses maka akan tercapai kebahagiaan. Dan kebahagiaan bagi seorang Muslim tidak hanya diukur didunia saja tetapi juga sampai di akhirat nanti kelak. Seperti yang digambarkan Allah Subhanaahu Wa Ta’ala dalam Qur’an surat Al Baqarah (2) : 201
yang artinya :
“Dan di antara mereka ada orang berdo’a,’Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka’.”
Tetapi yang perlu diingat bahwa untuk mencapai semua kesuksesan tadi tidak mudah, bahkan termasuk Qarun, Fira’aun, kaum ‘Aad dan Tsamud sekalipun. Kesuksesan itu itu tidak instant, semua butuh proses. Kesuksesan tadi tidak datang dengan sendirinya hanya dengan duduk-duduk melamun menanti keajaiban dari langit saja. Tiap orang memang berbeda-beda cara dalam rangka meraih kesuksesannya, barangkali kiat berikut ini dapat  membantu anda semua untuk meraih kesuksesan.  
1.    Mencari ilmu
Dengan mencari ilmu maka akan mengerti apa yang akan dilakukan. Firman Allah Subhanaahu Wa Ta’ala dalam surat Al Isra’ (17) : 35 dijelaskan :
Yang artinya :
“Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui. Karena pendengaran, penglihatan dan hati nurani, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya.”
Apakah kalau sudah mencari ilmu terus akan menjadi pinter? Ya nggak juga soalnya manusia itu tempatnya  lupa. Jadi gimana? Ya harus saling mengingatkan dan tidak menunda-nunda.
2.    Mengubah pola hidup dari malas menjadi rajin
a.       Rajin kerja keras
b.      Rajin kerja cerdas
c.       Rajin kerja ikhlas
Perhatikanlah hadits Arba’in (1) berikut ini :
Yang artinya :
Dari Amirul Mukminin, Abu Hafish, Umar bin Khatab ra, berkata: Aku mendengar Rasulullah saw, bersabda, “Sesungguhnya diterimanya amal perbuatan itu tergantung pada niatnya, dan sesungguhnya setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan. Barangsiapa berhijrah karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya (akan diterima) sebagai hijrah karena Allah dan Rasul-Nya, dan barangsiapa berhijrah karena dunia yang akan diperoleh atau wanita yang hendak dinikahinya, maka ia kan mendapati apa yang ia tuju.” (HR. Dua Imam Ahli Hadits: Abu Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Mughirah bin Bardawih Al-Bukhari dan Imam Husain Muslim bin Al-Hajjaj bin Muslim Al-Qusyairy An-Naisaburi dalam kedua kitabnya yang merupakan kitab hadits paling shahih).
3.    Mempunyai target
4.    Berdoa dan bertindak

Pengembangan Kompetensi Fitur Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di Platform Merdeka Mengajar

  Pada tanggal 19 Desember 2023 GTK Kemdikbudristek telah merilis Fitur Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di Platform Merdeka Meng...