Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah
1.
Mengapa penting untuk menerapkan metode ilmiah dalam
memahami dunia di sekitar kita?
a. Karena metode ilmiah
hanya berfokus pada hipotesis
b. Metode ilmiah hanya
digunakan oleh ilmuwan profesional
c. Metode ilmiah tidak
memberikan manfaat nyata dalam pemahaman dunia
d. Karena metode
ilmiah membantu mengembangkan pengetahuan yang akurat, sistematis, dan dapat
diandalkan tentang dunia alam
2.
Berikut ini adalah langkah-langkah metode ilmiah secara
benar, kecuali ....
a. Membuat hipotesis
b. Membuat
kesimpulan tanpa data
c. Mengumpulkan dan
menganalisis data
d. Merumuskan pertanyaan
atau masalah
3.
Apa yang biasanya dilakukan di laboratorium IPA?
a. Melakukan
percobaan dan observasi untuk memahami fenomena ilmiah
b. Bermain-main dan
bersenang-senang dengan teman sekelas
c. Hanya mengamati apa yang
terjadi tanpa campur tangan
d. Membaca buku teks tanpa
melakukan percobaan
4.
Apa yang dimaksud dengan merancang percobaan dalam metode
ilmiah?
a. Menulis laporan hasil
percobaan secara acak
b. Mengumpulkan data tanpa
perencanaan sebelumnya
c. Menentukan
langkah-langkah yang akan diambil dalam percobaan untuk menjawab pertanyaan
atau menguji hipotesis
d. Hanya mengamati percobaan
orang lain tanpa campur tangan
5.
Apa yang menjadi tujuan akhir dari merancang dan
melakukan percobaan ilmiah?
a. Membuktikan teori-teori
yang sudah ada
b. Mendapatkan jawaban acak
tanpa dasar ilmiah
c. Hanya menghabiskan waktu
di laboratorium tanpa tujuan tertentu
d. Menguji
hipotesis dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang fenomena alam
6.
Mengapa langkah pengukuran menjadi penting dalam
merancang percobaan ilmiah?
a. Pengukuran hanya
diperlukan dalam ilmu fisika
b. Pengukuran tidak memiliki
dampak pada hasil percobaan
c. Karena
pengukuran membantu mengumpulkan data yang objektif dan mendukung pembuatan
kesimpulan yang valid
d. Karena pengukuran hanya
memberikan hasil yang tidak akurat
7.
Apa yang harus dilakukan setelah selesai melakukan
percobaan di laboratorium?
a. Menulis cerita fiksi
tentang percobaan
b. Menganlisis
data, menyimpulkan hasil, dan menyusun laporan percobaan
c. Meninggalkan area kerja
dengan berantakan
d. Hanya mengandalkan
ingatan untuk mengingat hasil percobaan
8.
Mengapa penting untuk melaporkan hasil percobaan secara akurat?
a. Agar orang lain
dapat memahami, memverifikasi, dan membangun pengetahuan dari hasil percobaan
kita
b. Agar hasil percobaan
selalu terlihat baik
c. Hanya untuk mengisi ruang
kosong dalam laporan
d. Agar hasil percobaan
selalu sesuai dengan harapan kita
9.
Apa tujuan utama dari pelaporan hasil percobaan ilmiah?
a. Untuk menunjukkan
keunggulan penulis
b. Untuk membuat cerita
fiksi tentang percobaan
c. Hanya sebagai formalitas
tanpa manfaat nyata
d. Untuk berbagi
informasi, temuan, dan hasil dengan komunitas ilmiah serta masyarakat
10.
Apa yang dapat kita pelajari dari membaca laporan hasil
percobaan oleh ilmuwan lain?
a. Hanya informasi yang
tidak berguna
b. Tidak ada manfaat dalam
membaca laporan hasil percobaan orang lain
c. Proses, hasil,
dan temuan dari percobaan orang lain, yang dapat membantu mamahami konsep
ilmiah dan memperluas pengetahuan kita
d. Cara menyalin laporan
tanpa memberikan pengakuan kepada penulisnya
11.
Proses untuk mengenal sesuatu dengan memperhatikan suatu
objek dan peristiwa disebut ....
a. Melihat
b. Pengamatan
c. Meraba
d. Mencicipi
12.
Keterampilan proses mengamati dengan melihat antara lain
digunakan untuk mengamati ....
a. Warna, bentuk,
ukuran
b. Warna, keras, lunak
c. Rasa, bentuk, ukuran
d. Suara, bentuk, ukuran
13.
Besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu
disebut ....
a. Besaran pokok
b. Besaran skalar
c. Besaran vektor
d. Besaran turunan
14.
Berikut ini yang termasuk besaran pokok adalah ....
a. Luas
b. Gaya
c. Massa
d. Percepatan
15.
Di bawah ini merupakan satuan-satuan besaran pokok,
kecuali ....
a. m, s
b. kg, s
c. m, kg
d. kg, m2
16.
Jumlah zat dinyatakan dengan satuan ....
a. kelvin
b. mol
c. ampere
d. candela
17.
Di bawah ini yang merupakan satuan-satuan besaran
turunan, kecuali ....
a. meter
b. newton
c. meter persegi
d. meter per sekon
18.
Waktu istirahat sekolah selama 15 menit. Berdasarkan
pernyataan tersebut, menit merupakan .
a. waktu
b. satuan
c. besaran
d. nilai besaran
19.
Diameter suatu lingkaran sebesar 30 cm. Berdasarkan
pernyataan tersebut, diameter menyatakan ....
a. Besaran waktu
b. Besaran massa
c. Besaran panjang
d. Besaran diamater
20.
Sesuatu yang digunakan sebagai pembanding dalam suatu
pengukuran disebut ....
a. Gaya
b. Massa
c. Besaran
d. Satuan