Pendahuluan
p.1.
Penjelasan Program
Pengantar
Bimtek
Sahabat Guru Belajar,
Selamat datang di
Bimbingan Teknik (Bimtek) Literasi dan Numerasi Palform Guru Belajar dan
Berbagi.
Sebagaimana kita ketahui
bahwa perkembangan literasi dan numerasi bagi anak Indonesia lima belas tahun
terakhir ini mengalami perkembangan yang kurang menggembirakan. Hasil tes PISA
belum dapat menunjukkan perkembangan yang sesuai harapan. Gerakan Literasi
Sekolah (GLS) sudah diprogramkan dan diberikan berbagai pelatihan. Dari
praktik penerapan program GLS masing-masing daerah memiliki tafsir yang
beragam. Penafsiran ini berdampak pada pelaksanaan program literasi di sekolah.
Dalam rangka meningkatkan
kecakapan literasi dan numerasi guru kami menyelenggarakan Bimtek Literasi dan
Numerasi ditujukan untuk guru SD dan SMP. Bimtek ini terdiri dari 3 Modul
yaitu: 1) Konsep Dasar Literasi dan Numerasi, 2) Implementasi Literasi dan
Numerasi pada pembelajaran di sekolah dan 3) Praktik Baik Literasi dan Numerasi
di sekolah, keluarga dan masyarakat.
Melihat urgensinya materi
dalam Bimtek ini, kami berharap Guru SMA/SMK/MA dan Kepala sekolah SD, SMP dan
SMA seyogyanya mengikuti Bimtek ini. Hal ini akan banyak membantu proses
implementasi literasi dan Numerasi pada jenjang tersebut. Para Widya Iswara
Bahasa Indonesia dan Widya Iswara Matematika, perlu juga melihat materi dan
perkembangan konsep serta implementasi Literasi dan Numerasi pada Bimtek
ini.
Sahabat Guru Belajar,
Setelah mengikuti Bimtek ini
diharapkan peserta memiliki kecakapan literasi berkembang dengan indikator: 1)
mampu melihat profil perkembangan literasi anak, 2) mampu menyiapkan kelas yang
kaya teks, 3) mengetahui struktur pengetahuan bahasa ( bunyi, kata, kalimat dan
pragmatik) 4) mampu mengomunikasikan ide dalam bentuk teks dan lisan dengan
runtut.
Adapun gambaran umum dari
materi ketiga modul adalah sebagai berikut:
- Modul 1 Konsep Dasar Literasi dan
Numerasi
Pada modul ini akan
dibahas: 1) konsep dasar literasi, 2) konsep dasar numerasi, 3) perkembangan
literasi, 4) perkembangan numerasi dan 5) pemrofilan literasi anak. Setelah
menyelesaikan modul ini peserta akan dimudahkan untuk belajar modul 2.
- Modul 2 Implementasi Literasi
dan Numerasi Berbasis Kelas
Pada modul 2 membahas: 1)
implementasi Literasi dan Numerasi di kelas, 2) Implementasi Literasi dan
Numerasi tematik, 3) Implementasi Literasi dan Numerasi berbasis
mata pelajaran dan 4) Penyusunan program literasi dan numerasi di kafe.
- Modul 3 Praktik baik
penyelenggaraan Literasi dan Numerasi.
Sub modul terdiri dari 1)
Literasi dan numerasi pada Keluarga, 2) literasi dan numerasi di Sekolah dan 3)
Literasi dan Numerasi di masyarakat.
Sahabat guru, selamat mengikuti Bimtek.
Sasaran
dan tujuan
Sasaran program pedoman bimbingan teknis literasi dan numerasi berbasis
platform Guru Belajar & Berbagi adalah Guru, Kepala
Sekolah, dan Pengawas di jenjang SD, SMP, SMA/SMK di Indonesia maupun guru yang
berada di Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN). Setelah mengikuti bimbingan
teknis ini, peserta diharapkan mampu menjelaskan praktik baik tentang
pengembangan aktivitas atau kegiatan yang mendorong peningkatan literasi dan
numerasi di sekolah dalam bentuk artikel, video, infografis, dan lain-lain yang
dapat menjadi inspirasi serta rujukan bagi guru di seluruh Indonesia.
Adapun tujuan dari bimbingan teknis ini adalah:
- memberikan
pengetahuan pengertian literasi dan numerasi dengan tepat,
- memberikan
pemahaman perkembangan literasi dan numerasi sebagai bagian
dari proses belajar berkelanjutan,
- memberikan
keterampilan pemrofilan perkembangan literasi sebagai dasar pembelajaran
numerasi,
- memberikan
pemodelan implementasi literasi dan numerasi pada pembelajaran di kelas,
dan
- memberikan
pengetahuan tentang praktik baik literasi dan numerasi pada keluarga,
sekolah dan masyarakat.
Hasil
yang diharapkan
Dengan adanya pedoman bimbingan teknis literasi dan numerasi berbasis
platform Guru Belajar & Berbagi, secara umum diharapkan dapat
menghasilkan gambaran kegiatan dan program yang berisi miskonsepsi, konsepsi
dasar, implementasi, dan praktik baik sebagai referensi guru lainnya dalam upaya meningkatkan
kemampuan literasi dan numerasi di Indonesia. Adapun secara khusus hasil yang
diharapkan dari kegiatan bimbingan teknis ini diantaranya:
- Peningkatan
keterampilan dasar literasi dan numerasi guru pendidikan dasar.
- Peningkatan
keterampilan dasar literasi dan numerasi kepala sekolah pada pendidikan
dasar.
- Peningkatan
keterampilan dasar literasi dan numerasi pengawas sekolah pada pendidikan
dasar.
- Mewujudkan
keberlanjutan proses pembelajaran berbasis literasi dan numerasi sesuai
dengan tingkatan kelas di jenjang pendidikan dasar
Tahapan
seri belajar Guru Berbagi Seri Literasi dan Numerasi
Adapun tahapan belajar
pada seri belajar Guru Berbagi Seri Literasi dan Numerasi sebagai berikut.
Struktur Program
Struktur
Program pada seri belajar Guru Berbagi Seri Literasi dan Numerasi sebagai
berikut.
Struktur
Program Program Guru Belajar seri literasi dan numerasi dilaksanakan secara
daring dalam 4 (empat) tahap, dengan struktur program sebagai berikut.
1. Orientasi
Struktur
orientasi program sebagaimana dijelaskan pada Tabel 2.2
2. BIMTEK
Struktur
program tahap 1 bimtek sebagaimana dijelaskan pada Tabel 2.3
3. Deskripsi
Materi
a.
Pengantar Program Guru Belajar Seri Literasi dan Numerasi Materi ini berisi
penjelasan Dirjen GTK tentang program guru belajar seri Literasi dan Numerasi.
b.
Struktur Program Guru Belajar Seri Literasi dan Numerasi Berisi penjelasan
tentang tahapan dan deskripsi setiap tahap program guru belajar seri Literasi
dan Numerasi.
c.
Konsep Dasar Literasi Materi ini membahas pemahaman konsep literasi bermakna
dan menerapkan pembelajaran yang memfasilitasi perkembangan kompetensi literasi
dan numerasi peserta didik .
d.
Konsep Dasar Numerasi Materi ini membahas pemahaman konsep numerasi bermakna
dan menerapkan pembelajaran yang memfasilitasi perkembangan kompetensi literasi
dan numerasi peserta didik .
e.
Perkembangan Literasi Materi ini membahas tentang perkembangan literasi sesuai
dengan perkembangan belajar peserta didik dan cara melakukan asesmen literasi.
f.
Perkembangan Numerasi Materi ini membahas tentang perkembangan numerasi sesuai
dengan perkembangan belajar peserta didik dan cara melakukan asesmen numerasi.
g.
Proses Pemrofilan Perkembangan Literasi Materi ini membahas tentang cara
mengukur perkembangan literasi dengan mudah dan sederhana sesuai perkembangan
peserta didik .
h.
Implementasi Literasi Guru Kelas dan Guru Mata Pelajaran Materi ini membahas
tentang implementasi literasi oleh guru kelas dan guru mata pelajaran.
i.
Implementasi Numerasi Guru Kelas dan Guru Mata Pelajaran Materi ini membahas
tentang implementasi numerasi oleh guru kelas dan guru mata pelajaran.
j.
Penyusunan Program Materi ini membahas tentang tahapan dalam menyusun program
literasi dan numerasi di kelas.
k.
Evaluasi Program Materi ini membahas tentang evaluasi program literasi dan
numerasi di kelas.
l.
Praktik Baik Pengembangan Literasi dan Numerasi di Sekolah, Keluarga, dan
Masyarakat Materi ini membahas tentang praktik baik yang ada di sekolah terdiri
dari SD Kelas Awal, SD Kelas Tinggi dan SMP. Selanjutnya, materi ini juga
membahas tentang praktik baik pelibatan keluarga dan masyarakat oleh sekolah SD
dan SMP. Materi dilengkapi dengan pendapat ahli sehingga menjadi model yang
khas sehingga menginspirasi guru lainnya.
4. Strategi
Pelaksanaan Program
Program
bimtek guru belajar seri literasi dan numerasi dilaksanakan secara daring
dengan menggunakan pendekatan mandiri melalui komunikasi tidak langsung
(asynchronous communication). Kegiatan pembelajaran daring ini akan
dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap Bimtek dan tahap pengimbasan.
Pendaftaran dan Proses Belajar
- Peserta bimtek
diberi keleluasaan untuk memilih jadwal waktu belajar sendiri sesuai
pilihan waktu yang telah disediakan, melalui laman gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id;
- Peserta
mengikuti bimtek selama 32 Jam Pelajaran (JP) sesuai waktu yang telah
dipilih. Peserta diharuskan untuk menuntaskan seluruh rangkaian bimtek
hingga mengikuti Tes Akhir dan mendapatkan skor Tes Akhir paling rendah
70%. Peserta yang tidak dapat menyelesaikan modul bimtek atau perolehan
skor Tes Akhir kurang dari 70%, dapat mengulang sampai dengan 3 kali post
test. Apabila 3 (tiga) kali kesempatan tetap tidak berhasil /dinyatakan
tidak tuntas, maka peserta dapat mengulang kembali dengan memilih
jadwal yang masih ada.
- Peserta
yang sudah menuntaskan bimtek diharuskan membuat pengimbasan dan
mengupload bukti fisiknya pada link yang sudah disediakan. Adapun Rencana
Tindak Lanjut dibuat sebagai berikut:
- Untuk guru, rencana strategi implementasi literasi
dan numerasi dalam kegiatan pembelajaran sesuai mata pelajaran yang
diampu. Untuk Kepala dan Pengawas Sekolah, rencana implementasi strategi
literasi dan numerasi di sekolah.
- Rencana pengimbasan kepada rekan sejawat di
kelompok kerja (PKG, KKG, MGMP, MKKS, KKPS/MKPS) secara luring ataupun
daring.
- Sertifikat
dapat diunduh bagi peserta yang sudah menyelesaikan pengimbasan.
Sertifikat
Peserta akan
mendapat E-sertifikat untuk kegiatan bimtek sebagai bukti telah menuntaskan
tahapan dengan ketentuan sudah menuntaskan seluruh rangkaian
bimtek dan mendapatkan skor akhir paling rendah 70%.
E-Sertifikat yang telah diperoleh dapat diunduh pada
laman https://gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id/ atau
di portofolio guru pada akun SIM-PKB.
Penutup
Bimbingan teknis peningkatan literasi dan numerasi
berbasis Platform Guru Belajar & Berbagi bagi para guru
penggerak di jenjang Pendidikan SD dan SMPmerupakan suatu kegiatan yang penting
dan strategis Direktorat GTK DIKDAS Kemdikbudristek dalam rangka memfasilitasi
para guru SD, dan SMP dalam upaya peningkatan kemampuan literasi dan numerasi
di Indonesia. Penyusunan pedoman bimtek ini dimaksudkan sebagai acuan bagi
penyelenggaraan bimbingan teknis dalam perencanaan, penyiapan, pelaksanaan, dan
pemantauan sekaligus evaluasi bimbingan teknis peningkatan literasi dan
numerasi di Indonesia. Dengan adanya pedoman bimbingan teknis literasi dan
numerasi berbasis Platform Guru Belajar & Berbagi diharapkan
dapat menghasilkan gambaran kegiatan dan program yang berisi praktik baik
sebagai referensi guru lainnya dalam upaya meningkatkan
kemampuan literasi dan numerasi di Indonesia.
Sumber ; https://litnum01-gurubelajar.simpkb.id/mod/lesson/view.php?id=508&pageid=48