Asesmen Pasca
Anda telah tiba di
topik penghujung yaitu penutup program. Sebelum mengakhiri proses belajar Anda,
silakan mengisi asesmen pasca untuk mengukur kemajuan belajar yang telah Anda
lakukan. Pilih jawaban yang menurut Anda paling tepat.
Jangan lupa untuk
klik “Mark Complete” setelah mengikuti kuis di bawah ini dan menekan
tombol panah di kiri atas untuk melanjutkan.
Apa cara belajar guru
yang keliru?
- Menunggu instruksi dinas
pendidikan
- Mencari dan mencoba sendiri di
kelas
- Menyisihkan gaji untuk membeli
buku
- Bertanya pada teman guru yang
lain
Apa ukuran
keberhasilan seorang guru merdeka belajar?
- Murid menjadi juara olimpiade
- Murid bisa memberi kontribusi
- Murid lulus dengan nilai
terbaik
- Murid mengalahkan murid lain
Apa makna yang paling
menggambarkan merdeka belajar?
- Belajar itu menyenangkan
- Belajar itu melibatkan
- Belajar itu kewajiban
- Belajar itu kebutuhan
Apa pepatah yang
paling sesuai dengan semangat merdeka belajar?
- Guru itu digugu dan ditiru
- Semua murid semua guru
- Guru kencing berdiri, murid
kencing berlari
- Guru adalah pahlawan tanpa
tanda jasa
Apa pendapat yang
keliru tentang merdeka belajar?
- Komitmen pada tujuan adalah
elemen merdeka belajar
- Keterlibatan murid merupakan kunci
merdeka belajar
- Merdeka belajar membuat murid
menentukan pilihan
- Kebebasan murid menjadi syarat
merdeka belajar
Apa makna guru
merdeka belajar?
- Guru mengatur sendiri tujuan,
cara dan penilaian belajarnya
- Guru bebas menentukan kapan
waktu belajar yang tepat
- Guru bebas belajar apa saja,
di mana saja dan dengan siapa saja
- Guru mengatur sendiri proses
belajar sesuai kemauannya
Bagaimana cara yang
efektif bagi guru merdeka belajar melakukan perubahan pendidikan?
- Mengajukan nama menteri
pendidikan yang tepat
- Melakukan demonstrasi
perubahan pendidikan
- Menjadi kepala dinas
pendidikan di daerahnya
- Melakukan perubahan
praktik pengajaran
Apa kondisi
pendidikan yang diresahkan guru merdeka belajar?
- Para murid yang belum merdeka
belajar
- Orangtua yang tidak mau bekerjasama
- Sarana dan kondisi fisik di
sekolahnya
- Dampak negatif perkembangan
teknologi
Manakah dorongan yang
tepat bagi guru merdeka belajar mengikuti pelatihan guru?
- Narasumber pelatihan sudah
terkenal
- Mendapat sertifikat untuk naik
pangkat
- Janji menawarkan solusi mudah
dan cepat
- Topiknya sesuai kebutuhan guru
belajar
Apa yang menjadi
penghambat utama guru belajar?
- Pekerjaan guru yang bertumpuk
banyak
- Tidak ada dari dukungan kepala
sekolah
- Tidak ada dana pengembangan
buat guru
- Belajar hanya menambah beban
bagi guru
Mana cara yang sesuai
dengan konsep merdeka belajar untuk membuat guru mengubah praktik
pengajarannya?
- Memberi insentif yang besar
untuk semua guru yang bertugas
- Memberi surat tugas bagi guru
untuk melakukan perubahan
- Memberi hukuman/sanksi bagi guru
yang menolak perubahan
- Mengembangkan komunitas guru
untuk melakukan perubahan
Bagaimana proses
belajar bagi seorang guru merdeka belajar?
- Penunjukkan, pelatihan,
penerapan, pencapaian
- Mencari cara, mencoba, gagal
sebelum berhasil
- Pelatihan, mempraktikkan hasil
pelatihan, berhasil
- Belajar dari teman, praktik
dan berhasil
Siapa narasumber
terdekat bagi guru merdeka belajar untuk memperbaiki dan mengembangkan strategi
pengajaran?
- Ahli pendidikan dari kampus
ternama
- Guru yang telah terbukti
berhasil
- Pejabat dari dinas pendidikan
daerah
- Peneliti yang lengkap data
penelitiannya
Bagaimana cara
belajar yang efektif dalam pelatihan guru?
- Ceramah yang panjang dengan
presentasi yang lengkap
- Banyak kegiatan dan permainan
yang menyenangkan bagi guru
- Guru bisa mencoba, mendapat
umpan balik dan memperbaiki
- Cara apa pun yang penting
dilakukan pelatih dari ahli atau ternama
Bagaimana relasi
antar guru yang mendukung pengembangan guru merdeka belajar?
- Persaingan antar guru yang
menjadi sumber motivasi
- Setiap guru fokus pada
tanggung jawabnya sendiri
- Pengakuan terbuka terhadap
guru paling berprestasi
- Kolaborasi antar guru untuk
mengembangkan diri
Apa yang dilakukan
guru merdeka belajar ketika ditugaskan di sekolah yang kondisinya buruk?
- Menyampaikan pengaduan ke
dinas pendidikan
- Mempengaruhi rekan guru untuk
berubah
- Menyampaikan keluhan pada
rekan guru
- Melakukan protes ke media
massa
Apa arti berbagi
praktik pengajaran bagi guru merdeka belajar?
- Merugikan karena membuat guru
lain menjadi guru berprestasi
- Menambah beban pekerjaan guru
yang sudah sangat banyak
- Saling belajar dan mendukung
untuk perubahan pendidikan
- Sangat membantu guru untuk
meringankan beban pekerjaan
Apa ukuran guru
berprestasi?
- Jumlah kemenangan di
perlombaan
- Jumlah piala yang berhasil
diraih murid
- Tanda jasa berprestasi dari
pemerintah
- Jumlah karya yang dihasilkan
oleh guru
Siapa penanggung
jawab pengembangan karier guru merdeka belajar?
- Kepala sekolah dan pengawas
- Guru itu sendiri
- Dinas pendidikan daerah
- Menteri pendidikan
Apa makna karier bagi
seorang guru merdeka belajar?
- Menjadi kepala sekolah
- Berkarya dan berkontribusi
- Mendapat tunjangan tambahan
- Meluluskan banyak murid