A. Pilihlah jawaban yang tepat!
1.
Yang
dimaksud dengan ilmu IPA adalah . . . .
A.Ilmu yang mempelajari makhluk hidup yang berada di sekitar kita
B.Ilmu yang mempelajari benda – benda mati yang berada di lingkungan sekitar
C.Ilmu yang mempelajari semua benda yang ada disekitar kita baik benda hidup maupun benda mati
D.Ilmu yang mempelajari manusia, hewan dan tumbuhan
A.Ilmu yang mempelajari makhluk hidup yang berada di sekitar kita
B.Ilmu yang mempelajari benda – benda mati yang berada di lingkungan sekitar
C.Ilmu yang mempelajari semua benda yang ada disekitar kita baik benda hidup maupun benda mati
D.Ilmu yang mempelajari manusia, hewan dan tumbuhan
2.
Cara
berikut dilakukan oleh ilmuan untuk mengembangkan ilmu IPA adalah kecuali
. . . .
A. Melakukan penelitian/observasi
B. Menganalisis hasil penelitian
C. Menarik kesimpulan berdasarkan observasi
D. Melakukan perhitungan
A. Melakukan penelitian/observasi
B. Menganalisis hasil penelitian
C. Menarik kesimpulan berdasarkan observasi
D. Melakukan perhitungan
3.
Pengertian
di bawah ini yang paling tepat mengambarkan pengertian inferensi adalah .
. . .
A. Mengumpulkan data dan informasi melalui pengamatan
B. Merumuskan penjelasan berdasarkan pengamatan
C. Membuat laporan tertulis tentang kesimpulan akhir dari hasil pengamatan
D. Melakukan pengamatan menggunakan panca indera
A. Mengumpulkan data dan informasi melalui pengamatan
B. Merumuskan penjelasan berdasarkan pengamatan
C. Membuat laporan tertulis tentang kesimpulan akhir dari hasil pengamatan
D. Melakukan pengamatan menggunakan panca indera
4.
Diantara
perilaku ilmiah berikut yang harus dimiliki oleh seorang ilmuan adalah kecuali
. . . . .
A. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi
B. Objektif
C. Subjektif
D. Bertanggung jawab
A. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi
B. Objektif
C. Subjektif
D. Bertanggung jawab
5.
Berikut
adalah manfaat yang bisa kita peroleh setelah belajar IPA adalah kecuali . . .
.
A. Meningkatkan kualitas hidup
B. Memahami berbagai hal di sekitar kita
C. Mampu menyelesaikan masalah dengan baik
D. Menjadi pribadi yang suka berfikir cepat
A. Meningkatkan kualitas hidup
B. Memahami berbagai hal di sekitar kita
C. Mampu menyelesaikan masalah dengan baik
D. Menjadi pribadi yang suka berfikir cepat
6.
Diantara
hal berikut yang termasuk objek yang dipelajari dalam IPA adalah . . . .
A. Cinta
B. Seluruh benda di alam dengan segala interaksinya
C. Keadilan
D. Kasih sayang
A. Cinta
B. Seluruh benda di alam dengan segala interaksinya
C. Keadilan
D. Kasih sayang
7.
Diantara
ilmu – ilmu berikut yang termasuk ke dalam bagian ilmu – ilmu IPA adalah
kecuali . .
A. Matematika B. Astronomi C. Kimia D.
Fisika
8.
Bagian
dari ilmu IPA yang mempelajari sistem kehidupan mulai dari yang berukuran
sangat kecil sampai lingkungan yang besar adalah . . . .
A. Sosiologi B. Matematika C. Biologi D. Geografi
A. Sosiologi B. Matematika C. Biologi D. Geografi
9.
Seorang
ilmuan sedang melakukan penelitian dengan cermat di laboratorium. Dia meneliti
suatu zat untuk mengetahui jenis zat tersebut. Bidang IPA yang sedang
dipelajari oleh ilmuan tersebut adalah .
A. Kimia B. Fisika C. Biologi D. Astronomi
A. Kimia B. Fisika C. Biologi D. Astronomi
10.
Kegiatan
dalam ilmu IPA yang menghasilkan data – data berupa angka (nilai) disebut
dengan . . .
A. Observasi B. Pengukuran C. Pengamatan D. Penelitian
A. Observasi B. Pengukuran C. Pengamatan D. Penelitian
11.
Yang
dimaksud dengan besaran adalah . . . .
A. Hasil pengamatan indera terhadap objek IPA
B. Besaran yang menjadi dasar besaran lain
C. Segala sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka
D. Semua jawaban salah
A. Hasil pengamatan indera terhadap objek IPA
B. Besaran yang menjadi dasar besaran lain
C. Segala sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka
D. Semua jawaban salah
12.
Besaran
– besaran berikut yang termasuk besaran pokok adalah kecuali . . . .
A. Panjang B. Kecepatan C. Massa D. Waktu
A. Panjang B. Kecepatan C. Massa D. Waktu
13.
Satuan
internasional (SI) untuk waktu adalah . . . .
A. Milisekon B. Sekon C. Menit D. Jam
A. Milisekon B. Sekon C. Menit D. Jam
14.
Seseorang
akan mengukur panjang sebuah kayu yang akan digunakan untuk membuat rumah. Alat
ukur yang yang harus digunakan oleh orang tersebut adalah . . . .
A. Mistar B. Meteran C. Stopwach D. Mikrometer sekrup
A. Mistar B. Meteran C. Stopwach D. Mikrometer sekrup
15.
Massa
cabe yang dibeli ibu dari pasaradalah 2,5 kg. jika diubah menjadi satuan gram,
berapakah hasilnya.. . .
A. 25 gram B. 250 gram C. 2500 gram D. 25.000 gram
A. 25 gram B. 250 gram C. 2500 gram D. 25.000 gram
16.
Perhatikan
tabel dibawah ini!
|
Besaran Pokok
|
Satuan SI
|
1
|
Panjang
|
Kilogram
|
2
|
Kuat
Arus
|
Kelvin
|
3
|
Jumlah
Zat
|
Mol
|
4
|
Intensitas
Cahaya
|
Ampere
|
Besaran
pokok dan satuan SI nya yang sesuai adalah . . . .
A. 1 B. 2 C. 3 D. 4
A. 1 B. 2 C. 3 D. 4
17.
Apa
yang dimaksud dengan besaran turunan . . . .
A. Besaran yang satuannya didapatkan dari besaran pokok
B. Besaran yang satuannya baku
C. Besaran yang satuannya berlaku universal di semua negara
D. Besaran yang satuannya sesuai standar internasional
A. Besaran yang satuannya didapatkan dari besaran pokok
B. Besaran yang satuannya baku
C. Besaran yang satuannya berlaku universal di semua negara
D. Besaran yang satuannya sesuai standar internasional
18.
Kamu
ingin membuat larutan gula dengan cara mencampurkan 20 gram air ke dalam segelas
air yang bervolume 125 L. berapakah konsentrasi larutan gula tersebut dalam g/L
. . . .
A. 0,50 B. 0,25 C. 0,16 D. 0,08
A. 0,50 B. 0,25 C. 0,16 D. 0,08
19.
Tini
menanam jagung pada hari Senin. Pada awal pengukuran, tinggi jagung dari
permukaan tanah adalah 10 cm. Selang 2 minggu kemudian, panjangnya bertambah
menjadi 38 cm. Berapa laju pertumbuhan tanaman jagung Tini tersebut ? (dalam
cm)
A. 2 cm/hari B. 4 cm/hari C. 8 cm/hari D. 10 cm/hari
A. 2 cm/hari B. 4 cm/hari C. 8 cm/hari D. 10 cm/hari
20.
Hasil
pengukuran benda menggunakan neraca Ohauss ditunjukkan oleh gambar berikut :
(catatan
: satu garis pada skala yang bagian bawah bernilai 0,2)
Massa benda adalah . . . .
A. 90 gram B. 80 gram C. 85,8 gram D. 175,8 gram
Massa benda adalah . . . .
A. 90 gram B. 80 gram C. 85,8 gram D. 175,8 gram
B.
Jawablah pertanyaan berikut dengan
tepat!
1.
Lengkapilah
tabel di bawah ini!
No
|
Besaran
IPA
|
Satuan
|
Alat
Ukur
|
1.
|
.................... (A)
|
m
|
Mistar
|
2.
|
massa
|
....................... (B)
|
Neraca
lengan
|
3.
|
kelajuan
|
Km/jam
|
..................... (C)
|
4.
|
..................... (D)
|
kelvin
|
Termometer
|
5.
|
..................... (E)
|
ampere
|
amperemeter
|
2.
Sebutkan
3 komponen keterampilan proses dan jelaskan!
3.
Konversikan
satuan berikut ke dalam satuan SI
a. 1 km = ........ m
b. 1.000 mm = ........ m
c. 1.000.000 mg = ....... kg
4.
Apakah
yang dimaksud dengan besaran pokok?
5.
Bakteri
memiliki panjang sampai dengan 10 μm. Virus memiliki panjang sampai dengan 100
nm. Berdasarkan data tersebut, manakah yang berukuran lebih panjang, bakteri
atau virus? Jelaskan jawabanmu!
6.
Neptunus
adalah salah satu planet dalam tata surya kita. Jarak Neptunus dengan Matahari
adalah 30 SA. Berapa jarak ini dalam kilometer?
(1 SA = jarak Bumi sampai dengan Matahari = 150 juta km)
7.
Apakah
yang dimaksud dengan besaran turunan?
8.
Sebutkan
3 contoh besaran turunan beserta satuaannya!
9.
Jika
kalian melarutkan 20 gram gula ke dalam segelas air (125 mL), berapakah
konsentrasi larutan garam yang terjadi dalam satuan g/L?
10.
Naufal
menanam jagung. Pada awal pengukuran, tinggi jagung dari permukaan tanah 10 cm.
Selang 2 minggu kemudian, ternyata tingginya menjadi 17 cm. Berapakah
laju pertumbuhan jagung tersebut?
Sumber :
2.
Wahono
Widodo, Fida Rachmadiarti, dan Siti Nurul Hidayati. 2016. Buku Guru Ilmu
Pengetahuan Alam SMP/ MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan: halaman 27 - 46.
3.
Wahono
Widodo, Fida Rachmadiarti, dan Siti Nurul Hidayati. 2016. Buku Siswa, Ilmu
Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII Semester 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan: halaman 1 -31.
KUNCI JAWABAN
A. Pilihan
Ganda
1.
C 6. B 11.
C 16.
C
2.
D 7. A 12.
B 17.
A
3.
B 8. C 13.
B 18.
C
4.
C 9. A 14.
B 19.
A
5.
D 10.
B 15.
C 20.
D
B. Uraian
1.
(A).
panjang, (B). kilogram, (C). speedometer, (D). suhu, (E). kuat arus listrik
2.
(1)
Pengamatan, Menggunakan pancaindra, termasuk melakukan pengukuran dengan
alat ukur yang sesuai. Pengamatan dilakukan untuk mengumpulkan data dan
informasi
(2) Membuat
Inferensi, Merumuskan penjelasan berdasarkan pengamatan. Penjelasan ini
digunakan
untuk menemukan
pola-pola atau hubungan antaraspek yang diamati dan membuat perkiraan.
(3) Mengomunikasikan,
Mengomunikasikan hasil penyelidikan baik lisan maupun tulisan. Hal yang
dikomunikasikan
termasuk data yang disajikan dalam bentuk tabel, grafik, bagan, dan gambar yang
relevan.
3.
(a).
1 km = 1.000 m
(b). 1.000 mm = 1 m
(c). 1.000.000 mg = 1
kg
4.
Besaran
yang satuannya didefinisikan disebut besaran pokok.
5.
Bakteri
10 μm = 10. 10-6 m = 1.10-5 m. Virus 100 nm = 100.10-9 m = 1.10-7
m, jadi lebih panjang bakteri.
6.
30
SA = 30 x 150 juta km = 4.500 juta km.
7.
Besaran
turunan adalah besaran-besaran dapat diturunkan dari besaran-besaran pokok.
8.
Luas
= meterpersegi, volume = meterkubik, kecepatan = m/s.
9.
K
= 20 g/ 0,125 L = 160 g/L
10.
Laju
pertumbuhan = 17 – 10 cm/14 hari = 7 cm/14 hari = 0,5 cm/hari.