Jawablah pertanyaan
berikut ini!
1.
Jelaskan tiga komponen keterampilan proses dalam IPA!
2.
Jelaskan empat kegunaan mempelajari IPA!
3.
Jelaskan dua macam objek yang dipelajari dalam IPA!
4.
Konversikan satuan berikut ke dalam satuan SI!
a. 2.500 gram
b. 4 kilometer
c. 50 miligram
5.
Bakteri
memiliki panjang sampai dengan 10 μm. Virus memiliki panjang sampai dengan 100
nm. Berdasarkan data tersebut, manakah yang berukuran lebih panjang, bakteri
atau virus? Jelaskan jawabanmu!
6.
Neptunus adalah salah satu planet dalam tata surya kita. Jarak Neptunus
dengan Matahari adalah 30 SA. Berapa jarak ini dalam kilometer? (1 SA = jarak Bumi sampai
dengan Matahari = 150 juta km)
7.
a. Jelaskan pengertian besaran
pokok!
b. Sebutkan tiga besaran
pokok beserta satuannya!
8.
Pilihlah satuan panjang yang tepat untuk menyatakan hasil pengukuran
benda-benda di bawah ini
a. Tebal kertas c. Jarak antara dua
kota
b. Lebar ruang kelas d. Jarak antara Bumi dan Venus
9.
a. Jelaskan pengertian besaran
turunan!
a. Sebutkan tiga contoh
besaran turunan beserta satuannya!
10. Lengkapilah tabel di bawah
ini!
No
|
Besaran IPA
|
Satuan
|
Alat Ukur
|
1.
|
.................... (A)
|
meter
|
Mistar
|
2.
|
Massa
|
....................... (B)
|
Neraca lengan
|
3.
|
Waktu
|
sekon
|
..................... (C)
|
4.
|
..................... (D)
|
kelvin
|
Termometer
|
5.
|
..................... (E)
|
ampere
|
amperemeter
|
11. Jika kamu melarutkan 10
gram gula pasir ke dalam 200 mL air,berapakah konsentrasi larutan gula pasir
yang terjadi, nyatakan dalam satuan g/L?
12. Naufal menanam jagung
dalam pot. Pada awal pengukuran, tinggi kecambah dari permukaan tanah 3 cm.
Selang 6 hari kemudian, ternyata tinggi kecambah menjadi 9 cm. Berapakah laju
pertumbuhannya?
13. Afif
berangkat sekolah pukul 06.15 dan tiba di sekolah pukul 06.50. berapa detik
lama perjalanan Afif?
14. Jelaskan ciri mendasar
yang dimiliki makhluk hidup sehingga dapat membedakannya dengan benda mati!
15. Berilah tanda
centang (√) pada tabel ciri-ciri benda yang sesuai, yaitu benda dapat bergerak,
tumbuh dan berkembang, bernapas, berkembang biak, memerlukan nurtisi, dan peka
terhadap rangsang (irritabilitas).
Ciri-ciri benda
|
Nama Benda
|
||||||
Tas
|
Ban mobil
|
Bola
|
Helikopter
|
Tumbuhan
|
Orangutan
|
Burung
|
|
Bergerak
|
|
|
|
|
|
|
|
Tumbuh dan berkembang
|
|
|
|
|
|
|
|
Bernapas
|
|
|
|
|
|
|
|
Berkembang biak
|
|
|
|
|
|
|
|
Memerlukan nutrisi
|
|
|
|
|
|
|
|
Peka terhadap rangsang (iritabilita)
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengeluarkan zat sisa
|
|
|
|
|
|
|
|
Adakah benda-benda
yang mempunyai ciri yang sama? Jelaskan!
KUNCI
JAWABAN
1.
Tiga komponen keterampilan proses dalam IPA :
a) Pengamatan
Melibatkan pancaindra, termasuk melakukan
pengukuran dengan alat ukur yang sesuai. Pengamatan dilakukan untuk
mengumpulkan data dan informasi.
b) Membuat Inferensi
Merumuskan penjelasan berdasarkan pengamatan.
Penjelasan ini digunakan untuk menemukan pola-pola atau hubungan-hubungan
antaraspek yang diamati, serta membuat prediksi.
c) Mengomunikasikan
Mengomunikasikan hasil penyelidikan baik lisan
maupun tulisan. Hal yang dikomunikasikan termasuk data yang disajikan dalam
bentuk tabel, grafik, bagan, dan gambar yang relevan.
2.
Kegunaan mempelajari IPA :
a.
mampu menyelesaikan masalah, misalnya bagaimana mendapatkan air bersih
dari air keruh?
b.
mampu berpikir logis dan sistematis, misalnya jika datanya seperti ini,
apa kesimpulannya?
c.
mampu memahami berbagai hal di sekitar kita, misalnya mengapa matahari
bersinar?
d.
mampu meningkatkan kualitas hidup.
3.
Objek benda berukuran sangat kecil dan objek benda berukuran sangat
besar. Objek tersebut dapat berupa benda yang sangat kecil, misalnya bakteri,
virus, atom, bahkan partikel dasar penyusun atom. Objek yang diamati bisa juga
benda-benda yang berukuran sangat besar, misalnya lautan, bumi, matahari,
hingga jagat raya ini.
4.
a. 2.500 gram = 2,5 kg
b. 4 kilometer = 4.000 m
c. 50 miligram = 0,000050
kg
5.
Bakteri memiliki panjang sampai
dengan 10 μm = 10.10-6 m. Virus memiliki panjang sampai dengan 100 nm = 100.10-9 m. Jadi lebih panjang
bakteri.
6.
Jarak Neptunus dengan Matahari adalah 30 SA = 30x150 juta km = 4.500 juta
km.
7.
a. Besaran yang satuannya didefinisikan disebut besaran pokok.
b..Panjang satunnya meter, massa satuannya kilogram
dan waktu satuannya sekon
8.
a. mm b. m c. km d, SA
9.
a. Besaran turunan adalah besaran yang satuannya diturunkan dari satuan
besaran pokok.
b..luas satuannya m2, volume satuannya
m3 dan kecepatan satuannya m/s
10. A. panjang C.
stopwatch
B. kg D.
suhu E. kuat arus
listrik
11. Konsentrasi garam =
massa zat terlarut/volume pelarut = 10 g/0,2 L = 50 g/L
12. Laju pertumbuhannya =
pertambahan tinggi/selang hari = 9 cm – 3 cm / 6 hari = 6 cm/6 hari = 1 cm/hari
13. Afif berangkat sekolah
pukul 06.15 dan tiba di sekolah pukul 06.50.
06.50-06.15= 35 menit = 2100 sekon.
14. bergerak, tumbuh
berkembang, berkembang biak, makan, minum, ekskresi, bernapas, beradaptasi,
dll.
15.
Ciri-ciri benda
|
Nama Benda
|
||||||
Tas
|
Ban mobil
|
Bola
|
Helikopter
|
Tumbuhan
|
Orangutan
|
Burung
|
|
Bergerak
|
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
Tumbuh dan berkembang
|
|
|
|
|
√
|
√
|
√
|
Bernapas
|
|
|
|
|
√
|
√
|
√
|
Berkembang biak
|
|
|
|
|
√
|
√
|
√
|
Memerlukan nutrisi
|
|
|
|
|
√
|
√
|
√
|
Peka terhadap rangsang (iritabilita)
|
|
|
|
|
√
|
√
|
√
|
Mengeluarkan zat sisa
|
|
|
|
√
|
√
|
√
|
√
|
Ada yaitu tumbuhan, orangutan dan burung.
Ketiganya merupakan makhluk hidup.