Kompetensi
Utama
|
Standar Kompetensi Guru
|
Indikator Esensial/
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
|||||
|
Kompetensi Inti
|
|
Kompetensi Guru Mapel
|
||||
|
B
|
|
c
|
|
d
|
|
e
|
Kompetensi
Pedagogik
|
Menguasai karakteristik peserta didik
dari aspek
fisik, moral,
spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual
|
Memahami
karakteristik peserta didik yang berkaitan
dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-
budaya
|
1.1.1 Membedakan berbagai aspek
perkembangan peserta didik berdasarkan
ciri-cirinya
|
||||
|
|
1.4 Mengidentifi kasi kesulitan
belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu
|
1.4.2 Menentukan kesulitan belajar
|
||||
Kompetensi
Pedagogik
|
2. Menguasai teori belajar dan prinsip-
prinsip
pembelajaran yang
mendidik
|
2.2 Menerapkan berbagai pendekatan,strategi, metode,
dan
teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif
dalam mata pelajaran yang diampu.
|
2.2.1 Mengelompokkan keterampilan
proses dasar
dan keterampilan
proses terpadu
|
||||
|
3. Mengembang kan kurikulum yang
terkait dengan mata
pelajaran yang
diampu.
|
3.3. Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk
mencapai tujuan
|
3.3.1 Mengidentifikasi
pengalaman
belajar IPA sesuai dengan pendekatan saintifik
|
||||
|
|
3.4 Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait
dengan pengalaman belajar dan
tujuan pembelajaran.
|
3.4.1 Menentukan tujuan
pembelajaran yang sesuai dengan materi ajar IPA
|
||||
Kompetensi
Pedagogi
|
4. Menyelengga rakan pembelajaran
yang mendidik.
|
4.3 Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik
untuk kegiatan di
dalam
kelas, laboratorium, maupun
lapangan.
|
4.3. Mengidentifikasi
prinsip-prinsip
penyusunan
RPP yang sesuai
dengan
Permendikbud nomor 103 tahun 2014
|
||||
Kompetensi
Pedagogi
|
|
4.4 Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di
kelas, di laboratorium, dan dilapangan dengan memperhatikan
standar
keamanan yang dipersyaratkan.
|
4.4.1 Menentukan
alat dan bahan
yang tepat untuk malaksanakan
kegiatan
belajar di laboratorium
|
Thursday 5 November 2015
Kisi-kisi UKG 2015
Pengembangan Kompetensi Fitur Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di Platform Merdeka Mengajar
Pada tanggal 19 Desember 2023 GTK Kemdikbudristek telah merilis Fitur Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di Platform Merdeka Meng...
-
1. Apa saja upaya yang dapat dilakukan untuk meminimalkan dampak pemanasan global? Jawaban; Upaya yang dapat dilakuka...
-
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar! 1. Apa yang dimaksud besaran? 2. Sebutkan tiga contoh besaran pokok...
-
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Satuan Pendidikan : SMP Mata Pelajaran : IPA Kelas / Sem e ster : V...