Sunday 29 January 2017

Simbiosis

Image result for simbiosis 
Sumber gambar : id.wikipedia.org
 Dalam ekosistem, komponen biotik saling berinteraksi satu sama lain untuk mempertahankan hidupnya. Interaksi yang terjadi antara komponen biotik ini dikenal dengan istilah simbiosis. Simbiosis adalah hubungan timbal balik antara 2 organisme dalam ekosistem untuk saling mengisi satu sama lain. Adapun berdasarkan pola interaksinya, simbiosis dibedakan menjadi 6 macam.

Macam Macam Simbiosis dan Contohnya

Berdasarkan pola dan bentuk interaksinya, simbiosis dibedakan menjadi 6 jenis, yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, simbiosis parasitisme, simbiosis netralisme, simbiosis amensalisme, dan simbiosis kompetisi. Berikut ini adalah penjelasan dari macam-macam simbiosis dan contohnya tersebut.

Macam Macam Simbiosis dan Contohnya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Simbiosis Mutualisme dan Contohnya

Simbiosis mutualisme adalah hubungan timbal balik antara dua mahluk hidup yang saling menguntungkan satu sama lain. Beberapa contoh simbiosis mutualisme dapat kita temukan pada interaksi antara lebah dan bunga, burung jalak dan kerbau, ikan remora dan ikan hiu, kelelawar dan kantung semar, burung plofer dan buaya, serta pada interaksi antara rayap dan flagelata.

2. Simbiosis Komensalisme dan Contohnya

Simbiosis komensalisme adalah hubungan timbal balik antara dua mahluk hidup yang mana salah satu diantaranya mendapatkan keuntungan, sedangkan yang lain tidak mendapat pengaruh apapun. Beberapa contoh simbiosis komensalisme dapat kita temukan pada interaksi antara sirih dan tumbuhan inangnya, tumbuhan paku dan pohon jati, udang dan mentimun laut, serta pada interaksi antara ikan badut dan anemon laut. Untuk lebih jelas mengenai contoh dan penjelasan masing-masing contoh simbiosis komensalisme,
Macam Macam Simbiosis dan Contohnya

3. Simbiosis Parasitisme dan Contohnya

Simbiosis parasitisme adalah hubungan timbal balik antara dua mahluk hidup yang mana salah satu diantaranya mendapatkan keuntungan, sedangkan yang lain mendapatkan kerugian. Beberapa contoh simbiosis parasitisme dapat kita temukan pada interaksi antara cacing pita dan manusia, benalu dan tanaman inangnya, kutu dan hewan yang diganggunya, serta pada jamur panu dan manusia. 

4. Simbiosis Netralisme dan Contohnya

Simbiosis netralisme adalah hubungan timbal balik antara dua mahluk hidup yang tidak saling menguntungkan maupun merugikan. Contoh simbiosis ini misalnya terjadi pada burung hantu dan kambing di ekosistem padang rumput, sapi dan semut, atau pada monyet dan jangkrik.

Macam Macam Simbiosis dan Contohnya

5. Simbiosis Amensalisme dan Contohnya

Simbiosis amensalisme adalah hubungan timbal balik antara dua mahluk hidup yang mana salah satu diantaranya menekan pertumbuhan organisme yang lain melalui sifat alelopati. Contoh simbiosis amensalisme dapat kita temukan pada interaksi antara gulma alang-alang dan tanaman produksi, jamur Penicillum sp dan bakteri gram positif, serta pada rumput teki dan tanaman padi. 

6. Simbiosis Kompetisi dan Contohnya

Simbiosis kompetisi adalah hubungan timbal balik antara dua mahluk hidup yang mana keduanya saling berkompetisi untuk mendapatkan kebutuhannya. Contoh simbiosis kompetisi dapat ditemukan pada interaksi antara serigala dan harimau di ekosistem savana, kambing dan sapi di ekosistem padang rumput, serta pada tanaman tumpang sari.

Sumber : ebiologi.com

Pengembangan Kompetensi Fitur Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di Platform Merdeka Mengajar

  Pada tanggal 19 Desember 2023 GTK Kemdikbudristek telah merilis Fitur Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di Platform Merdeka Meng...