Wednesday 25 January 2017

Minuman Tradisional Indonesia

Image result for MINUMAN SEGAR DARI LUAR JAWA
Sumber gambar : kebudayaan indonesia.com


Minuman tradisional Indonesia berbagam macam. Berikut adalah macam-macam minuman khas Indonesia.

1. Aia Kawa



Aia kawa adalah minuman dari daun kopi yang diseduh seperti teh. Daun kopi lokal pilihan awalnya dikeringkan dengan cara disangrai selama 12 jam. Saat akan diminum, daun kering ini dicampur dengan air dingin, lalu diseduh dengan air mendidih. Minuman berasal dari Padang, Sumatra Barat.
Sekarang tidak perlu repot lagi mengolah bahannya sendiri, kini ada dalam bentuk kemasan.


Caranya mudah untuk membuat minuman khas tanah datar ini. Caranya Didihkan 150ml air dan tuangkan kedalam cangkir, lalu
celupkan 1-2 kantong Kopi Kawa Daun ke dalam cangkir, tambahkan gula sesuai selera dan biarkan selama 5 menit. Membuat minuman ini sama dengan membuat minuman teh.

2. Air Guraka



Minuman ini merupakan minuman khas Halmahera, Maluku yang bikin hangat. Minuman ini berbahan dasar dari buah kenari. Selain buah kenari minuman ini juga dicampur dengan jahe merah, daun pandan, dan gula aren.

3. Air Lahang



Air lahang merupakan air khas tanah Pasundan. Air ini memiliki rasa manis dan menyegarkan. Dahulu minuman ini sangat populer di masyarakat Sunda, tapi kini sudah sangat sulit menemukannya. Minuman ini sangat cocok jika diminuman pada tengah hari karena memiliki wangi yang khas.

4. Es Pala



Es Pala merupakan minuman khas Bogor, Jawa Barat. Kono minuman ini sudah ada pada zama penjajahan Belanda. Es pala terbuat dari irisan buah pala dan gula pasir. Selain segar minuman ini memiliki wangi yang khas yang berasal dari buah pala. Dibogor sangat terkenal dengan Es Pala Aming.


Tidak susah untuk menemukan penjual yang satu ini. Gerobaknya di pinggir jalan deket De Paris Bakery & Cake. Harga seporsi Es Pala yang dibungkus cuma Rp4500. Kalau diminum pakai gelas dan tambah es jadi Rp5000.

5. Ie Boh Timon



Ie boh timon sangat cocok jika diminum pada cuaca panas. Minuman ini merupakan minuman khas Banda Aceh. Es ini dgunakan untuk menetralisir masakan Acah yang banyak mengandung kolestrol karena minuman ini terbuat dari mentimun.

6. Kembang Tahu



Kembang tahu atau yuba adalah produk sampingan proses perebusan kedelai yang diambil dari endapan yang terkumpul di permukaan air perebusan kedelai. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai tofu skin.
Bangedouhua, sebuah nama yang mungkin terasa asing. Kedai ini menawarkan produk berbahan dasar organik, salah satunya kembang tahu.


Dengan kemasan yang unik dan sangat menarik ini, Bangedouhua juga menjualnya dengan harga yang terjangkau. Kedai ini terletak di Jl. A.R.Hakim No.6, Sukaramai I, Medan.

7. Laksamana Mengamuk



Laksamana mengamuk meminum es ini tidak akan membuat kamu mengamuk karena minuman ini sangat segar. Minuman ini merupakan minuman khas Riau. Es ini sangat menggoda tenggorokan dengan aroma wangi buah kweni.

8. Limun Sarsaparilla



Limun Sarsaparilla, minuman sarsaparilla atau di kalangan masyarakat tertentu di Daerah Istimewa Yogyakarta disebut Saparella adalah minuman yang di hasilkan dari tanaman Sarsaparilla yang menurut cerita dari masyarakat Yogyakarta khususnya Sleman, adalah minuman para raja-raja pada masanya. Minuman ini merupakan soda hasil dari fermentasi air tanaman sarsaparilla yang pertama di Pulau Jawa. Karena langkanya tanaman ini sehingga membuat minuman ini sulit ditemukan. Dan yang membuat istimewa dari minuman ini adalah karena rasanya yang unik dari soda pada umumnya.
Kini minuman lokal Indonesia ini masih bisa ditemui. Indo Saparella hadir dengan bentuk kemasan yang unik dan menarik.


Minuman ini lebih segar disajikan dengan menambahkan es batu. Minuman ini diproduksi secara lokal di kota Yogyakarta.

9. Minas



Minuman ini merupakan minuman khas Sanjai, Padang, Sumatra Barat. Minuman ini dibuat sebagai pegganti alkohol yang dilarang oleh agama islam karena masyarakat Sanjai mayoritas beragama islam. Minas (Minuman Asli Sinjai). Selain pengganti minuman beralkohol, Minas juga memiliki efek memulihkan dan penambah tenaga sebelum maupun setelah bekerja. Sehingga dari aman dikonsumsi dari remaja hingga dewasa. Minuman ini bisa di dapat dalam bentuk instan dengan merk Bugar Sari.


Minuman ini bisa didapat dengan cara online dengan cara mengirimkan alamat ke email atau menghubungi langsung contact person langsung. Minuman ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau yaitu Rp.5000,-.

10. Sarabba



Sarabba merupakan salah satu minuman khas makassar yang mempunyai banyak sekali manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Sarabba makassar sendiri di dalamnya dimasukkan bahan berupa jahe yang mempunyai banyak sekali bagi kebaikan bagi tubuh kita. Kini dengan kemasan yang menarik dan mudah di dapat, Sarabba Rajana.


Minuman berbahan dasar jahe, gula aren, dan santan sehingga memiliki paduan rasa manis dan gurih. Kehangatan Sarabba sangat cocok dinikmati dengan makanan seperti kacang rebus dan lain-lain.

11. Tuak



Tuak nira adalah minuman beralkohol jenis tuak yang dibuat dari nira dari mayang berbagai jenis pohon palem seperti lontar, kurma dan kelapa.

12. Wedang Jaselang



Bahan-bahan yang digunakan pada minuman ini adalah jahe, sedikit merica, kayu manis, kapulga, secang, dan alang-alang. Minuman ini memilik khasiat untuk menjaga stamina maupun menghangatkan badan, dan sebagainya. Minuman ini merupakan minuman khas kota Malang.

13. Bajigur



Bajigur adalah minuman tradisional khas masyarakat Sunda dari daerah Jawa Barat, Indonesia. Bahan utamanya adalah gula aren dan santan. Untuk menambah kenikmatan dicampurkan pula sedikit jahe, garam, dan bubuk vanili. Kini ada dalam bentuk kemasan dengan merk  Hanjuang.


Minuman ini memiliki minat dari para pelancong yang datang tidak hanya dari dalam negeri saja, minat dari luar negeri pun sangat besar, terutama negara Malaysia.

14. Bir Pletok



Minuman penyegar yang dibuat dari campuran beberapa rempah, yaitu jahe, daun pandan wangi, dan serai. Minuman tradisional ini dikenal di kalangan etnis Betawi.
Kini minuman ini mudah di dapat di pusat oleh-oleh khas Jakarta Mpok Nini.


Minuman ini memiliki komposisi jahe, kayu secang, gula dan rempah-rempah. Minuman ini juga bisa dipesan dengan cara online langsung di web mpok nini atau dengan langsung menghubungi nomor yang tertera di web.

15. Es Buto Ijo



Es Buto ijo adalah minuman yang berasal dari Kediri. Es Buto Ijo ini mirip dengan Es campur karna isinya campur-campur namun es ini menggunakan sirup melon sehingga warnanya hijau seperti buto ijo.
Di kota Kediri sendiri sangat terkenal es buto ijo dengan brand Es Buto Ijo, yang didirikan oleh Roni sejak tahun 2009.


Usaha yang dirintisnya sendiri kini sudah memiliki 200 mitra yang tersebar di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Yang beda dari es buto ijo lainnya, es ini menyajikan dengan tambahan sirup yang dibuat sendiri bukan dari sirup kemasan.

16. Es Kopyor



Es ini adalah es yang berwarna pink, ada sari kelapanya dan aloe vera. Rasanya itu enak dan segar. Kopyor adalah kelainan genetik pada buah kelapa. Walaupun begitu es ini sangat nikmat.Di Jakarta ada es kopyor yang terkenal, yaitu es kopyor “Pak Min”.


Tempat yang terletak di daerak Blok S ini sangat ramai pengunjungnya. Tempat ini sudah berdiri sejak 25 tahun. Tidak hanya mengemas kopyornya menjadi yang paling enak, tapi air esnya juga enak bangeeet. Es kopyor ini terbuat dari campuran air kelapa kopyor, sirup Sarangsari rasa Moka, dan sedikit gula. Es yang disajikan di gelas tinggi ini menghadirkan sensasi manis susu dengan rasa moka yang begitu kental seperti rasa caramel.

17. Es lilin



Ada yang belum cobakan es lilin ? es lilin ini sama seperti es potong. Tetapi es ini tidak usah di potong. Es ini terbuat dari sirup yang berwarna-warni.
Di Purwokerto ada es lilin yang sangat terkenal dengan nama “Brasil”. Es ini disajikan dengan banyak pilihan rasa.


Es Brasil lahir dari tangan kreatif Winawati Wangsaputri. Saat itu, istri dari Noto Hadiwardoyo ini menjadi anggota Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan memulai usaha rumahan dengan membuat es lilin. Kini usahanya tersebut sudah menjadi usaha yang turun menurun.

18. Es Tentrem



Es krim ini sangat enak rasanya. Bikin mau lagi untuk mencobanya. Dari namanya saja sudah bisa dilihat bahawa es ini dapat membuat suasana jadi tentrem. Nama es ini berasal dari nama kedai yang ada di Solo.


Tentrem yang merupakan gerai es krim legendaris di Solo dan berdiri sejak 1952 mempertahankan eksistensi mereka dengan menu es krim mereka yang otentik. Es Krim Tentrem yang awalnya berlokasi di Urip Sumoharjo berubah wajah menjadi New Es Krim Tentrem dan menempati lokasi bangunan baru empat lantai di Ngarsopuro.

19. Kunyit Asam



Kunyit asam ini rasanya yang asam seperti namanya, namun di sisi lain ada manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita lho.
Kini dengan mudah didapatkan dalam bentu kemasan yang sangat praktis dengan cap Naba Tee.


Minuman ini berkomposisi kunyit, asam jawa, gula merah dan air tanpa pengawet dan pemanis buatan. Minuman ini dijual dengan harga yang sangat ekonomis dengan kemasan yang cantik.

20. Es Lidah Buaya



Lidah buaya ini adalah minuman yang bisa membantu ada yang mempunyai program diet lho. yuk kita coba. Tidak perlu repot-repot untuk mendapatkan minuman yang sehat satu ini. Es ini juga ada dalam bentuk kemasan dengan brand My Hoki.


Minuman ini menyediakan berbagai jenis ukuran kemasannya. Minuman ini juga bermanfaat untuk menderita sakit maag, mual, wasir hingga perdarahan, sembelit, diabetes, hipertensi, maag, radang gusi, dll.

21. Sirup Kawista



Sirup ini rasanya enak dan beda dengan yang lain. Sirup ini berasal dari kabupaten Rembang. Sirup kawista dibuat dari ekstrak sari buah kawista. Hingga saat ini masih bertahan produksi rumahan yang menjual sirup kawista ini dengan Cap Dewa Burung.


Untuk kemasan sirup ini dibagi menjadi 2 bagian, ada yang kemasan botol kaca dan ada kemasan botol plastik. Sirup kawista ini bisa bertahan hingga 1 tahun setelah proses produksi.

22. Teh talua



Teh Talua atau teh telur adalah minuman khas Sumatera Barat yang merupakan menu wajib di warung tradisional maupun restoran Padang

23. Wedang Alang-alang



Wedang ini hampir sama dengan wedang yang lainnya. wedang ini bisa hangat dan juga bisa dingin. Oemah Djamoe Arroyyan Wedang alang-alang ini juga ada dalam bentuk kemasan dengan berbagai khasiat.


Penyajiannya sangat mudah, masukkan semua bahan-bahan yang ada dikemasan kedalam gelas. Lalu seduh dengan air panas, tunggu hingga mendidih dan wedang siap dinikmati.

24. Bandrek



Bandrék adalah minuman tradisional orang Sunda dari Jawa Barat, Indonesia, yang dikonsumsi untuk meningkatkan kehangatan tubuh. Minuman ini biasanya dihidangkan pada cuaca dingin, seperti di kala hujan ataupun malam hari. Bahan dasar bandrék yang paling penting adalah jahe dan gula merah, tetapi pada daerah tertentu biasanya menambahkan rempah-rempah tersendiri untuk memperkuat efek hangat yang diberikan bandrek, seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung, dan sebagainya.
Kini ada bandrek Cap Gelas memudahkan kita, tidak perlu lagi repot-repot membuatnya.


Bandrek Cap Gelas minuman tradisonal Indonesia yang dibuat dari olahan Jahe, rempah dan gula aren yang diproses secara tradisonal dari bahan alami pilihan, serta dikemas secara mudah, dan praktis. Dapat disajikan PANAS, HANGAT, ataupun DINGIN. Cara Penyajiannya, Larutkan 1 sachet Bandrek Cap Gelas dalam 150 ml air panas, aduk rata. Minuman khas Jawa Barat ini sudah dapat anda nikmati bersama hangatnya keluarga anda ketahanan produk 1 tahun pasca produksi penyimpanan pada suhu normal 30°C 1 Bal isi 20 pack, 1 pack isi 10 sachet total 200 sachet. Komposisinya adalah gula palem, gula putih, Jahe, dan rempah-rempah.

25. Es Cendol



Cendol merupakan minuman khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasa minuman ini manis dan gurih. Di daerah Sunda minuman ini dikenal dengan nama cendol sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan nama es dawet. Kini ada es cendol yang sudah ada dimana-mana, yaitu Cendol de Keraton.


Di kedai ini memiliki banyak pilihan rasa, seperti nangka, durian dan masih banyak lagi. Dengan harga yang terjangkau, minuman ini bisa di dapat di Mall besar di Jakarta.

26. Es Cincau



Es cincau adalah sejenis minuman penyegar dengan bahan utama gel yang mirip agar-agar yang dikenal sebagai cincau. Potongan cincau ditambah dengan sirup, santan (atau susu) dan es serut sehingga menjadi minuman penyegar.
Kini sudah ada Cincau Station, es cincau dalam bentuk kemasan yang praktis dan mudah untuk dibawa kemana-mana.


Kemasan ini mudah didapat di mana saja, seperti di mini market dan warung-warung kecil. Es cincau ini dikemas dalam bentuk kaleng.

27. Es Doger



Es doger adalah salah satu susu kelapa dingin yang sering ditemui di Bandung, Jawa Barat.Walaupun es doger berasal dari Cirebon, es doger juga bisa ditemui di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Malang, dan Surabaya. Selain rasanya yang enak, es doger juga enak diminum di tempat-tempat yang panas. Cocomas menyediakan minuman ini dalam kemasan yang ringan dan mudah didapat.

Minuman ini bisa didapat di supermarket atau warung terdekat.

28. Es Pisang Ijo



Pisang ijo atau Es pisang ijo, adalah sejenis makanan khas di Sulawesi Selatan, utamanya di kota Makassar yang terbuat dari bahan utama berupa pisang ijo. Pisang ijo berupa pisang yang dibalut dengan adonan tepung yang berwarna hijau dan cara memasaknya dengan mengkukus di sebuah dandang. Tepung berwarna dibuat dari tepung, air, pewarna hijau atau air daun suji dan air daun pandan. Dengan mudah untuk mendapatkan es yang satu ini, Es Pisang Ijo Pemuda yang sangat terkenal sudah ada banyak tempat di Jakarta.


Dengan tempat yang unik dan harga yang relatif terjangkau kita bisa langsung menikmati minuman ini.

29. Es Selendang Mayang

Es selendang mayang adalah salah satu minuman tradisional Indonesia asal Jakarta. Minuman ini sekarang jarang ditemukan karena dikalangan masyarakat Betawi sendiri minuman ini dianggap minuman kuno.

30. Es Teler



Es teler adalah ‘koktail’ buah di Indonesia. Alpukat, kelapa muda, cincau, nangka, dan buah-buahan lainnya disajikan dengan santan, susu kental manis, daun Pandanus amaryllifolius (biasanya dalam bentuk sirup cocopandan), gula, dan sedikit garam. Es teler yang sagat terkenal adalah Es Teller 77.


Penyajian es teller ini sangat menarik, sehingga membuat pengunjung tertarik untuk menyicipnya.

31. Sekoteng



Sekoteng adalah minuman asli Jawa Tengah berasa jahe yang biasa dihidangkan panas. Bahan lain yang biasanya dicampur ke dalam minuman sekoteng adalah kacang hijau, kacang tanah, pacar cina, dan potonganroti. Sekoteng biasa dihidangkan pada malam hari. Produk Hanjuang juga menyediakan sekoteng dalam bentuk yang sangat praktis.


Tidak sulit menemukan ini di kota Bandung karena sudah tersebar di tiko-toko, swalayan, super market, dan mini market. Tetapi sakoteng yang di produksi oleh produk Hanjuang sangatlah berbeda dengan sakoteng pada umunya. Sakoteng produk Hanjuang di produksi dalam bentuk serbuk dan di kemas ke dalam plastik.

32. Es Oyen



Es oyen merupakan minuman khas dari Kota Kembang alias kota Bnadung. Di beri nama Es Oyen, karena es yang disiram dengan sirup berwarna oren. Di Bandung ada kedai bernama Es Oyen Clemmons.


Menu utama dari kedai ini adalah es oyen. Es oyen hampir mirip dengan es campur pada umumnya.

33. Es Kelapa Muda



Es kelapa muda adalah minuman segar penyejuk dahaga yang terbuat dari daging dan air kelapa yang masih muda. Es kelapa muda merupakan minuman yang berasal dari Indonesia yang banyak digemari oleh orang-orang.

34. Es Buah



Es buah segar dapat menjadi sajian istimewa keluarga pada saat kumpul-kumpul di siang hari. Sajian es buah bermacam-macam modelnya.

35. Legen



Legen adalah nama minuman tradisional yang banyak ditemukan di sekitar wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur, Indonesia. Minuman ini diambil dari bagian pohon siwalan.

36. Susu Telur Madu Jahe



STMJ adalah minuman hangat yang terbuat dari campuran susu telur madu jahe rasanya enak dan istimewa. Sangat cocok untuk cuaca dingin dan musim hujan. KIni ada dalam bentuk bubuk, STMJ Joss.


STMJ JOSS disamping berkhasiat juga mempunyai manfaat bagi tubuh juga mengandung antioksidan.

37. Jus Pinang Muda



Zat yang dikandung di dalam buah Pinang meliputi arecolidine, arecaidine, guvacoline, guracine, dan beberapa senyawa lainnya. Sedangkan, biji tanaman ini yang juga bermanfaat, memiliki kandungan alkaloida seperti arekaina dan arekolina yang bersifat adiktif dan dapat merangsang otak. Juspida menyediakan jus pinang muda dengan kemasan yang mungil.
Manfaat dari jus ini Meningkatkan stamina dan vitalitas, mengobati impoten/ lemah syahwat, meningkatkan daya tahan tubuh ( antioksidan ) , membantu dalam proses sintesis organic dan pemulihan sel-sel tubuh, meningkatkan metabolisme dalam tubuh, menormalkan tekanan darah, mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif, mengatasi sesak napas, mengencangkan otot perut serta payudara, mencegah terjadinya infeksi kandung kemih, menurunkan kadar kolesterol.

38. Es Tebak



Es tebak adalah hidangan penutup asal Padang yang terdiri dari tape ketan hitam, cincau hitam, kolang-kaling, dan tebak. Tebak adalah adonan dari tepung beras ketan dan tepung sagu yang telah dimasak dengan air garam dan kapur sirih kemudian dicetak seperti cendol.

39. Es Durian


Es buah durian ini memiliki aroma durian yang sangat harum, meski ada juga yang tidak menyukai buah duren ini. Lodaya kini menyajikan es durian dengan variasi yang berbeda.
Beberapa menu di Lodaya menyajikan toping yang berbeda-beda. Lodaya menyajikan dengan harga yang terjangkau.

40. Sorbet Durian

Sorbet Durian adalah air, gula dan buah-buahan segar, yang dibuat tanpa susu maupun krim. Sorbet dibuat hanya dari buah dan air. Sorbet terkenal karena rasa buah Durian yang dihasilkan lebih terasa di lidah daripada dan es krim dan lebih menonjolkan rasa Buah durian.

41. Teh Kocok

Cara membuat es kocok sangat mudah yaitu kemasan serbuk sasetan dikocok secara cepat pakai alat pengocok. Kemudian disiram dengan air gula, gula aren, santan dan juga susu kental manis putih. Tak ketinggalan es serut ditambahkan sebagai topping.

42. Es Pleret

Pleret ini unik adalah salah satu bahan yang ada didalamnya, yaitu berupa bola – bola kecil yang mirip bakso, dan kemudian ditemani oleh pelengkap lain berupa cendol (dawet), dan kadang juga ditemani potongan serabi.

43. Wedang Angsle


Ketika anda sedang berkunjung di Jawa Timur terutama kota Malang, jangan sampai lupa untuk mencoba sebuah kuliner yang berupa minuman hangat yang bernama wedang Angsle. Minuman seperti ini lebih cocok jika dihidangkan ketika malam.
Di Yogyakarta ada yang terkenal wedang angslenya, penjualnya bernama Papindo.
Warung ronde dan angsle 1998 ini beralamat di Jl. Dukuh Kupang Surabaya tepatnya di seberang Apotik Kimia Farma dan didepan Toko Sampurna (toko baut dan mur).

44. Es Tambring


Es tambring merupakan minuman khas Bali yang terbuat dari serutan kelapa muda dikombinasi dengan rasa asam jawa. Rasa segar dari air kelapa dengan tambahan sirup asam jawa yang dicampur putih telur membuat minuman ini terasa unik.

45. Aia Aka

Minuman aia aka adalah minuman penyegar yang bahan utamanya terbuat dari cincau, minuman aia aka ini salah satu menu minuman khas padang.

46. Anacoda Lumajang

Minuman anacoda lumajang minuman segar yang hampir mirip dengan es teller, es anacoda lumajang ini berasal dari Lumajang.

47. Martebe

Minuman es martebe adalah minuman yang berasal dari Sumatera Utara, minuman ini berbahan dasar terong belanda yang memiliki rasa asam yang khas. Kini ada dalam bentuk kemasannya yang sangat mudah didapatkan.


Jus ahoy menyediakan minuman ini dalam bentuk kemasan gelas yang sangat mudah didapat dimana-mana.

48. Jamu Jun

Jamu jun adalah nama minuman khas Semarang yang sungguh unik, rasanya yang pahit karena jamu jun minuman hangat yang terbuat dari rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, merica dan lain-lainnya.

49. Jamu Kebonagung

Jamu kebonagung adalah minuman khas dari Pasuruan, minuman paling enak saat disantap sedang dingin.

50. Palu Butung


Es palu butung adalah sajian asal Sulawesi Selatan yang terbuat dari pisang kepok yang telah dikukus dan dipotong-potong.

51. Sinom

Sinom adalah salah satu jenis minuman jamu tradisional asli Indonesia yang terbuat dari bahan dasar daun asam. Jamu sinom ini minuman khas Surabaya

52. Wedang Cemoe



Wedang cemoe merupakan salah satu minuman khas Ngawi, minuman cemoe ini hampir mirip dengan wedang ronde.

53.Wedang Pokak



Wedang pokak adalah minuman tradisional khas dari Kabupaten Demak, wedang Pokak sangat cocok diminum ketika berada di daerah dingin, atau di malam hari.

54. Wedang Secang



wedang secang ini sebagai minuman tradisional berwarna merah yang berasal dari pewarna alami dari secang dan beraroma segar karena mengandung berbagai rempah-rempah di dalamnya.

55. Wedang Uwuh



Wedang uwuh adalah minuman dengan bahan-bahan yang berupa dedaunan mirip dengan sampah. Dalam bahasa Jawa, wedang berarti minuman, sedangkan uwuh berarti sampah. Wedang uwuh disajikan panas atau hangat memiliki rasa manis dan pedas dengan warna merah cerah dan aroma harum. Rasa pedas karena bahan jahe, sedangkan warna merah karena adanya secang. Wedang uwuh ini adalah minuman khas dari Yogyakarta.

56. Daluman

Daluman ini adalah minuman tradisional khas Bali sejenis cincau hijau. Minuman ini dalam proses pembuatanya tak jauh beda dengan pembuatan cincau. Awalnya daun daluman yang sudah dibersihkan, selanjutnya diremas-remas sampai berbusa sampai kental, sebelum terlalu kental, daun yang telah diperas disaring sehingga daun tidak bercampur dengan adonan daluman.

57. Wedang Ronde



Minuman khas tanah jawa ini hampir sama dengan sekoteng, hanya campurannya saja yang sedikit berbeda. Ciri khas dari minuman ini adalah buletan atau ronde. Minuman hangat ini sangat cocok pada saat udara dingin.

58.  Es Dawet Ireng



Minuman yang berasal dari tepung beras yang diolah menjadi kecil-kecil dan disajikan dengan santan serta gula merah. Minuman ini sama dengan es cendol. Perbedaannya terletak pada warna dawetnya.

59. Es Goyobod



Es goyobod merupakan minuman khas jawa barat. Bahan dasar dari minuman ini adalah goyobod. Goyobod terbuat dari tepung hunkwe sehingga bertekstur kenyal. Goyobod dipotong kecil-kecil dicampurkan dengan gula cair dan kelapa muda.Terkadang juga ditambahkan dengan potongan alpukat, kolang kaling, dan lain-lain.

60. Yogurt Cisangkuy

Berbeda dengan yogurt lainnya, yogurt cisangkuy ini memiliki rasa yang tidak terlalu asam. Penyajiannya juga berbeda, yogurt cisangkuy ini disajikan menjadi jus, spesial jus, atau tanpa jus.

61. Es Gempol Pleret

Banyak yang mengatakan es gempol pleret ini khas dari Semarang dan ada pula yang mengatakan khas Solo, Jakarta, maupun Jepara. Minuman ini disajengan campuran es batu, sangat cocok di udara yang panas.

62. Beras Kencur


Bagi masyarakat Indonesia, pasti sudah tidak asing lagi mendengar nama minuman tradisional ini. Minuman ini memiliki banyak manfaat, seperti merangsang nafsu makan. Tidak hanya merangsang nafsu makan saja, jamu ini bisa untuk meredakan nyeri, batuk, dan mual. Karena rasanya yang manis ini, tidak heran kalau banyak anak-anak kecil yang sangat menyukai jamu ini.
Kini tidak perlu repot mencari penjual jamu untuk mendapatkan minuman ini, kini ada dalam bentuk intsan.

INTRA Beras kencur memperoleh namanya karena minuman ini menggunakan beras dan kencur sebagai bahan dasarnya. Komposisinya gula pasir, gula kelapa, kencur, tepung beras.

63. Jamu Gepyokan/ uyup-uyup

Jamu Gepyokan atau uyup-uyup ini jamu khas tanah jawa yang biasanya dijual oleh penjual jamu gendong. Jamu ini mungkin tidak asing bagi kalangan ibu-ibu hamil. Jamu ini umumnya berbahan dasar bahan-bahan dari dapur yang sangat bermanfaat untuk para ibu menyusui karena dapat meningkatkan produksi ASI (Air Susu Ibu).

64. Jamu Cabe Puyang


Hampir sama dengan jamu-jamu lainnya, jamu cabe puyung ini juga memiliki banyak khasiatnya. Diantaranya cikalen, pegal, linu, sakit pinggang dan lain-lain. Selain itu, jamu ini juga dipercaya untuk ibu yang sedang hamil bermanfaat, sehingga calon bayi yang akan lahir akan bersih bahkan tidak ada bau amis pada tubuhnya.Minuman herbal ini ada dalam bentuk instan, Al-Ghuroba.

Minuman ini aman dikonsumsi, bahan-bahan asli tanpa pengawet, bahan kimia, dan pemanis buatan.

65. Jamu Daun Pepaya


Daun pepaya memiliki banyak khasiatnya, bisa untuk menghilangkan rasa nyeri pada saat menstruasi, menambah nafsu makan, dan bisa melancar kan ASI untuk ibu menyusui.

66. Jamu Temulawak

Bagi pecinta obat-obat herbal, jamu temulawak sudah bukan sesuatu hal yang aneh lagi. Temulawak dipercaya memiliki khasiat meningkatkan nafsu makan, mengobati sakit maag, mengatasi inflamasi pencernaan, bersifat anti-kanker dan masih banyak lagi.

Siti Ginoek adalah produsen yang menjual jamu dan minuman segar dalam kemasan, dengan ramuan bahan-bahan jamu tradisional Jawa asli Indonesia.

Siti Ginoek melayani penjualan minuman segar dalam kemasan, berbahan jamu dan menerima pesanan secara grosir maupun eceran ke area Surabaya, Jawa Timur, Jawa maupun seluruh Indonesia.

67. Es Godir

Es godir berasal dari daerah Jawa Tengah. Bahan dasar dri minuman ini adalah agar-agar, karena kata gudir sendiri artinya agar-agar. Agar-agar dicampurkan sirup yaitu dari gula merah yang dimasukkan daun pandan, sehingga aromanya menggugah selera. Minuman ini hampir sama dengan es cincau. Di Jombong ada Es Godir Konco DeWe yang terenak.

Menurut pak Khambali, beliau mengolah makanan ini tanpa bahan-bahan pengawet dan bahan yang aneh-aneh.

68. Sirup Pokak


Sirup pokak atau wedang pokak ini berasal dari probolinggo. Minuman ini biasanya dihidangkan pada saat Idul Fitri. Minuman ini juga memiliki banya khasiat bagi tubuh. Di Jawa Timur ada sirup pokak “Bu Endang”.

Sirup ini dijual secara langsung maupun online. Untuk online hanya melayani pengiriman di wilayah Jawa Timur saja.

69. Es Tebu



Es tebu ini pada dasarnya terbuat dari sari tebu alami yang digiling langsung dari mesinnya. Karena berasal dari sari tebu alami, minuman ini tidak perlu lagi ditambahkan gula lagi. Kini tidak hanya tebu dengan rasa original yang disediakan di My Tebu.
My Tebu menyediakan tebu dengan ras aoriginal, lemon dan beberapa rasa-rasa yang lainnya.

Sumber : gulalives.com

Pengembangan Kompetensi Fitur Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di Platform Merdeka Mengajar

  Pada tanggal 19 Desember 2023 GTK Kemdikbudristek telah merilis Fitur Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di Platform Merdeka Meng...