Tuesday 24 September 2013

ULANGAN HARIAN IPA KELAS 7 SEMESTER 1 KURIKULUM 2013 : KLASIFIKASI BENDA



SOAL ULANGAN HARIAN IPA

Kelas / Semester          :  VII / I
Materi Pokok               : Klasifikasi Benda
                                  
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar!
1.        Mengapa sepeda motor dan mobil mempunyai ciri dapat bergerak dan mengeluarkan zat sisa, tetapi tidak disebut sebagai makhluk hidup? Jelaskan jawaban kalian terkait dengan ciri-ciri makhluk hidup!
2.        a. Sebutkan persamaan bentuk dan perbedaan pola makanan antara ayam dan burung elang!
b. Carilah hewan-hewan lain yang memiliki ciri-ciri yang sama dengan ayam dan elang.
3.         Jika kalian perhatikan, rumah rayap dari hari ke hari terus bertambah besar. Dari peristiwa ini, apakah rumah rayap tersebut disebut hidup? Jelaskan alasannya!
4.    Pada suatu hari, kalian menemukan benda yang mempunyai ciri dapat bergerak, tidak dapat bereproduksi, bertambah ukurannya. Dari benda yang kalian temukan, termasuk benda tak hidup atau makhluk hidup? Jelaskan alasannya!
5.        Golongkanlah zat-zat di bawah ini dengan memberi tanda check list!
Zat
Unsur
Senyawa
Campuran
Gula



Air



Emas



Seng



Tinta



Asam cuka



Besi



Arang



Sirop



Udara



Garam dapur



Sabun



6.             Jika di rumah kalian menemukan berbagai jenis larutan, contohnya sirop, cuka dapur,   sabun cair, dan shampo, bagaimana kalian dapat menentukan larutan tersebut ke dalam larutan asam atau basa?
7.      Akibat polusi dari buangan industri dapat menyebabkan terjadinya hujan asam.
Jelaskan mengapa dapat terjadi hujan asam dan upaya-upaya apa yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya hujan asam!
8.     Lakukan identifikasi lima jenis campuran yang sering dijumpai di lingkungan sekitarmu. Jelaskan unsur-unsur penyusun campuran tersebut dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari, serta dalam kegiatan industri!























Kunci Jawaban dan Norma Penilaian

1.       Karena  sepeda  motor  dan  mobil  tidak  memiliki  keseluruhan  ciri-ciri makhluk hidup, sepeda motor dan mobil hanya bergerak, mengeluarkan zat sisa dan membutuhkan sumber energi atau bahan bakar. Sesuatu dikatakan makhluk hidup apabila memiliki keseluruhan ciri berikut: bernapas, tumbuh dan berkembang, memerlukan makan dan minum, berkembang biak, mengeluarkan zat sisa, peka terhadap rangsangan, dan dapat menyesuaikan diri.
  1. a. Persamaan bentuk ayam dengan elang:
     Memiliki paruh.
     Bersayap.
     Berkaki 2.
     Tubuh ditutupi bulu. Perbedaan pola makan:
     Ayam termasuk omnivora, karena memakan cacing dan tanaman.
     Elang termasuk karnivora karena memakan daging.
                b. hewan-hewan lain yang memiliki ciri-ciri yang sama dengan ayam dan elang
                    seperti ayam = itik, menthok, angsa, dll
                    seperti elang = burung hantu, burung nazar, dll
  1. Meskipun rumah rayap bertambah ukurannya tiap hari, tapi tidak dapat disebut makhluk hidup karena tidak memiliki keseluruhan ciri-ciri makhluk hidup, misalnya bernapas, mengeluarkan zat sisa, memerlukan makan dan minum, peka terhadap rangsangan, dan dapat menyesuaikan diri.
  2. benda yang mempunyai ciri dapat bergerak, tidak dapat bereproduksi, bertambah ukurannya bukan termasuk makhluk hidup karena ciri-ciri makhluk hidup yang lain tidak nampak misalnya bernapas, memerlukan makan dan minum, dll.
  3.  
Zat
Unsur
Senyawa
Campuran
Gula

V

Air

V

Emas
V


Seng
V


Tinta


V
Asam cuka

V

Besi
V


Arang
V


Sirop


V
Udara


V
Garam dapur

V

Sabun


V
  1. berbagai jenis larutan, contohnya sirop, cuka dapur,   sabun cair, dan shampo, dapat ditentukan larutan tersebut ke dalam larutan asam atau basa dengan indikator alami di rumah yaitu dengan ektrak kunyit. Ekstrak kunyit akan memberikan warna kuning cerah pada larutan asam dan dalam suasana basa akan memberikan warna jingga. Atau dengan kertas lakmus merah dan kertas lakmus biru, jika kertas lakmus biru ditetesi larutan berubah merah berarti larutan tersebut asam, jika kertas lakmus merah ditetesi larutan berubah biru berarti basa.
  2. hujan asam dapat menyebabkan kerusakan pada bangunan gedung dan patung- patung dalam kota. hujan asam dapat terjadi bila terdapat kadar gas belerang dioksida (SO2) dan nitrogen oksida (NO) di atmosfer sangat tinggi, gas ini akan bereaksi dengan air di atmosfer dan membentuk asam sulfat, asam nitrat, dan senyawa asam lainnya. Ketika terjadi hujan, air yang dihasilkan bersifat lebih asam dari keadaan normal. Asam inilah yang kita kenal dengan hujan asam. Gas belerang dioksida dan gas nitrogen oksida dihasilkan dari pembakaran minyak bumi yang berasal dari buangan industri dan kendaraan bermotor. Selain merusak gedung dan patung- patung, hujan asam tersebut dapat merusak tumbuh-tumbuhan dan mengganggu kehidupan makhluk hidup lainnya seperti ikan dan insektisida. Pencegahannya dengan melakukan pengurangan efek pembakaran minyak bumi yang berasal dari buangan industri dan kendaraan bermotor.
  3. lima jenis campuran yang sering dijumpai di lingkungan sekitar disertai unsur-unsur penyusun campuran tersebut dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari, serta dalam kegiatan industri.
a.       Anak timbangan (kuningan) = campuran tembaga (Cu) dan seng (Zn) sebagai ornamen
b.       Perunggu = tembaga (Cu), seng (Zn) dan timah (Sn) untuk medali
c.        Stainless stell = besi (Fe), krom dan nikel (Ni) untuk alat dapur dan kesehatan
d.       Emas putih = emas (Au), perak(Ag) dan tembaga (Cu) untuk perhiasan
e.        Tenol = timah (Sn) dan timbal (Pb) untuk penyambung kabel saat menyolder

Skor : 1. 5        2. 5      3. 5      4. 5      5. 12    6. 5      7. 5      8. 8

Nilai = jumlah skor x 2

Pengembangan Kompetensi Fitur Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di Platform Merdeka Mengajar

  Pada tanggal 19 Desember 2023 GTK Kemdikbudristek telah merilis Fitur Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di Platform Merdeka Meng...